APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mau Kuliah 2 Jurusan Beda Universitas?

Program double degree punya banyak manfaat, tetapi juga membutuhkan komitmen yang lebih kuat.

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Kuliah dua jurusan berbeda dalam satu waktu itu bisa dilakukan loh, Sobat Pintar. Udah tau belum sih, kalau kamu bisa kuliah di jurusan A di Universitas X, terus dilanjutkan dengan kuliah di jurusan B di Universitas Y. Enggak, technically kamu enggak berstatus maba lagi di jurusan yang kedua!

Yang namanya kuliah itu, kamu menjadi mahasiswa di suatu jurusan atau program studi di kampus tertentu. Untuk Program D4 atau S1, lama waktu yang dibutuhkan sampai kamu lulus kuliah adalah sekitar empat tahun atau delapan semester. Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar sesuai dengan bidang ilmu yang telah kamu pelajari selama kuliah. Konsep ini enggak salah kok, Sobat Pintar. Akan tetapi, kalau kamu bisa mengambil S1 dengan 2 jurusan di waktu yang sama, dan lulus dengan dua gelar sekaligus, kenapa harus puas dengan satu gelar saja?

 

Bisa Loh, Dapetin Gelar Lebih Lebih dari Satu

kuliah 2 jurusan beda universitas
Photo by Marissa Grootes on Unsplash

Gelar ganda atau double degree adalah program kuliah yang memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar sarjana yang berbeda. Program double degree dapat dilakukan di dua jurusan yang berbeda dalam satu kampus yang sama, bisa juga di kampus yang berbeda.

Contohnya, program double degree di Telkom University. Mahasiswa Kelas Internasional Telkom University dapat mengikuti program double degree yang berarti kuliah 2 jurusan beda universitas. Perkuliahan semester satu sampai enam dijalani di Telkom University, sedangkan semester tujuh sampai delapan di universitas partner.

Ada dua gelar lulusan double degree dari Telkom University. Gelar pertama adalah Sarjana Teknik dari Telkom University dan gelar kedua adalah sarjana lain dari Saxion University of Applied Sciences.

Gelar lulusan double degree Universitas Airlangga, misalnya, adalah S.A., BSc. Artinya, alumnus ini telah menyelesaikan kuliah Akuntansi di FEB Unair dan Saxion University, Belanda.

Nah, sampai sini kamu sudah punya jawaban kan, apakah bisa kuliah di 2 universitas sekaligus? Tentu saja bisa Sobat, bila kamu mengikuti program double degree.

 

As Always, Beda Kampus Beda Pula Ketentuannya

kuliah dua jurusan berbeda
Photo by Tirachard Kumtanom on Pexels

Mungkin kamu mulai bosan mendengarnya, tetapi memang beda kampus biasanya beda lagi ketentuan yang berlaku. Di Telkom University, misalnya, program double degree ditawarkan pada mahasiswa Kelas Internasional karena kemampuan berbahasa Inggris menjadi syarat penting buat kuliah di universitas partner.

Namun di beberapa kampus, program double degree tidak selalu berarti kuliah dua jurusan berbeda. Contohnya, mahasiswa Marine Engineering yang mengikuti program double degree akan menjalani perkuliahan selama delapan semester di Institut Teknologi Sepuluh Nopember bersama dosen-dosen dari ITS dan Hochschule Wismar University. Akan tetapi, tidak tertutup kemungkinan bagi mahasiswa untuk menjalani semester tujuh dan delapannya di Jerman. Gelar lulusan double degree program ini adalah Sarjana Teknik (S.T.) dari ITS dan Bachelor of Engineering (B.Eng) dari universitas partner.

Ada pula kampus yang membuka program double degree di dua jurusannya seperti Binus University. Kamu bisa kuliah dua jurusan di Binus, dan itu disebut double degree. Pilihan double degree di Binus antara lain Accounting and Information Systems, Computer Science and Mathematics, maupun Computer Science and Statistics.

 

Pilihlah Double Degree Bila...

apakah bisa kuliah di 2 universitas sekaligus
Photo by Gary Barnes on Pexels

Nah, buat kalian yang pengin mengambil S1 dengan 2 jurusan, jangan cuma nanya bisakah kuliah 2 jurusan di satu universitas? Melainkan, cek terlebih dahulu ketentuan double degree yang tersedia di kampus incaranmu.

Barangkali kamu memang bisa mengambil S1 dengan 2 jurusan di kampus yang sama. Barangkali kamu mengikuti program double degree di satu jurusan tetapi dengan dua gelar dari dua kampus. Bisa juga program double degree yang ditawarkan itu memberimu kesempatan untuk kuliah di luar negeri selama beberapa semester.

Sebegitu beragamnya program double degree di berbagai kampus, kesannya kok malah kuliah double degree itu banyak banget "PR"-nya, ya? Belum lagi calon mahasiswanya harus memenuhi persyaratan skor IELTS.

But it's gonna worth the troubles kok, Sobat. Kuliah dengan double degree itu membawa segudang manfaat, seperti:

1. Pengembangan Keterampilan

Dengan kuliah dua jurusan berbeda, kamu dapat mengembangkan keterampilan di dua bidang studi yang berbeda. Kamu bakal mendapatkan wawasan yang lebih luas dan keterampilan yang beragam, yang akan menjadi aset berharga buat kariermu di masa depan.

2. Fleksibilitas Karier

Lulusan double degree dapat memilih dua jalur karier yang berbeda. Dengan kemampuan dan keterampilan yang lebih unggul, lulusan double degree lebih fleksibel menentukan karier yang tepat.

3. Kualifikasi Lebih Tinggi

Dengan memiliki dua gelar, kamu dapat meningkatkan kualifikasi diri di pasar kerja. Kuliah dua jurusan berbeda memang tak mudah, tetapi itu terbayarkan saat kamu punya keunggulan tambahan dalam mencari pekerjaan.

4. Networking yang Lebih Luas

Saat menjalani program double degree, kamu membangun jaringan yang lebih luas dan beragam. Kuliah double degree memberimu kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa dari dua disiplin ilmu yang berbeda di kampus yang berbeda pula.

5. Peluang Belajar di Luar Negeri

Beberapa program double degree menawarkan kesempatan untuk belajar di luar negeri. Kesempatan ini dapat kamu gunakan untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman budaya yang berharga.

 

Eitts, Tunggu Dahulu

Bisakah kuliah 2 jurusan di satu universitas
Photo by cottonbro studio on Pexels

Udah semangat mau apply program double degree, Sobat Pintar? Wait, sabar sebentar.

Kuliah dua jurusan sekaligus itu, sekali lagi, enggak gampang. Kamu harus punya komitmen yang lebih besar untuk menyelesaikan dua program dalam waktu yang sama. Bestie-mu yang enggak ikutan double degree mungkin masih bisa kuliah dengan santuy, selow – chill! Kamu yang mahasiswa double degree, kebalikannya, harus rela enggak ikutan nongkrong gegara jadwal kuliah atau ada tugas yang kudu dikerjakan.

Psst... ada tambahan lagi nih, Sobat. Soal kuliah dobel-dobel begini, ada pula istilah double major – dan itu enggak sama dengan double degree. Perbedaan double degree dan double major yang paling kentara adalah pada gelarnya. Mahasiswa double major lulus dengan satu gelar saja meskipun mempelajari dua keilmuan sekaligus. Misalnya, mahasiswa Sastra yang mempelajari konsentrasi sastra dan linguistik sekaligus akan lulus dengan gelas Sarjana Sastra (S.S).

Anyhow, jika kamu memang udah sangat yaqueen banget, no debat, bakal kuliah double degree di kampus impianmu, best wishes, then. Buat meringankan "PR"-mu tadi, Aku Pintar siap membantumu dengan menyediakan layanan buat daftar kuliah online. Form pendaftaran kampus secara online bisa kamu dapatkan di sini.

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog