APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mau Diterima Magang? Simak 5 Tips Ini

Tips Buat Kamu

photo via www.letsintern.com

Masa-masa persiapan magang bisa jadi cukup menegangkan, baik bagi siswa SMK maupun mahasiswa. Tapi anggap saja kesempatan ini sebagai celah yang menguntungkan karena kamu bisa incip-incip gimana sih rasanya nyari kerja.

Jadi apa saja yang perlu kamu perhatikan untuk memperbesar kemungkinanmu diterima magang? Berikut ini ringkasannya.

1. Manfaatkan layanan Bimbingan Karir di sekolah atau Pusat Karir di kampus

Bila ada program magang, sekolah atau kampus tentu memiliki layanan konsultasi. Manfaatkan bantuan cuma-cuma ini untuk memperbaiki CV dan portfoliomu, melatih keterampilanmu untuk interview, atau yang lain. Kamu juga bisa mendapat update info tentang perusahaan-perusahaan apa saja yang sekiranya membuka lowongan magang.

2. Persiapkan dengan rapi dokumen-dokumen yang sekiranya akan dibutuhkan

Masih tentang CV dan portfolio, ada baiknya kamu rajin mengotak-atik dan memperbaikinya sampai tampik ciamik. Bahkan, kamu bisa menyesuaikan CV dan portfoliomu dengan profil perusahaan yang dituju. Sampaikan pula kenapa kamu punya motif kuat untuk magang diperusahaan tersebut – pada taraf magang, perusahaan tak akan percaya kamu punya tawaran kemanfaatan ataupun keahlian.

Jika kamu hendak melamar magang via email, pastikan cover letter-nya tak ketinggalan. Bikin cover letter yang personal ya, jangan asal copy paste isi yang sama untuk semua lamaran magangmu. Pihak HRD pasti tahu, lho.

3. Rajin-rajin melamar dan jangan patah semangat

Kamu tertarik magang pada perusahaan-perusahaan besar? Memang cukup menggoda, apalagi biasanya perusahaan besar bersikap cukup profesional pada tenaga magang – yang berarti kamu tak cuma dapat gaji lumayan, tapi juga pengetahuan yang berguna. Tapi seberapa persen peluangmu untuk diterima magang di perusahaan besar?

Biasanya hukum ekonomi berlaku disini – semakin besar dan tenar suatu perusahaan, semakin besar pula peminat atau pelamar magangnya. Tapi kalau kamu keukeuh, siap upgrade diri untuk bersaing ketat, ya!

Sementara itu, masih banyak perusahaan lain yang menerima tenaga magang. Bahkan bila tak ada publikasi lowongan magang, kamu masih bisa menanyakannya pada HRD – sebut saja, menciptakan peluang untuk dirimu sendiri.

Pada intinya, jangan terpaku pada satu atau dua perusahaan saja. Persiapkan lamaran magang untuk beberapa perusahaan sekaligus. Tipsnya, selain membuat lamaran magang yang personal dan sesuai dengan profil perusahaan, jangan lupa nyatet kemana saja kamu udah kirim lamaran magang. Enggak lucu kan, kalau suatu perusahaan sampai menerima dua lamaran magang darimu atau kamu lupa udah kirim lamaran magang saat dihubungi balik oleh pihak perusahaan?

Tapi jangan asal kirim lamaran magang, ya. Nantinya, informasi magang ini akan muncul pada resume atau CV-mu. Jadikan kesempatan magang ini sebagai nilai plus pada CV saat kamu lulus dan melamar kerja dikemudian hari.

Dan setelah lamaran magang dikirim, bikin jadwal untuk menghubungi perusahaan. Siapa tahu sirkulasi kerja HRD heboh banget sampai-sampai dokumen lamaran magangmu terabaikan tanpa sengaja.

4. Manfaatkan teknologi

Jika kamu lebih suka memanfaatkan Studentjob, Zonamagang, Linkedin, atau yang lain, boleh juga, tuh. Mungkin buat sebagian orang, cara ini tampaknya lebih efisien dibanding menghubungi perusahaan berkali-kali.

5. Minta bantuan orang dalam

Eitts, tunggu dulu. Minta bantuan orang dalam bukan berarti nepotisme, ya! Barangkali saja ada kakak tingkat, senior dikegiatan non-akademik, atau kenalan karyawan perusahaan yang bisa dihubungi.

Orang-orang ini bisa memberimu info magang yang barangkali tak dipublikasikan secara luas. Info-info tentang apa saja yang dibutuhkan perusahaan – yang mungkin ada padamu (atau tidak?) – dapat memberimu peluang lebih besar untuk diterima magang. Sebaliknya, info tersebut juga dapat membuatmu cepat move on dan kemudian melamar magang pada perusahaan lain – sekiranya peluangmu disitu sangat tipis.

Dan saat kamu memiliki peluang untuk bertemu dengan HRD, hingga nantinya bekerja magang, tunjukkan bahwa kamu punya lebih dari sekedar kemampuan akademik. Kolega dan rekan kerjamu akan lebih nyaman bila kamu mudah beradaptasi, mudah bekerja sama, punya empati, dan punya kredibilitas. Siapa tahu, kinerja dan kepribadianmu memberimu peluang manis saat perusahaan merekrut karyawan.

140

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog