redesain-navbar Portlet

null

Blog

Mulai Job Skills-mu dengan 4 Soft Skills Ini

Soft skills dapat mulai dipelajari dan dikembangkan sedari sekarang.

Soft Skills, image via www.sparkacad.com

By now you must have known about soft skills. Sekedar untuk membangunkan memori, soft skills merupakan atribut melekat pada diri pribadi kita yang berpengaruh pada hubungan, interaksi, dan komunikasi kita dengan orang lain.

Maka sudah dapat ditebak, soft skills memiliki dampak pada kehidupan kita setelah lulus sekolah dan kuliah. Sobat Pintar yang sempat mengikuti magang tentu mengalami langsung bagaimana soft skills mempengaruhi suasana dan lingkungan kerja. Lantas soft skills apa saja yang berpotensi besar turut menentukan kualitas kita didunia kerja nanti?

 

1. Komunikasi

Kepercayaan merupakan faktor penting dalam dunia kerja. Bagaimana mungkin kita bisa bekerja bersama rekan-rekan yang tak kita percayai? Atau sebaliknya, bagaimana rekan-rekan kerja dapat bekerja dengan kita bila mereka tak mempercayai kita?

Disinilah peran penting komunikasi. Komunikasi yang baik membangun dan memupuk rasa percaya. Dengan begitu, relasi kerja yang tercipta dapat terjaga, berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

 

2. Manajemen Waktu

Salah satu wujud manajemen waktu yang baik adalah perilaku tepat waktu. Bukan hanya datang tepat waktu, Sobat, tapi mengerjakan pekerjaan sesuai tenggat waktu yang disepakati juga merupakan bentuk perilaku tepat waktu.

Sebaliknya, kebiasaan menunda-nunda pekerjaan hingga melewati tenggat menunjukkan kurang disiplinnya kita. Kesan tidak profesional seperti ini bukan hanya merugikan rekan-rekan kerja disekitar kita, tapi dampak terbesarnya justru mengena pada diri kita sendiri.

 

3. Kemampuan Beradaptasi

Perpindahan memasuki dunia kerja dari masa sekolah dan kuliah tidak selalu berjalan baik. Maka, kita harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Kemudian, kita juga harus beradaptasi dengan tugas-tugas baru saat memulai suatu pekerjaan. The first time is always the hardest. Tapi dengan kecakapan beradaptasi yang baik, masa-masa sulit itu dapat kita lalui dengan baik. Self development is, Sobat Pintar, the best reward we can ever get.

 

4. Kreativitas

Seseorang yang kreatif biasanya berani memulai sesuatu yang baru didunia kerja. Baik sebagai pegawai maupun entrepreneur, soft skills ini sama-sama melahirkan inovasi-inovasi yang sebelumnya tak ada. Kreasi dan inovasi merupakan senjata utama saat kita mencari solusi yang paling efisien.

Someone with the ability to think out of the box is highly praised. There's nothing like original ideas, Sobat! Jadi, jangan ragu untuk terus melatih dan mengeksplor ide-ide kreatifmu sedari sekarang.

 

Masih banyak lagi kategori soft skills yang diperlukan dalam dunia kerja. Yang pasti, soft skills diperlukan karena keterampilan teknis saja tak cukup untuk memenuhi berbagai tuntutan kebutuhan pekerjaan.

Tentunya, tak ada batasan soft skills tertentu yang harus dikuasai. Setiap karier cenderung membutuhkan soft skills yang berbeda. Setidaknya, kita dapat mulai memupuk keempat soft skills diatas agar kelak berguna saat memasuki dunia kerja.

130

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp