APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mudah! Begini Cara Cek Akreditasi Kampus dan Program Studi

Penting untuk mengetahui akreditasi kampus dan jurusan.

Cara Cek Akreditasi, photo by geralt on pixabay

Sudahkah Sobat Pintar tahu bagaimana cara kita cek akreditasi perguruan tinggi? Tahu akreditasi perguruan tinggi atau kampus incaran itu penting, lho. Kenapa akreditasi itu penting? Apa yang dimaksud dengan akreditasi? Dan bagaimana cara cek akreditasi kampus incaran kita? Kepoin yuk!

 

Pengertian Akreditasi

Menurut KBBI, akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Dengan kata lain, akreditasi adalah nilai sebuah lembaga pendidikan, baik perguruan tinggi maupun sekolah.

Nilai akreditasi diperoleh setelah sebuah lembaga pendidikan melalui serangkaian proses. Range nilai akreditasi tersebut dikonversi menjadi huruf A, B, dan C yang menunjukkan akreditasi lembaga pendidikan, dalam hal ini perguruan tinggi.

Nilai 361 – 400 = akreditasi A

Nilai 301 – 360 = akreditasi B

Nilai 201 – 300 = akreditasi C

Dalam proses akreditasinya, sebagian perguruan tinggi menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standar sehingga menghasilkan akreditasi A, B, dan C. Sementara itu, sebagian perguruan tinggi lain ada yang menggunakan instrumen terbaru, yaitu IAPS 4.0 dan IAPT 3.0, sehingga menghasilkan akreditasi Unggul, Baik Sekali, Baik, dan Tidak Terakreditasi.

 

Tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Lantas, siapa yang memberi nilai dalam proses akreditasi perguruan tinggi? Adalah BAN PT, sebuah badan resmi akreditasi dengan kewenangan dari Kemendikbud, yang memiliki otoritas untuk mengevaluasi atau memberi nilai lembaga pendidikan di Indonesia.

BAN PT sendiri adalah kependekan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi di Indonesia ini berdiri pada 1994 dengan tugas membantu pemerintah mengawasi efisiensi dan mutu pendidikan, khususnya pendidikan tinggi.

 

Cara Cek Akreditasi Kampus/ Perguruan Tinggi (APT)

Akreditasi perguruan tinggi dipengaruhi oleh:

1. Izin penyelenggaraan pendidikan tinggi

2. Persyaratan dan kelayakan penyelenggaraan pendidikan tinggi

3. Relevansi penyelenggaraan program pendidikan dengan pembangunan

4. Kinerja perguruan tinggi

5. Efisiensi pengelolaan perguruan tinggi.

Kriteria-kriteria di atas turut menentukan akreditasi BAN PT suatu perguruan tinggi. Lantas, bagaimana cara kita cek status akreditasi kampus incaran?

Untuk mengetahui akreditasi BAN PT universitas incaran, Sobat Pintar bisa cek status akreditasi kampus melalui laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.  Kemudian, klik menu Data Akreditasi. Pada menu ini, pilih Institusi, dan Distribusi Peringkat bila perlu, untuk mengetahui akreditasi BAN PT universitas incaranmu.

 

Cara Cek Akreditasi Program Studi/ Prodi (APS)

Akreditasi jurusan atau program studi ditentukan oleh:

1. Identitas

2. Izin penyelenggaraan program studi

3. Kesesuaian penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-undangan

3. Relevansi penyelenggaraan program studi

4. Sarana dan prasarana

5. Efisiensi penyelenggaraan program studi

6. Produktivitas program studi

7. Mutu lulusan.

Akreditasi BAN PT jurusan dipengaruhi oleh kriteria-kriteria penilaian di atas. Di laman BAN PT akreditasi prodi dapat kita cek pada menu Data Akreditasi juga. Kemudian, pilih Program Studi, dan Ditribusi Peringkat bila perlu, untuk mengetahui akreditasi BAN PT jurusan incaranmu.

 

Ketahui Akreditasi Kampus dan Jurusan Incaran

Kenapa kita harus cek akreditasi perguruan tinggi? Menurut The US Department of Education, tujuan dari akreditasi di bidang pendidikan adalah untuk memastikan bahwa pendidikan yang diselenggarakan oleh sebuah perguruan tinggi memang berkualitas.

Akreditasi menjadi wujud jaminan mutu lembaga pendidikan secara eksternal (external peer review), yang mencakup juga kualitas dosen dan kurikulum perkuliahan. Oleh karenanya, akreditasi BAN PT selalu diperbarui setiap lima tahun sekali. Disamping itu, akreditasi juga merupakan bentuk perlindungan bagi kita sebagai masyarakat dari penipuan pihak yang tak bertanggung jawab.

Alumni yang memasuki dunia kerja pun memperoleh manfaat dari akreditasi kampus dan jurusan. Instansi pemerintah biasanya mensyaratkan akreditasi kampus A atau B. Beberapa perusahaan swasta pun demikian juga. Jadi, penting banget buat kita untuk cek akreditasi kampus incaran, Sobat!

Namun hingga kini belum ada menu download akreditasi BAN PT. Jadi, jika ingin cek status akreditasi kampus dan jurusan incaran, kita harus mengakses laman BAN PT.

But wait! Masih ada cara lain, Sobat. Yup! Gunakan Cari Kampus untuk cek status akreditasi kampus dan jurusan incaranmu. Mudah, bukan?

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog