APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Penting bagi Calon Mahasiswa Baru: Ini Tips Lolos SBMPTN 2020

Ada banyak faktor yang turut mempengaruhi sukses atau gagalnya SBMPTN.

Tips Lolos SBMPTN, image credit Samia Liamani

Selama bulan Juni-Juli ini, Sobat Pintar yang bersiap menjadi calon mahasiswa baru sedang berjuang dan mencari cara lolos SBMPTN. As we know it, situasi pandemi yang saat ini kita hadapi mengakibatkan pelaksanaan SBMPTN 2020 berbeda dari tahun sebelumnya – bahkan lebih mirip dengan SBMPTN 2018.

Nah, bagaimana cara supaya bisa lolos SBMPTN dengan sukses? Berikut ini, ayo cermati strategi SBMPTN 2020, Sobat.

 

Dimulai dari Mendaftar dan Memilih Jurusan: Ketahui serta Pertimbangkan Minat, Bakat, dan Kemampuan

Masih memilih jurusan kuliah dengan asal comot? Jangan ya, Sobat! Untuk setiap langkah yang mengubah hidup kita, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Demikian pula dengan memilih jurusan SBMPTN. Luangkan waktu untuk mengenali diri sendiri, mulai dari tipe kepribadian, lingkungan seperti apa yang membuatmu berkembang, dan seterusnya.

Memang tak selalu mudah untuk mengenal diri sendiri. Tapi Sobat Pintar dapat menggunakan Tes Kepribadian sebagai salah satu trik SBMPTN dalam memilih jurusan kuliah.

 

Sebelum Menjatuhkan Pilihan, Dapatkan Informasi yang Memadai tentang Jurusan-Jurusan yang Dibidik

Mengenal dan memahami diri sendiri dapat membawa kita pada pilihan jurusan yang sesuai. Tapi kita masih membutuhkan strategi SBMPTN yang jitu dalam mengurutkan pilihan jurusan. Pasalnya, tentunya Sobat Pintar sudah tahu, skor UTBK kita nanti akan dipertandingkan pada jurusan dan PTN di pilihan pertama terlebih dahulu.

Jika skor UTBK kita nantinya ternyata berada di urutan terbawah, melebihi kuota jurusan dan PTN tersebut, mau tak mau skor UTBK kita harus bertanding lagi di pilihan kedua. Dengan ketentuan seperti ini, kita harus cermat dalam memilih jurusan SBMPTN.

Sebagian cara sukses SBMPTN adalah dengan memperoleh informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan incaranmu, Sobat. Bandingkan jurusan tersebut di PTN A dan PTN B. Perhatikan berapa banyak kuota SBMPTN-nya. Bagaimana keketatan persaingan masuk pada tahun-tahun sebelumnya? Pula, berapa rentangan skor yang sudah lolos SBMPTN?

 

Pahami dan Kenali UTBK 2020: Seperti Apa dan Bagaimana Mempersiapkan Diri Menghadapinya

Tips sukses SBMPTN 2020 tak bisa dipisahkan dari bagaimana kita menghadapi UTBK. Apalagi, UTBK tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena hanya ada matauji TPS. Pilihan kelompok ujian IPC juga ditiadakan lagi. Cara penilaian SBMPTN pun mungkin berbeda. Nah, sudahkah Sobat ter-update dengan seluk-beluk UTBK 2020 ini?

Tak kalah penting, persiapkan diri sebaik-baiknya menghadapi UTBK. Pasalnya, syarat lulus SBMPTN yang paling mutlak adalah kita sukses di UTBK, mampu menghasilkan skor yang lebih tinggi dari pesaing-pesaing lain pada jurusan dan PTN yang diincar.

 

Bersikap dan Berpikir Positif Menghadapi SBMPTN: Do Your Best and Hope for the Best

Angkatan 2020 memang istimewa. Ada banyak yang berubah tahun ini, seperti UN yang mendadak dibatalkan, PKN STAN yang tiba-tiba mengurungkan seleksi masuknya, maupun UTBK yang mengurangi mataujinya. Namun pada dasarnya, tak ada yang benar-benar baru atau luar biasa mengenai cara lulus SBMPTN.

Mengingat perkembangan keadaan sekarang ini, salah satu tips SBMPTN 2020 yang terpenting adalah menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan olah raga yang teratur agar jangan sampai jatuh sakit saat UTBK dan proses SBMPTN berlangsung.

All in all, keep doing your best, Sobat. And after all is done, always hope for the best to come.

620

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog