redesain-navbar Portlet

Blog

Menjadi Seorang Perawat, photo via www.perawat.co

Miliki 5 Kualitas Ini untuk Menjadi Seorang Perawat

Selain hard skill keperawatan, calon perawat juga memerlukan soft skill.

Ilmu Keperawatan merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak peminat. Prospek kerja yang menjanjikan menawarkan daya tarik tersendiri, terutama karena kita masih kekurangan tenaga perawat. Tapi apakah profesi perawat sesuai untuk Sobat Pintar? And, by the way, do you know that a nurse should have the following characteristics?

 

1. Memiliki Ilmu Pengetahuan dan Empati

Seorang perawat haruslah memiliki pengetahuan medis yang memadai untuk menjalankan profesinya. Tapi memiliki ilmunya saja tak cukup, Sobat. Pasalnya, pekerjaan perawat tak jauh-jauh dari merawat dan mendampingi orang sakit.

Jadi, selain memahami anatomi dan beragam alat kesehatan, seorang perawat juga harus memiliki empati dan kepedulian pada orang lain, khususnya pasien. Baik praktik insersi alat kesehatan maupun melayani pasien, kedua-duanya sama penting.

 

2. Memiliki Mental yang Kuat

Apakah menjadi perawat harus pintar? Pastinya, karena materi perkuliahan Ilmu Keperawatan hampir mirip dengan materi perkuliahan Ilmu Kedokteran. However, again, it takes more than brain to be a nurse.

Sebagai mahasiswa Ilmu Keperawatan, Sobat nanti harus menjalani praktik lapangan. Pada masa praktik tersebut, Sobat Pintar harus kerja lembur dan begadang ketika mendapat jadwal shift malam. Disela jadwal kerja tersebut, Sobat masih harus menyusun laporan Asuhan Keperawatan (Askep) yang tak hanya selembar dua lembar dengan deadline ketat.

Does it sound horrible? Well, you'll thank for having such training after you actually work as a nurse. Sebagai perawat, nantinya Sobat harus siap bekerja pada shift yang telah ditentukan, lengkap dengan paperwork yang harus dikerjakan, tanpa banyak mengeluh.

 

3. Dapat Berkomunikasi dengan Baik dan Efektif

Selama kuliah, para calon perawat belajar tentang pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Konsep pelayanan dan aspek sosial pada Ilmu Keperawatan inilah yang menjadi perbedaan mendasar dengan Ilmu Kedokteran. Dalam Ilmu Keperawatan, pelayanan kesehatan yang baik punya peran besar dalam kesembuhan pasien.

Itulah sebabnya, untuk menjadi seorang perawat yang baik, Sobat Pintar perlu memiliki kecakapan dalam berkomunikasi. Komunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan ketika menghadapi berbagai macam pasien dengan beragam masalah medis.

 

4. Dapat Bekerja dalam Kelompok

Ada saja tugas pelayanan kesehatan pada pasien yang harus dikerjakan secara bersama-sama oleh beberapa perawat sekaligus. Oleh karena itu, kecakapan dalam bekerja bersama orang lain menjadi modal penting bagi calon perawat.

Bagusnya, kecakapan bekerja dalam kelompok ini memang telah terlatih sejak masa kuliah. Menumpuknya materi perkuliahan membuat mahasiswa Ilmu Keperawatan harus belajar secara berkelompok. Setelah membagi materi perkuliahan, mahasiswa-mahasiswa Ilmu Keperawatan biasanya akan belajar bersama demi efisiensi waktu.

 

5. Dapat Menjaga Personal Hygiene

Personal hygiene atau kebersihan diri adalah hal penting bagi perawat. Bekerja menangani pasien berarti Sobat nanti akan bertemu dengan beragam kondisi dan penyakit. How do you keep yourself safe from potential health risks if you don't have good personal hygiene?

Bagi pasien sendiri, lingkungan yang steril sangatlah penting. Itulah sebabnya, perawat diwajibkan mensterilkan peralatan medis yang diperlukan – termasuk juga tangan dan pakaiannya. Selain itu, kebersihan lingkungan kerja merupakan poin penting dalam sertifikasi profesi perawat. And you don't want to fail in it.

 

Back to the previous question, do you have all of the characteristics above? Meskipun bukan panduan baku, pada dasarnya kualitas diatas perlu dimiliki oleh perawat dan mahasiswa Ilmu Keperawatan. So don't give up if you're still lacking since you can always improve yourself during your nursing study.

Lebih masukan Blog

6 Tips Meredam Ego dan Menjadi Lebih Dewasa

Setiap kita memiliki ego. Menurut Sigmund Freud, ego adalah bagian tak terpisahkan dari...

Ilmu Keperawatan – Inikah Jurusanmu?

Jika tertarik pada jurusan kuliah dengan prospek kerja yang baik, Ilmu Keperawatan boleh...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka