APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Nilai Fisika Jempolan? Ini 14 Rekomendasi Jurusan SNBP

Beberapa jurusan kuliah lebih diminati oleh calon mahasiswa yang suka fisika.

Photo by cottonbro studio on Pexels

Jurusan kuliah IPA itu ada banyak banget pilihannya. Namun jika kamu punya nilai Fisika yang shining shimmering splendid, ada beberapa jurusan kuliah terkait fisika yang sepertinya patut dipertimbangkan untuk dipilih di SNBP. Nah, sebaiknya kamu yang juara mapel Fisika masuk jurusan apa? Ini dia, rekomendasi jurusan SNBP untuk yang nilai Fisika bagus.

Rekomendasi Jurusan SNBP untuk yang nilai fisika bagus
Photo by cottonbro studio on Pexels

1. Fisika

Ini bukan lagi jurusan kuliah terkait fisika, Sobat Pintar. Ini memang Jurusan Fisika murni, yang pasti menarik buat kalian yang udah terlanjur jatuh cinta banget sama fisika. Selama kuliah kamu bakal belajar mekanika, termodinamika, elektromagnetisme, optika, kuantum mekanika, fisika teoretis, metode pengukuran, sampai analisis data. Ini jurusan anak fisika banget, deh!

Terus, nanti setelah lulus dari Jurusan Fisika kerja apa? Prospek kerja Jurusan Fisika cukup beragam. Jika melanjutkan ke Program Pascasarjana, kamu bisa berkarier di bidang riset fisika teoretis, fisika kuantum, fisika material, fisika medis, dan lain-lain. Ada juga alumni yang bekerja di industri farmasi, kosmetik, bahkan kimia. Bidang elektronika, telekomunikasi, penerbangan, maupun energi juga membutuhkan lulusan Jurusan Fisika.

jurusan kuliah untuk anak fisika yang peluang kerjanya besar
Photo by Drew Tilk on Unsplash

2. Astronomi

Kamu yang suka fisika, sebaiknya ambil jurusan apa yang bagus? Pernah tertarik dengan Jurusan Astronomi ga, Sobat? Sebenarnya Astronomi adalah jurusan yang berhubungan dengan kimia, matematika, dan fisika sekaligus. Mahasiswa Astronomi belajar tentang fisika bintang dan planet, galaksi dan struktur alam semesta, astrofisika kosmologi, astronomi observasional, maupun astrofisika teoretis. Materi-materi seperti teori Big Bang, fotometri, interferometri, mekanika kuantum, relativitas, dan fisika partikel tentu bakal menarik buat kalian yang kuliah jurusan IPA.

fisika bisa masuk jurusan apa saja
Photo by Anuj Yadav on Unsplash

3. Arsitektur

Mau tau apa jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan? Arsitektur jawabannya, Sobat Pintar. Arsitektur adalah salah satu jurusan kuliah untuk anak fisika yang peluang kerjanya besar. Seorang arsitek dapat bekerja di perusahaan konsultan arsitektur, Dinas Pekerjaan Umum, perusahaan kontraktor, perusahaan properti atau membuka praktik mandiri.

Pekerjaan-pekerjaan di atas tampaknya memang bukan pekerjaan yang berhubungan dengan fisika secara langsung. Namun selama kuliah Arsitektur, kamu belajar material konstruksi, teknologi konstruksi, perencanaan dan pelaksanaan konstruksi, desain jalan, desain sistem drainase, dan materi-materi lain yang terkait dengan fisika.

jurusan fisika kerja apa
Photo by Ivan Samkov on Pexels

4. Teknik Metalurgi

Perkuliahan metalurgi bakalan menarik buat Sobat Pintar yang suka fisika. Jurusan anak fisika ini memberimu kesempatan untuk belajar tentang proses-proses produksi dan pengolahan logam dan material. Ekstraksi, pengecoran, penempaan, pengelasan, pemurnian dan modifikasi logam, teknik-teknik analisis program, hingga sifat-sifat material logam, semua itu bakal dipelajari selama kuliah Teknik Metalurgi.

Mapel fisika masuk jurusan apa
Photo by Lina Kivaka on Pexels

5. Teknik Nuklir

Kamu yang suka fisika bisa masuk jurusan apa saja? Salah satunya adalah Teknik Nuklir, Sobat Pintar. Kuliah di jurusan ini memberimu kesempatan untuk belajar penerapan fisika dan teknologi, khususnya dalam memproduksi energi listrik melalui reaksi nuklir. Materi yang dipelajari meliputi aspek teori dan praktis reaksi nuklir, desain dan operasi reaktor nuklir, pengelolaan bahan radioaktif, hingga keselamatan nuklir. Kamu juga bakal belajar tentang aplikasi teknologi nuklir di bidang medis, industri, dan penelitian.

Ambil jurusan apa yang bagus
Photo by Yan Krukau on Pexels

6. Geofisika

Apa lagi jurusan kuliah terkait fisika? Ini dia, Geofisika, Sobat Pintar. Dari namanya saja kamu tentu sudah bisa memperkirakan kalau jurusan ini "dekat" dengan fisika. Selain struktur bumi dan proses geologi, perkuliahan di jurusan ini menyangkut geofisika terestrial, geofisika laut, geofisika atmosfer, geofisika planet, magnetometer, hingga eksplorasi minyak dan gas serta pengelolaan sumber daya alam.

jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

7. Oseanografi

Rekomendasi jurusan SNBP untuk yang nilai fisika bagus berikutnya adalah Oseanografi. Perkuliahan di jurusan ini mempelajari tentang proses fisik, kimia, biologi dan geologi yang terjadi di laut. Ada materi fisika laut, kimia laut, biologi laut, geologi maritim, geofisika maritim, teknologi pengamatan laut, dan pengelolaan sumber daya laut. Kalau kamu tertarik dengan eksplorasi sumber daya laut, pengelolaan lingkungan laut, bahkan peramalan cuaca dan iklim, jurusan kuliah IPA yang satu ini boleh banget dipertimbangkan, Sobat.

pekerjaan yang berhubungan dengan fisika
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

8. Teknik Fisika

Selain Fisika murni, kamu yang suka banget dengan fisika bisa memilih kuliah di Jurusan Teknik Fisika. Di jurusan ini kamu belajar tentang aplikasi prinsip-prinsip fisika dalam bidang teknologi. Materi yang dipelajari meliputi mekanika, termodinamika, elektronika, optika, serta materi yang lebih khusus seperti fisika material, fisika teknologi, fisika plasma, dan lain sebagainya. Berbagai metode yang dipelajari selama kuliah ditujukan untuk perancangan, pembuatan, dan pengukuran sistem teknologi yang berbasis fisika. Menarik ga tuh, Sobat?

prospek kerja jurusan fisika
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

9. Teknik Sipil

Kamu tertarik dengan bidang teknologi, tetapi enggak terlalu pengin fokus sepenuhnya di fisika? Tenang, masih ada alternatif jurusan kuliah untuk anak fisika yang peluang kerjanya besar, yaitu Teknik Sipil. Di sini kamu belajar tentang cara merancang, membangun, dan memelihara struktur fisik seperti jembatan, gedung, jalan, maupun bendungan. Materi yang dipelajari meliputi dasar-dasar mekanika tanah, rekayasa struktur, rekayasa jalan, rekayasa air, rekayasa lingkungan, sampai manajemen proyek.


Photo by Bruna Fiscuk on Unsplash

10. Teknik Pertambangan

Masih ada lagi nih, jurusan kuliah untuk anak fisika yang peluang kerjanya besar, yaitu Teknik Pertambangan. Kuliah jurusan IPA ini mempelajari tentang cara mengekplorasi, mengebor, mengekstrak, dan mengolah sumber daya mineral dan batubara. Mahasiswa Teknik Pertambangan wajib menguasai dasar-dasar geologi, geologi teknik, rekayasa tambang, mekanika tanah dan batuan, rekayasa lingkungan, maupun manajemen pertambangan.


Photo by Chris Leipelt on Unsplash

11. Teknik Penerbangan

Kalau kamu masih bingung nanti setelah kuliah jurusan fisika kerja apa, mungkin Teknik Penerbangan bisa membantumu menemukan jawabannya. Enggak, kamu enggak jadi pilot setelah lulus dari jurusan kuliah IPA ini, Sobat. Lulusan Teknik Penerbangan justru dibutuhkan sebagai teknisi di pabrik pesawat atau maskapai penerbangan.

Untuk itu, mahasiswa Teknik Penerbangan belajar tentang cara kerja, desain, pemeliharaan pesawat, serta sistem penerbangan. Jurusan ini masih merupakan jurusan kuliah terkait fisika karena materi yang dipelajari meliputi prinsip-prinsip aerodinamika, mesin pesawat, desain dan konstruksi pesawat, sistem navigasi, dan masih banyak lagi.


Photo by Mikhail Nilov on Pexels

12. Teknik Kimia

Oke, ini memang bukan sepenuhnya jurusan kuliah terkait fisika. Namun jika kamu suka fisika, kecil kemungkinan kamu benci kimia. Kamu yang sudah mengenal kimia selama di sekolah enggak bakalan canggung menjadi mahasiswa jurusan kuliah IPA ini. Lagipula, materi-materi yang dipelajari di Teknik Kimia masih bersinggungan dengan fisika, seperti termodinamika, kinetika, elektrokimia, dan lain-lain.


Photo by CoWomen on Unsplash

13. Teknik Elektro

Jurusan anak fisika yang satu ini mengkaji tentang cara menggunakan, mengendalikan, dan mengembangkan sistem yang menggunakan listrik dan elektronika. Kamu pasti udah kenal materi listrik dan elektronika selama belajar fisika, kan? Nah, di bangku kuliah nanti bakal ada lebih banyak materi yang kamu pelajari, seperti pengendalian sistem mekanik menggunakan sinyal listrik, pertukaran informasi menggunakan teknologi komunikasi, perancangan sistem komputer, pengembangan robot, dan lain sebagainya.


Photo by Ivan Samkov on Pexels

14. Teknik Mesin

Teknik Mesin juga merupakan salah satu jurusan kuliah terkait fisika. Di sini dipelajari tentang cara merancang, membuat, serta mengoperasikan mesin dan sistem mekanik. Mekanika tanah, mekanika fluida, mekanika benda padat, sistem tenaga mekanik, maupun termodinamika adalah sebagian materi fisika yang akan kamu pelajari sebagai mahasiswa Teknik Mesin.

Dari sederet rekomendasi di atas, sudahkah menemukan jurusan pilihanmu di SNBP, Sobat Pintar? Jangan khawatir jika kamu masih merasa ragu memilih jurusan yang mana. Udah ada Tes Penjurusan Kuliah yang siap membantumu menemukan jurusan yang paling cocok dengan minat dan kemampuanmu. Cobain deh, tesnya gratis, kok.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog