APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Negara ASEAN Ada Berapa? Ini Profil Singkatnya Masing-Masing

Mengenal profil negara-negara di Asia Tenggara.

negara asean ada berapa, Photo by Capturing the human heart. on Unsplash

Ada berapa negara ASEAN? Sobat Pintar tentu sudah tahu jawabannya bila ada pertanyaan semisal ASEAN ada berapa negara. Iya, enggak? Eh tapi, apa lagi yang Sobat ketahui tentang negara-negara ASEAN? Apakah jumlah negara ASEAN saja? Apa yang Sobat tahu tentang tiap-tiap negara ASEAN tersebut? Let's look into it, Sobat.

 

Terbentuknya ASEAN

Sejarah berdirinya ASEAN bermula pada tahun 1960an. Pada masa itu, kawasan Asia Tenggara cukup rawan lantaran perselisihan antar negara, seperti Vietnam dengan Kamboja maupun Malaysia dengan Indonesia. Sementara itu, negara-negara besar juga gencar berebut pengaruh ideologinya masing-masing.

Konflik yang terus memanas dikhawatirkan dapat menghambat pembangunan setiap negara dan mengusik stabilitas keamanan kawasan Asia Tenggara. Hingga pada akhirnya beberapa negara bersepakat untuk mengadakan pertemuan di Bangkok, yang menandai berdirinya ASEAN melalui Deklarasi Bangkok. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh 5 negara pendiri ASEAN, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina.

Kemudian, anggota negara ASEAN terus bertambah seiring waktu. Berturut-turut Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja menyusul menjadi anggota, sehingga jumlah negara ASEAN saat ini mencapai 10 anggota.

 

Negara-Negara Anggota ASEAN

Sesuai dengan kepanjangan ASEAN, Association of Southeast Asian Nations, organisasi ini mewadahi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Berikut ini profil negara ASEAN selengkapnya.

ada berapa negara asean
Photo by Hu Chen on Unsplash

1. Singapura

Singapura terletak di pucuk Semenanjung Malaya, terpisah oleh Selat Johor dan Selat Singapura masing-masing dengan Malaysia dan Indonesia. Pemerintahan negara republik ini dijalankan oleh seorang Perdana Menteri. Bahasa resmi Singapura ialah Mandarin, Tamil, Melayu, dan Inggris, sedangkan mata uangnya Dollar Singapura.


Photo by Esmonde Yong on Unsplash

2. Malaysia

Malaysia terdiri dari dua kawasan, yaitu Malaysia Barat di Semenanjung Malaya dan Malaysia Timur di Pulau Kalimantan. Sebagai sebuah negara federal parlementer, Malaysia terdiri dari tiga wilayah federal dan dan 13 negara bagian. Sultan atau Raja memerintah di tiap negara bagian, sedangkan pemerintahan Malaysia dijalankan oleh Perdana Menteri. Bahasa resmi Malaysia ialah Melayu dan mata uangnya Ringgit.

jumlah negara asean
Photo by Mathew Schwartz on Unsplash

3. Thailand

Bangkok, Thailand menjadi saksi mata berdirinya ASEAN. Bersistem monarki konstitusional, kepala negara Thailand ialah seorang Raja sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri. Thai adalah bahasa resmi Thailand, sedangkan mata uangnya Baht.

nama-nama negara asean
Photo by Jeremy Bishop on Unsplash

4. Indonesia

Sistem pemerintahan negara kita adalah republik. Selain sebagai kepala negara, Presiden juga menjadi kepala pemerintahan. Bahasa resmi nasional kita adalah Bahasa Indonesia, dan mata uang kita ialah Rupiah.

kepanjangan asean
Photo by Eibner Saliba on Unsplash

5. Filipina

Seperti Indonesia, Filipina adalah sebuah negara kepulauan dengan sistem pemerintahan republik. Bahasa resminya adalah Bahasa Inggris dan Filipina, dengan mata uang resmi Peso.


Photo by AdamHillTravel on Pixabay

6. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terletak di Pulau Kalimantan, berbatasan langsung dengan Malaysia Timur. Menganut sistem monarki absolut, Brunei Darussalam memiliki seorang Sultan sebagai kepala pemerintahan. Bahasa resmi nasional Brunei Darussalam adalah Melayu, sedangkan mata uangnya Dolar Brunei.

sejarah berdirinya asean
Photo by Ammie Ngo on Unsplash

7. Vietnam

Nama lengkap negara ini adalah Republik Sosialis Vietnam. Kepala negaranya adalah Presiden, sedangkan kepala pemerintahannya Perdana Menteri. Vietnam berbatas negara secara langsung dengan Tiongkok, Kamboja, dan Laos. Bahasa resmi negara ini ialah Bahasa Vietnam, dengan mata uang Dong.


Photo by Anna Hoch-Kenney on Unsplash

8. Laos

Laos berbatas negara secara langsung dengan Myanmar, Tiongkok, Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Pemerintahan dijalankan oleh Partai Sosialis Republik dengan Presiden sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Lao adalah bahasa resmi Laos, dan mata uangnya adalah Kip.

anggota negara asean
Photo by Mg Cthu on Unsplash

9. Myanmar

Nama negara ini dulunya adalah Burma. Kini, Myanmar merupakan sebuah negara republik konstitusional dengan pemerintahan yang dijalankan oleh Junta Militer. Bahasa resminya Burma dan mata uangnya Kyat.

profil negara asean
Photo by Christian Holzinger on Unsplash

10. Kamboja

Kamboja berbatas negara secara langsung dengan Thailand, Laos, dan Vietnam. Kamboja menganut sistem monarki konstitusional dengan Raja sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Bahasa resminya ialah Khmer dan mata uangnya Riel.

 

Itulah seluruh nama-nama negara ASEAN, Sobat. Sekarang, Sobat Pintar tak hanya dapat menjawab pertanyaan negara ASEAN ada berapa atau menjawab soal, misalnya sebutkan negara-negara anggota ASEAN, tapi juga mengetahui profil negara ASEAN tersebut dengan lebih baik.

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog