redesain-navbar Portlet

null

Blog

Melirik Entrepreneurship? Ini 3 Referensi Sekolah Bisnis Terbaik

Untuk menjadi pebisnis yang baik, diperlukan pendidikan yang baik pula.

Referensi Sekolah Bisnis Terbaik, image via www.thejakartapost.com

Masih banyak orang beranggapan kita harus kuliah agar mendapat pekerjaan yang layak. Padahal, kuliah tak harus menjadikan kita calon karyawan, Sobat! Sebaliknya, kita juga bisa menjadi penyedia lapangan kerja bagi sesama.

Salah satu contohnya adalah Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kita sekarang ini. Beliau kuliah jauh-jauh sampai ke luar negeri dan menjadi seorang pengusaha. Berapa banyak orang yang mendapat manfaat dari usaha atau bisnis yang beliau rintis? Isn't it such a huge impact?

Bagaimana di dalam negeri? Mana sajakah tempat-tempat terbaik yang bisa menjadi tumpuan kita belajar tentang bisnis?

 

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia

FEB UI menaungi tiga departemen, begitu disebutnya, yaitu Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Fakultas ini merupakan sekolah bisnis terbaik di Indonesia menurut Eduniversal Business Schools Ranking dan QS World University Rankings. Sedikit berbeda, kedua pemeringkatan ini berjeda, yaitu berturut-turut untuk tahun 2019 dan 2020.

Penilaian QS World University Rankings sendiri terfokus pada manajemen dan ilmu sosial, ekonometrik dan ekonomi, serta keuangan dan akuntansi. Berturut-turut peringkat ketiganya adalah yang ke-215, 301-350, dan 201-250 di dunia.

Chairul Tandjung dan Tirto Utomo adalah dua nama besar didunia bisnis yang merupakan alumni FEB UI. Rasa-rasanya hampir tidak mungkin bila kita belum pernah menikmati produk perusahaannya.

 

2. IPMI International Business School

Diurutan kedua, menurut Eduniversal Business Schools Ranking, adalah IPMI International Business School. Sobat Pintar sudah mengenal sekolah bisnis ini atau, sebaliknya, masih merasa asing?

Berdiri pada tahun 1984, IPMI International Business School dikenal menghasilkan alumni yang dikemudian hari menjadi eksekutif senior pada pasar internasional. PTS ini membuka peluang bagi mahasiswanya untuk memperoleh gelar ganda dengan melanjutkan kuliah pada kampus-kampus di luar negeri yang telah menjalin kerja sama dengan IPMI International Business School.

Beberapa universitas di luar negeri yang memiliki kemitraan dengan IPMI International Business School antara lain Catolica Lisbon School of Business and Economics di Portugal, Audencia Nantes School of Management dan Burgundy School of Business di Perancis, Melbourne Business School di Australia, dan masih banyak lagi.

Dengan reputasi tersebut, bukan hal yang luar biasa bila IPMI International Business School memiliki klaim sebagai sekolah bisnis pertama di Indonesia yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan. Tak tanggung-tanggung, metode perkuliahannya pun diklaim mirip perkuliahan Harvard University!

Di sekolah bisnis ini, Sobat Pintar yang ingin menjadi entrepreneur dapat belajar pada Program Studi Manajemen. Penjurusan pada prodi ini ada tiga, yaitu Bisnis Internasional, Kewirausahaan dan Manajemen, serta Akuntansi dan Keuangan.

 

3. Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung

Diurutan terakhir pemeringkatan Eduniversal Business Schools Ranking adalah SBM ITB. Selain Eduniversal Business Schools Ranking, majalah SWA dan IBE juga mengakui SBM ITB berturut-turut sebagai program MBA terbaik se-Indonesia dan program kampus bisnis yang paling inovatif.

Pantas saja SBM ITB mendapat pengakuan tersebut. Misalnya, salah satu kegiatan perkuliahannya adalah tur mahasiswa keberbagai perusahaan besar di dalam dan luar negeri. Bahkan, salah satu kegiatan praktek atau matakuliah wajib mahasiswa SBM ITB yaitu Integrated Business Experience. Dalam kegiatan ini, mahasiswa SBM ITBmenciptakan perusahaan dengan dana pinjaman dari bank swasta.

Cukup inovatif, bukan? Padahal SBM ITB masih berusia cukup muda. Sekolah bisnis baru dibuka pada tahun 2003 di kampus yang terkenal sangat teknik ini. Ada dua jurusan Soshum di SBM ITB, yaitu Kewirausahaan dan Manajemen.

 

Itulah tiga sekolah bisnis terbaik di Indonesia saat ini yang bisa menjadi referensi kuliah bisnis, khususnya bagi Sobat Pintar yang memiliki passion dan kemampuan dibidang ini. Kalau calon karyawan saja kuliah, calon bos juga harus lebih hebat lagi kuliahnya, bukan?

470

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp