APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Menjanjikan: 11 Program Keahlian SMK untuk Kerja Dan Kuliah

Tips Pelajar

photo via www.studentachievement.org

Kenapa musti sekolah dan kuliah lama-lama kalau kamu tipe orang yang terampil, alih-alih banyak mikirin konsep? Sekolah vokasi sekarang menawarkan banyak program keahlian yang keren, yang siap mengantarkanmu kedunia kerja setelah lulus. Makin cepat mandiri, nih? Yak, tepat sekali. Tapi, jurusan atau program keahlian SMK apa sih, yang menawarkan prospek kerja luas?

 

1. Administrasi Perkantoran

Diprogram keahlian ini kamu belajar hal-hal administratif yang terkait dengan pengarsipan dokumen dan surat-menyurat, bahkan etika dan tata cara kerja juga termasuk didalamnya. Nggak kudu jadi tenaga administrasi perusahaan, siapa tau kamu bisa jadi personal assistant CEO ternama dan bergaji gede?

 

2. Akuntansi

Program keahlian ini diyakini akan membuatmu berpenghasilan lumayan gede. Prospek kerjanya juga cukup menjanjikan karena setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga Akuntan. Laporan keuangan yang dihasilkan Akuntan diperlukan untuk mengevaluasi kinerja dan menentukan strategi perusahaan berikutnya.

 

3. Pemasaran

Diprogram keahlian ini kamu belajar tentang kewirausahaan, strategi pasar, termasuk juga membaca peluang didunia bisnis. Pastinya, lulus dari Program Keahlian Pemasaran, kamu akan jadi tenaga marketing yang handal. Oh ya, kamu juga bisa menjual produkmu sendiri, Sobat Pintar!

 

4. Animasi

Di Program Keahlian Animasi, kamu akan belajar tentang cara membuat animasi dari yang basic sampai menggunakan peralatan canggih. Pelajar SMK di jurusan ini biasanya akan melalui masa kerja praktek sebagai Animator di beberapa tempat. Seorang Animator yang handal akan dapat menyampaikan ide dan pesan melalui animasi yang menarik.

 

5. Tata Busana

Menjadi pelajar Program Keahlian Tata Busana, kamu akan belajar tentang merancang produk, memasarkan, melihat tren, hingga menciptakan tren fashion. Dijurusan ini kamu juga berkenalan dengan teknologi dalam menciptakan karya fashion, nggak sekedar menggambar, menggunting pola pakaian, maupun memilih bahan.

 

6. Tata Boga

Lulusan program keahlian ini pasti dibutuhkan di restoran atau hotel. Tapi kalau mau, kamu juga bisa berwirausaha dengan kemampuanmu berkreasi kuliner. Bukankah akhir-akhir ini makin menjamur saja tempat-tempat nongkrong? Masa iya, nongkrong nggak pakai makan?

 

7. Pariwisata

Jika kamu nggak betah dengan rutinitas kerja kantoran, Program Keahlian Pariwisata di SMK akan mengantarkanmu bepergian ke banyak tempat eksotis. Pekerjaan dibidang pariwisata juga akan membuatmu bertemu dengan orang baru setiap hari – nggak sempat bosen, deh!

 

8. Otomotif

Program Keahlian Otomotif akan membuatmu lihai dalam memodifikasi, merakit, hingga menciptakan karya otomotif. Pelajar SMK kita sudah bisa menciptakan mobil sendiri, kan? Bagaimana mungkin industri otomotif nggak butuh lulusan program keahlian ini?

 

9. Elektronika

Jika Program Keahlian Otomotif lebih berkonsentrasi pada mesin, Program Keahlian Elektronika lebih mengarah pada Fisika – tepatnya, hal-hal yang terkait dengan elektromagnetik, tenaga listrik, dan lain-lain. Dunia industri membutuhkan teknisi elektronika dibidang sonar dan navigasi, telekomunikasi, frekuensi radio, selular, network system, dan lain-lain.

 

10.  Farmasi

Pelajar SMK Farmasi belajar tentang bahan-bahan kimia dan peracikan obat. Lulusannya dapat bekerja sebagai tenaga farmasi di apotek, instalasi farmasi di rumah sakit, perusahaan obat, perusahaan makanan, hingga perusahaan kosmetik. Lulusan program keahlian ini memang makin laris manis saja dipasar kerja.

 

11. Analis Kimia

Industri farmasi juga membutuhkan Analis Kimia yang mempelajari Ilmu Kimia, Fisika, dan Matematika secara mendalam. Diprogram Keahlian ini, kamu akan mengenal, mempelajari, dan menganalisis zat-zat Kimia. Selain dibidang farmasi, seorang Analis Kimia juga dibutuhkan dibidang pertanian, pertambangan, ataupun bidang lain yang terkait dengan Kimia.

 

Lulus dari program keahlian diatas, kamu memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja didunia industri. Namun jika ingin lanjut kuliah, kamu bisa melanjutkan dijurusan yang sama. Misalnya, dari Program Keahlian Analis Kimia, kamu bisa melanjutkan kuliah ke Jurusan Kimia. Atau barangkali, kamu mau pindah jurusan? Boleh juga, kok!

130

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
Aku jurusan Analis Kimia :)
00
aku juga analis kimia
00
tata boga, yeay
00
TKJ mna??
00
ada yang dari smk farmasi?
00
ada yang dari smk farmasi?
00
ada yang dari smk farmasi?
00
saya jurusan otomotif :)
00
aku SMK jurusan agribisnis tanaman pangan dan hortikultura
00
ko nggk ada tkj
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog