APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mengenal Jurusan Teknik Geodesi, mulai Keilmuan sampai Prospek Kerja

Ketahui selengkapnya tentang kuliah Teknik Geodesi serta prospek kerja setelah lulus.

Geodesi adalah lintasan terpendek antara dua titik pada satu permukaan, begitulah salah satu definisi menurut KBBI. Kalau ngomongin dua titik, kita dapat dengan mudah mengasosiasikannya dengan delivery makanan. Iya ngga, sih?

Enggak, Sobat Pintar. Definisi geodesi di atas ditinjau dari ilmu matematika. Tetapi kalau kita ngomongin tentang Jurusan Geodesi, definisi atau pengertiannya udah beda lagi, nih.

 

Geodesi dan Matematika


Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Jangan kaget kalau Jurusan Geodesi ataupun Jurusan Teknik Geodesi berkaitan dengan matematika. Pasalnya, geodesi sendiri merupakan salah satu dari cabang keilmuan yang berbasis pada matematika terapan. Dalam geodesi, presisi atau akurasi dalam menentukan posisi atau titik merupakan poin yang penting. Masih ingat definisi geodesi dalam ilmu matematika di atas kan, Sobat?

Menurut KBBI, geodesi adalah cabang geologi yang menyelidiki ukuran dan bangun bumi. Geodesi juga disebut sebagai ilmu mengukur tanah. Dalam pengertian keilmuannya, geodesi adalah suatu disiplin ilmu tentang kebumian yang mempelajari ukuran dan bentuk bumi, baik di darat maupun laut. Lebih singkatnya, geodesi dipahami sebagai ilmu yang mempelajari peta atau ilmu yang mempelajari tentang pemetaan bumi.

Penggambaran rupa bumi (pemetaan) seringkali menggunakan pengukuran luas dan representasi posisi tiap titik bentuk bumi dalam matematika terapan. Itulah sebabnya, rekomendasi calon mahasiswa Jurusan Teknik Geodesi adalah mereka yang suka dengan pekerjaan lapangan, perhitungan, dan analisis.

 

Kuliah Teknik Geodesi


Photo by Dariusz Sankowski on Unsplash

Dahulu kala, ilmu geodesi dimanfaatkan guna keperluan navigasi. Maka jangan heran kalau ilmu geodesi juga mencakup benda-benda langit. Sekarang cabang-cabang ilmu geodesi yang dipelajari di Jurusan Teknik Geodesi terbagi ke dalam beberapa bidang seperti geoinformatika atau yang lebih dikenal dengan sistem informasi geografi, pemetaan dan survei terestris, pemetaan dan survei hidrografis, administrasi properti dan pertanahan, penginderaan jauh dan fotogrametri, serta tata kelola wilayah perbatasan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kegiatan pemetaan dan survei saat ini semakin mengarah pada geomatika. Peristilahan ilmiah modern ini merupakan pendekatan terpadu dalam pengukuran, analisis, dan pengelolaan data spasial dengan menggunakan komputer.

Biar kamu punya gambaran lebih jelas tentang apa yang dipelajari oleh mahasiswa Teknik Geodesi, mari kita lihat apa saja mata kuliahnya. Berikut sebagian mata kuliah Teknik Geodesi:

Geologi

Aljabar Linear

Fisika Dasar

Hukum Agraria

Statistika dan Teori Kesalahan

Konsep Keteknikan untuk Peradaban

Hitung Perataan

Dasar Pemrograman Komputer

Pendaftaran Tanah

Matematika Geodesi

Sistem dan Transformasi Koordinat

Sistem Basisdata

Grafika Komputer

Penginderaan Jauh

Oseanografi Fisis

Sistem Referensi Geodesi

Survey Rekayasa

Geodesi Satelit

Survey GNSS

Model Terrain Digital

Proyeksi Peta

Penilaian Tanah dan Properti

Geodesi Fisis

Penetapan dan Penegasan Batas Wilayah

Jaring Kontrool Geodesi

Survei dan Manajemen Informasi Pertanahan

Pengolahan Citra Digital

 

 

Kurikulum Teknik Geodesi tak selalu sama persis antar universitas. Tentu saja bakal ada sedikit perbedaan mata kuliah Teknik Geodesi dari satu universitas dengan universitas lainnya. Untuk referensi Sobat Pintar, berikut universitas yang ada Jurusan Teknik Geodesi di Indonesia:

Universitas Gadjah Mada

Institut Teknologi Bandung

Universitas Pakuan

Universitas Winaya Mukti

Universitas Lampung

Institut Teknologi Nasional Malang

Institut Teknologi Nasional Bandung

Universitas Diponegoro

Institut Teknologi Padang

 

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Geodesi


Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

GPS yang membantumu menemukan rumah gebetan, yang juga membantu kurir mengantarkan makanan atau barang pesananmu, merupakan salah satu bentuk data spasial dalam geomatika. Data spasial sekarang ini digunakan dalam berbagai bidang ilmu kebumian, seperti studi lingkungan, pengelolaan pertanahan, geologi, perencanaan wilayah dan kota, serta geofisika.

Dari sebagian saja aplikasi geomatika di atas, kita sudah bisa melihat prospek kerja Jurusan Teknik Geodesi, Sobat Pintar. Meskipun awam dikenal sebagai orang yang ahli dalam pembuatan peta, alumni Teknik Geodesi sebenarnya berpeluang untuk bekerja di berbagai lembaga pemerintahan seperti Departemen Perhubungan, Departemen Kehutanan, Departemen Pertambangan dan Energi, Badan Pertanahan Nasional, dan lain-lain.

Lembaga riset seperti LIPI ataupun BPPT juga membutuhkan alumni Teknik Geodesi. Kalau kamu lebih tertarik bekerja di industri swasta, perusahaan-perusahaan seperti Slhumberger maupun Caltex juga membutuhkan lulusan dari Jurusan Teknik Geodesi.

Prospek kerja Jurusan Teknik Geodesi memang tak jauh dari kegiatan lapangan. Di sisi lain, kegiatan pemrosesan data spasial sering mengharuskan penggunaan software komputer. Keduanya tak dapat dihindari bila kelak kamu bekerja di bidang teknik geodesi. Nah, apakah kuliah di Jurusan Teknik Geodesi adalah impianmu, Sobat Pintar?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog