APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Masa Depan di Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Cari Tahu Jurusanmu

photo via www.nordicenergy.org

Bukan sekali dua kamu mendengar tentang energi terbarukan. Topik tentang energi terbarukan memang telah bergaung selama beberapa waktu. Krisis minyak bumi adalah salah satu penyebabnya, sehingga terobosan-terobosan baru terus digalakkan guna mencari alternatif energi dimasa depan.

Oke, kalau topik seperti di atas memang menarik buatmu, kuliah di Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi tentu menjadi pilihan yang menarik juga. Udah kenal sama jurusan ini atau masih asing, nih? Yok ah, sama-sama cari tahu lebih banyak tentangnya.

 

Berawal dari Teknik Kimia

Teknik Kimia, nama jurusan yang telah ada sejak sebelum kakakmu lahir ini tentu tak terlalu asing ditelinga. Nah, Bioenergi dan Kemurgi adalah cabang atau pecahan dari Teknik Kimia.

Bioenergi sendiri adalah energi yang diperoleh dari sumberdaya nabati. Bioetanol generasi 1 dan 2, biodiesel generasi 1, biogas, jet biofuel, atau bioavtur adalah beberapa hasil produksi bioenergi. Sedangkan produk kemurgi yang bisa didapati dalam kehidupan sehari-hari antara lain alkohol industri dan pangan, plastik biodegradable, barang-barang berkaret, minyak atsiri, produk hasil fermentasi, dan masih banyak lagi. Pada intinya, produk-produk tersebut enggak bisa kamu makan, telah melalui proses kimia, dan berasal dari tanaman. Memang tujuan kemurgi adalah produksi non-pangan dan bioenergi yang berasal dari biomassa atau bahan-bahan terbarukan hasil budidaya alam.

Pengen kuliah dijurusan ini? Mulai ubah pola pikirmu sejak sekarang bahwa bahan-bahan pangan, seperti minyak kelapa sawit, bisa diolah menjadi bahan bakar atau produk ramah lingkungan yang lain, tak sekedar berakhir di perutmu.

 

Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Memproses bahan nabati menjadi biofuel, mencakup bio-bio di atas serta bioethanol, biobuthanol, dan lain-lain, adalah fokus utama perkuliahan di Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi. Akan tetapi, kamu juga akan memperoleh pengetahuan lain diluar persoalan bienergi.

Menuntut ilmu dijurusan ini akan membuatmu akrab dengan proses ekstraksi bioelastomer dalam industri karet, biopolimer dalam industri plastik, tekstil, dan kertas, atau minyak atsiri dalam industri wangi-wangian dan makanan. Bahkan dalam industri pangan, keahlian dari lulusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi juga dibutuhkan – seperti pada produksi alkohol melalui proses fermentasi, yang juga dibutuhkan dalam industri farmasi.

Menjadi mahasiswa Teknik Bioenergi dan Kemurgi berarti kamu akan belajar tentang mekanika fluida, penggunaan prinsip termodinamika, operasi perpindahan kalor untuk mengolah suatu bahan menjadi produk bernilai ekonomi, memodelkan suatu permasalahan menjadi bahasa matematika, hingga pengolahan kimiawi mikroba, alga, maupun tumbuhan berkayu dan tak berkayu untuk memperoleh komposisi zat yang diinginkan. Kamu juga akan belajar tentang cara merancang dan mengoperasikan pabrik supaya berfungsi maksimal. Bahkan, kamu akan terlibat dalam analisis ekonomi pasar. Lengkap, semua ada dan semua akan kamu pelajari – mulai dari fisika, matematika, biologi, kimia, hingga ekonomi.

Makanya, potensi lulusan Bioenergi dan Kemurgi untuk bekerja dalam berbagai profesi juga cukup besar. Pengetahuan ekonomi dan sains dapat mengantarkanmu menjadi seorang wirausahawan handal dibidang pengolahan nabati. Selain menjadi akademisi, kamu bisa bekerja pada lembaga penelitian dengan menjadi seorang Ahli Teknik Biologi, Ahli Biokimia dan Biofisika, Ahli Kimia, atau Ahli Teknik Kimia. Kedepannya, semakin banyak perusahaan pengolahan pertanian dan bioenergi yang membutuhkan Manajer Produksi Industri, Ahli Biostatistik, Ahli Pegolahan Bahan Bakar, Ahli Teknik Energi, Ahli Teknik Industri, atau Auditor Energi.

Bidang Bioenergi dan Kemurgi emang rasa-rasanya serius, tapi ini juga berarti masa depan yang serius. Bye-bye PHP, lah!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog