APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mau Cum Laude untuk Ikut Tes CPNS? Lihat Dulu Di Mana Kamu Kuliah

PTN Akreditasi A

photo via www.spartaindependent.com

Saat membaca tulisan ini, mungkin kamu belum menyelesaikan kuliah Strata 1. Tapi kenapa kamu perlu tahu tentang status kelulusan cum laude atau Dengan Pujian, terkait dengan penerimaan CPNS?

Asal kamu tahu, ya. Pada penerimaan CPNS 2018, pemerintah punya alokasi khusus untuk mahasiswa yang lulus dengan status cum laude sebesar 10% untuk instansi pusat dan 5% untuk instansi daerah. Selain memotivasimu untuk kuliah dengan baik dan mengejar IPK 4,00, informasi seputar penerimaan mahasiswa cum laude sebagai CPNS ini perlu disimak dengan lebih detail. Pasalnya, tak semua mahasiswa yang lulus dengan status cum laude memiliki peluang yang ditawarkan oleh pemerintah ini. Nah, penasaran kan, apa syaratnya agar kamu bisa masuk dalam formasi khusus CPNS?

Pertama, bila ingin mengikuti tes CPNS dari jalur formasi khusus mahasiswa cum laude, kamu harus menyelesaikan pendidikanmu minimal sampai jenjang Strata 1. Dan tentunya, IPK-mu harus cum laude – ini harga mati untuk mengikuti tes.

Kedua, kamu harus lulus dari PTN berakreditasi A BAN PT. Saat ini, PTN dengan akreditasi A tersebar di berbagai provinsi.

Di Aceh, ada Universitas Syah Kuala. Di Sumatera Utara, ada Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan. Di Sumatera Barat, ada Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang. Di Riau, ada Universitas Riau. Di Sumatera Selatan, ada Universitas Sriwijaya. Di Lampung, ada Universitas Lampung.

Di Jakarta, ada Universitas Indonesia dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Di Jawa Barat, ada Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Di Jawa Tengah, ada Politeknik Negeri Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, dan Universitas Sebelas Maret. Di Yogyakarta, ada Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Di Jawa Timur, ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Jember, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Di Bali, ada Institut Seni Indonesia Denpasar dan Universitas Udayana. Di Kalimantan Timur, ada Universitas Mulawarman. Di Sulawesi Utara, ada Universitas Sam Ratulangi. Di Gorontalo, ada Universitas Negeri Gorontalo. Di Sulawesi Selatan, ada Universitas Hasanuddin dan Universitas Negeri Makassar.

Ketiga, jurusan atau program studimu harus berakreditasi A BAN PT pula. Kamu bisa memeriksa akreditasi jurusan atau program studi di laman banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.

Perlu dicatat, akreditasi PTN dan jurusan/ program studi yang berlaku adalah pada tahun kelulusanmu. Jadi, telitilah dalam memeriksa tahun berlaku akreditasinya.

Keempat, bila lulus dari perguruan tinggi di luar negeri, kamu perlu menyetarakan predikat kelulusanmu terlebih dahulu ke Kemenristekdikti agar sesuai dengan standar angka 4-nya. Barulah bisa diketahui apakah IPK-mu setara dengan cum laude dalam negeri atau belum.

Bukan tanpa alasan bila pemerintah meningkatkan kuota penerimaan CPNS bagi mahasiswa cum laude. Salah satunya, agar lebih banyak birokrat yang menghasilkan kebijakan-kebijakan hebat. Apakah kamu juga nantinya?

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog