APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mau Jadi Serba Bisa? Mulakan dari Jurusan Teknik Komputer

Cari Tahu Jurusanmu

photo via www.elatt.org.uk

Sudah berapa komputer atau laptop yang sukses kamu bongkar? Bisa balikin lagi, gak?

Awal-awalnya memang agak susah kalau harus merakit kembali setiap keping hardware yang sudah berantakan. Tapi lama-kelamaan, kamu akan sanggup memperbaiki bagian-bagian yang rusak – semoga, ya! Dan bila sudah berada di level kece ini, ada kemungkinan kamu memang punya kemampuan terpendam dibidang Teknik Komputer.

 

Komputer, Luar dan Dalam

Jangan salah memahami bahwa Teknik Komputer adalah tempat dimana kamu bisa belajar untuk memperbaiki komputer. Memang ada benarnya, tapi ya enggak sepenuhnya benar, sih.

Teknik Komputer sendiri mengkombinasikan Ilmu Komputer dengan Teknik Elektro. Menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Komputer berarti kamu akan belajar tentang hardware atau perangkat keras komputer, seperti chip, router, processor, circuit board, microcontroler, dan lain-lain. Bagaimana dengan software atau perangkat lunaknya?

Tenang, kamu juga akan belajar tentang software, namun lebih pada ketertkaitannya dengan hardware. Makanya, kamu juga akan belajar bahasa pemrograman selama kuliah.

 

Bidang Kerja Teknisi Komputer

Mengenal komputer luar dan dalam akan menjadikan lulusan Teknik Komputer handal diberbagai bidang. Pengembang perangkat lunak, ahli jaringan, programer, analis komputer, teknisi robotik, admin jaringan, ataupun admin database, hanyalah beberapa profesi yang siap menanti alumni Teknik Komputer.

Profesi-profesi tersebut banyak dibutuhkan oleh badan usaha yang bergerak dibidang R&D, pembangkit distribusi transmisi tenaga sumber daya, manufaktur komponen elektrik, maupun pembuatan sistem pengendalian navigasi, perangkat pengukuran, dan peralatan medis. Dimana keterampilan untuk merakit, mengembangkan, dan memperbaiki perangkat komputer dan elektronik, disitulah seorang teknisi komputer diperlukan.

 

Pendidikan Teknisi Komputer

Permintaan akan teknisi komputer takkan berkurang kedepannya. Tak seorangpun yang kehidupannya terlepas dari barang elektronik atau komputer, miminal telepon genggam. Iya, benda kecil yang salah satu aplikasinya mungkin dikembangkan dari tugas akhir salah seorang mahasiswa Jurusan Teknik Komputer.

Bila ingin sukses mengembalikan komputer, laptop, telepon genggam, atau benda-benda elektronik lainnya seperti sedia kala, seperti sebelum kamu berantakin komponen-komponennya, persiapkan Matematika dan IPA-mu sebaik mungkin. Kamu akan membutuhkan keduanya di Jurusan Teknik Komputer.

Pilihan kampus jurusan ini sebenarnya cukup banyak, namun hanya ada dua perguruan tinggi dengan akreditasi A untuk Teknik Komputer, yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Brawijaya. Sementara itu, D3 Teknik Komputer dg akreditasi A terdapat di Universitas Gunadarma dan Universitas Telkom.

 

Dengerin Podcast tentang Software Developer

Jadi, tertarik kuliah di Jurusan Teknik Komputer dan menyelamatkan benda-benda elektronik yang sempat tercerai-berai tadi?

120

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
wow
00
yeayy
00
cobacoba
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog