APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Meniti Karier sejak Kuliah di Culinary Art

Temukan sekolah kuliner di Bali yang memberimu kesempatan untuk belajar dan praktik sedini mungkin.

Siapa nih, Sobat Pintar yang subscribe ke channels dengan konten masak-memasak? Semua orang bisa menikmati masakan, tetapi hanya orang-orang tertentu saja yang menikmati membuatnya. Apakah kamu termasuk yang terakhir ini, Sobat? Kamu bisa loh, mendalami keterampilan di bidang kuliner ini di perguruan tinggi. Salah satu kampus pariwisata di Bali yang membuka program kuliah di bidang kuliner adalah Politeknik Internasional Bali (PIB).

 

Pendidikan Formal sebelum Memasuki Industri Kuliner


 

"Ah, memasak saja pakai sekolah segala!" Eitts, jangan bermuka kecut bila kamu mendapatkan komentar seperti ini, Sobat Pintar. Pasalnya, belajar berkarya di bidang seni kuliner itu enggak sekadar kursus memasak.

Kuliah di Program D3 Seni Kuliner PIB adalah salah satunya. Kampus pariwisata di Bali ini memiliki kurikulum perkuliahan Seni Kuliner yang tak hanya membekali mahasiswanya dengan keterampilan masak-memasak. Lebih dari itu, mahasiswa Seni Kuliner PIB memang disiapkan untuk masuk ke dalam dunia industri kuliner dengan sudah memiliki pengalaman kerja.

Kegiatan professional placement atau internship-nya sudah dimulai pada tahun kedua perkuliahan, tepatnya di semester tiga. Tahun berikutnya, yaitu di semester lima, mahasiswa di sekolah kuliner Bali ini berkesempatan untuk mengikuti internship di luar negeri. Pada tahun 2022, sekolah kuliner di Bali ini memberangkatkan mahasiswa ke USA, Thailand, dan Dubai. Masih ada banyak opsi negara lainnya juga.

Politeknik Internasional Bali memang memiliki kerja sama yang baik dengan jaringan hotel bintang lima berskala nasional dan internasional sehingga mahasiswanya dapat mengikuti program internship sampai total selama 12 bulan lamanya.

 

Culinary Art, Menciptakan Karya Seni di Bidang Kuliner


 

Wah, internship-nya lama banget, Sobat! Tenang, mahasiswa Seni Kuliner PIB yang mengikuti kegiatan internship atau magang sudah menamatkan berbagai mata kuliah seperti Western and Asian Culinary, Pastry Bakery, Fruit Carving, Nutrition, Beverage, bahkan Balinese Arts. Dalam jeda waktu internship di semester empat dan enam, masih ada beberapa mata kuliah yang diambil, seperti Indonesian Culinary, Food Photography, Restaurant Management, termasuk pula menuntaskan Final Project sebelum lulus kuliah.

Sekolah kuliner di Indonesia ini juga memberi kesempatan kepada mahasiswanya untuk terjun langsung ke professional kitchen sejak semester satu. Asal kamu tahu, Sobat Pintar. Politeknik Internasional Bali memiliki laboratorium seni kuliner terbaik di Bali, meliputi hot kitchen, pastry and bakery, beverage, sampai kafe.

Seluruh kegiatan perkuliahan, praktik laboratorium, sampai internship tersebut membekali mahasiswa D3 Seni Kuliner PIB dengan knowledge, skills, dan attitude yang dibutuhkan untuk menjadi praktisi profesional di industri kuliner. Sekolah kuliner di Bali ini memproyeksikan alumninya sebagai calon-calon private chefs, nutritionists, excutive chefs, kitchen managers, patissier, hingga celebrity chefs.

Tak sedikit pula alumni yang kemudian menjadi culinary business owners, baik itu berupa restaurant, cafe, maupun franchise. Mahasiswa Culinay Art di sekolah kuliner Bali ini memang mengikuti mata kuliah Tourismpreneur selama dua semester penuh sehingga keterampilan entrepreneurship-nya sungguh-sungguh terlatih. Bahkan, ada pula kelas food photography yang membekali para mahasiswa ini dengan pengetahuan dan keterampilan membuat konten. Seperti yang kamu tahu, Sobat. Pembuatan konten saat ini menjadi kemampuan atau kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang entrepreneur agar dapat mengoptimalkan product branding-nya.

Adakah salah satu profesi di atas yang menjadi impianmu selama ini, Sobat Pintar? Akankah kamu mengikuti passion dan bakatmu dengan membangun masa depanmu di bidang kuliner?

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog