redesain-navbar Portlet

null

Blog

Mending Ikut Bimbel atau Belajar Sendiri?

Belajar tanpa bimbel atau ikut bimbel bisa menjadi perdebatan tanpa akhir.

belajar tanpa bimbel, Photo by Aaron Burden on Unsplash

"Kamu ga ikut bimbel?" Ketika jawabanmu, "Enggak," tanggapan yang Sobat Pintar dapatkan "Ah kamu ngga asik, deh."

Pernah mengalami kejadian seperti ini, Sobat? Well, you're not alone. Padahal sebenarnya tak ada keharusan ikut bimbel. Sah-sah saja kalau Sobat Pintar memutuskan untuk tak ikut bimbel. Eits, bukan berarti mereka yang ikut bimbel salah, ya. Enggak, mereka juga nggak salah, kok.

Setiap kita punya pilihan masing-masing. Dalam hal ini, tak ada pilihan yang benar atau salah asalkan kita tahu apa konsekuensi dari pilihan yang kita ambil. Terus, apa plus minusnya belajar mandiri dan bergabung dengan bimbingan belajar?

 

Belajar dengan Bimbel

belajar mandiri
Photo by Sarah Noltner on Unsplash

Sebelum bergabung dengan sebuah bimbingan belajar, biasanya kita mendapatkan tawaran paket, nih. Meskipun sama-sama program persiapan UTBK, misalnya, setiap paket punya tawaran yang berbeda entah jumlah pertemuan total, jumlah pertemuan per pekan, kelengkapan materi bimbingan belajar, atau fasilitas-fasilitas tambahan tertentu.

Harga juga berbeda. Jangankan harga di satu kota dengan beberapa tempat bimbingan belajar yang saling bersaing. Harga program bimbingan belajar di satu tempat saja bisa tak sama. Belum lagi kalau kita mendapatkan bombardir harga promo. Variasinya bisa sampai bikin bingung, tuh.

Di sinilah kita yang harus pintar-pintar mengetahui apa yang kita butuhkan. Jangan sampai tergoda harga promo, tapi Sobat Pintar malah memilih tempat bimbingan belajar yang jauh dari rumah, misalnya, sehingga waktumu terbuang cukup banyak di perjalanan. Kalau sudah kecapekan dan nggak punya waktu buat ngerjain tugas atau PR, potongan harga itu enggak akan ada nilainya, kan?

Jangan sungkan mendatangi tempat bimbingan belajar. Memilih suatu tempat bimbingan belajar biar bisa bareng sohib atau gebetan itu boleh-boleh saja, asalkan Sobat juga nyaman belajar dengan tutor-tutor di situ. Sayang kan, kalau sudah meluangkan waktu dan tenaga, udah bayar pula, eeh ternyata kitanya enggak berasa asyik. Yakin deh, akan ada kesempatan lain buat ngecengin gebetan.

Nah, kalau sudah menemukan tempat bimbingan belajar yang sepertinya bakal membuatmu betah dan nyaman belajar, Sobat Pintar bakal merasakan manfaat ikut bimbel. Materi bimbingan belajar biasanya berupa ringkasan yang sudah disusun secara sistematis. Sobat Pintar tinggal mempelajari materi yang tersedia dan dapat bertanya kepada tutor bila mengalami kesulitan.

Ikut bimbel juga melatihmu untuk berdisiplin. Iya dong, kudu cermat bagi waktu antara sekolah yang sekarang sebentar online, sebentar offline, ngerjain tugas/PR yang sering 'membelah diri' seperti amuba, terkadang masih harus belajar sendiri, udah gitu masih ada jadwal ikut bimbel pula. Ambyar kan, kalau ngga bisa disiplin?

 

Belajar tanpa Bimbel

ikut bimbel
Photo by Green Chameleon on Unsplash

Ikut bimbel enggak bakal dilirik oleh Sobat Pintar yang lebih suka belajar mandiri. Sudah setahun lebih berjalan sekolah online, Sobat Pintar tentu sudah menguasai beberapa trik dan bisa merasakan asyiknya belajar mandiri. Pada umumnya, semakin kita percaya diri, semakin besar minat kita untuk belajar mandiri, bebas menentukan kapan, di mana, dan apa yang dipelajari.

Jangan dikira belajar tanpa bimbel berarti kebebasan yang mutlak ya, Sobat. Justru kemandirian kita untuk menentukan kapan dan apa yang dipelajari itu membutuhkan disiplin dan komitmen diri yang kuat. Jika Sobat Pintar sudah menentukan belajar Biologi dua kali setiap pekan, misalnya, maka pegang komitmen itu. Jangan lantas waktu yang sedianya digunakan buat belajar Biologi justru dihabiskan buat naik level game favoritmu. Yang kayak begini nih, yang bakal jadi ambyar.

Untungnya sekarang sudah ada Ruang Pintar. Ngelihat Sobat-Sobat yang lain juga sama-sama belajar, kecil kemungkinan kita tergoda berhenti belajar untuk beralih bermain game. Dengan disiplin dan manajemen waktu yang baik, kita bisa kok, jadi pintar tanpa ikut bimbel.

Apalagi, di sekolah kita masih bisa belajar dan diskusi dengan teman-teman yang ikut bimbel (udah berasa ikut bimbel enggak pakai bayar, nih). Diskusi di sekolah dengan teman-teman yang ikut bimbel juga bisa digunakan untuk membandingkan materi yang kita pelajari. Tak seperti materi bimbingan belajar yang rapi dan sudah siap pakai, materi belajar mandiri kita terkadang masih acak-acakan dan kurang terstruktur sehingga belajar kita menjadi kurang efektif.

Kalau enggak enak belajar (baca: nebeng) dengan teman yang ikut bimbel, Sobat Pintar bisa menggunakan runtutan materi yang sudah tersedia di Belajar Pintar sebagai patokan buat menyusun materi belajarmu sendiri. Cara belajar tanpa les seperti ini cukup menentukan efisiensi persiapanmu mengikuti UTBK di kelompok ujian Campuran.

Tips belajar dari rumah yang lain adalah dengan menemukan spot terbaik buat belajar. Kalau Sobat Pintar tipe auditori, sebaiknya belajar di kamar yang cukup tenang (jangan di atas tempat tidur ya, entar bablas ke alam mimpi). Kalau masih belum yakin apakah Sobat tipe auditori, visual, atau kinestetik, jangan khawatir. Ikuti saja Tes Gaya Belajar agar bisa menemukan cara belajar sendiri tanpa bimbel yang paling pas buatmu.

 

Jadi, Sobat Pintar bakal belajar sendiri atau  ikut bimbel? Setiap pilihan punya konsekuensinya masing-masing. Bakal di-battle-in dengan seru nih, di Battle Pintar yang akan Live di IG @akupintar.id pada hari Jumat, 15 Oktober 2021, pukul 20.00 WIB – 20.50 WIB. Kamu tim mana?

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet