redesain-navbar Portlet

Blog

Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler yang Tepat, image via www.aldingbournetrust.org

Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler yang Tepat? Ini 4 Patokan Dasarnya

Dengan pemilihan yang matang, manfaat terbaik dari kegiatan ekstrakurikuler dapat diperoleh.

Selain belajar di kelas, setiap pelajar berhak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Bukan hanya bersifat relijius, kegiatan ekstrakurikuler sekolah juga bermanfaat sebagai wadah kita untuk mengasah bakat dan minat.

Sesuai dengan fokus spesifiknya, kegiatan ekstrakurikuler dapat memupuk kecapakan kita dalam bergotong royong, menjadi lebih mandiri, bahkan memperkuat integritas diri. Tapi agar memperoleh manfaatnya secara maksimal, apa saja yang perlu masuk pertimbangan agar kita tak salah memilih kegiatan ekstrakurikuler?

 

1. Apa inti dari kegiatan ekstrakurikuler tersebut? Sudahkah dikenali dan diketahui?

As always, do your homework. Sebelum menjatuhkan pilihan, cari tahu lebih banyak dan ketahui pilihan tersebut. Demikian pula dengan kegiatan ekstrakurikuler. Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kegiatannya apa saja, biayanya berapa banyak, bahkan kegiatan intinya apa.

You don't want to waste your time doing something less important. Suatu kegiatan yang bagimu penting, belum tentu begitu bagi temanmu. Jadi, jangan memilih kegiatan ekstrakurikuler hanya karena teman, ya!

 

2. Sudah tahu apa bakat dan minatmu? Minimal, tahu hobimu, kan?

Boleh dibilang, ekstrakurikuler adalah cara belajar yang menyenangkan. Jadi, jangan sampai kita merasa terbebani atau bahkan merasa tersiksa karena harus menjalaninya. It must be fun! Makanya, hobi bisa menjadi patokan untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler.

Lebih baik lagi kalau kita sudah benar-benar menyadari bakat dan minat. Bila diasah dan dikembangkan dengan baik, boleh jadi pengalaman, pembelajaran, dan keterampilan yang diperoleh dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat bermanfaat dimasa mendatang. Bila Sobat masih ragu tentang bakat dan minat, coba saja ikuti tes-tes Minat Pintar.

 

3. Sesuaikah jadwal ekstrakurikuler dengan kegiatan yang lain? Jangan sampai berbenturan!

Ada hal-hal lain yang harus kita lakukan, bukan hanya sekolah dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sebagian kita ada jadwal bimbingan belajar, les, dan lain sebagainya. And don't forget that we need to chill out and hang out – with family or friends. Kita juga masih butuh waktu untuk mengerjakan tugas, belajar secara mandiri, dan lain-lain.

Bagaimana kalau ada lebih dari satu ekstrakurikuler yang diikuti? Lebih rumit lagi mengatur jadwalnya, Sobat! Tapi disinilah kemampuan kita untuk mengelola waktu dan diri sendiri menjadi sangat ditantang. Selama kita menjalaninya dengan senang hati, tentu takkan menjadi tugas rumit yang harus diselesaikan dengan kening berkerut, bukan?

 

4. Tentukan prioritasmu! Mana yang lebih penting bila harus memilih, prestasi akademis atau ekstrakurikuler?

Sepandai-pandainya kita mengelola waktu dan diri sendiri, bukan berarti susunan jadwal yang kita rancang akan berjalan lancar-lancar saja. Bukan berharap, tapi bersiap saja bila suatu ketika kita harus tiba pada keadaan yang sulit – harus memilih.

Misalnya, Sobat Pintar mengikuti ekstrakurikuler tari modern dan bersiap untuk kompetisi. Sementara itu, jadwal Ujian Akhir Semester sudah dekat. Akankah Sobat terus mengikuti latihan atau belajar mempersiapkan ujian? Mana yang harus dipilih?

 

Pada akhirnya diri kita sendirilah yang menentukan dan mengambil keputusan. Bagaimana bila ternyata kegiatan ekstrakurikuler yang kita pilih ternyata tak sesuai ekspektasi? It's okay, Sobat!

Adakalanya kita membuat keputusan dan pilihan yang salah. Justru ketika salah memilih kegiatan ekstrakurikuler, kita belajar langkah mana yang telah salah diambil sehingga dapat menghindarinya dimasa mendatang. Misalnya, kita dapat menerapkannya dalam memilih jurusan kuliah yang tepat.

All in all, kegiatan ekstrakurikuler apapun yang dipilih semestinya mampu membuat kita belajar lebih banyak dan menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Dari kegiatan ekstrakurikulerlah kita dapat memupuk skills diluar prestasi akademis. Nah, selamat memilih, ya!

Lebih masukan Blog

D3 atau S1 – Ini 4 Perbedaannya

Saat ditanya ingin kuliah apa, kita dapat dengan mudah menjawabnya – iyaa, setelah melalui...

4 Pertimbangan sebelum Kuliah Kedokteran Hewan

Cita-cita kuliah di Fakultas Kedokteran. Tapi menimbang keketatan persaingannya, bagaimana...

Menambah Komentar

TT
text text 2 Bulan Lalu
text
Harap sign in untuk melanjutkan.
TT
text text 2 Bulan Lalu
text
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line