redesain-navbar Portlet

Blog

Pentingnya Peran Guru dalam Mengarahkan Bakat dan Minat Siswa

Jangan potensi terpendam siswa tidak tergali

Photo by Craig Adderley on Pexels

Setiap siswa memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Ada yang menonjol dalam bidang olahraga, ada yang menyukai bidang seni, ada anak yang memiliki bakat dibidang akademik dan ada pula anak yang memiliki bakat lebih dari satu bidang. Peran seorang guru tidak berhenti sebatas pada mengajarkan pelajaran di kelas saja. Seorang guru juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mengarahkan bakat dan minat siswa sehingga mereka mampu mengasah bakat dan minat tersebut dengan tepat.

Peran guru sebagai seorang pendidik yang ditugaskan untuk mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, oleh karena itu guru harus mampu mengidentifikasi bakat setiap siswanya supaya dapat memberikan pengarahan dan mengembangkannya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Jika bakat dan minat siswa terasah dengan baik, maka tidak akan sulit bagi siswa untuk meraih prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Bagaimana cara seorang guru dalam mengembangkan bakat peserta didik?

Photo: unsplash.com

Mengidentifikasi Bakat dan Minat dalam Diri Siswa

Hal pertama yang harus seorang guru lakukan untuk mengidentifikasi bakat dan minat siswa adalah dengan cara mengobservasi. Observasi ini dilakukan secara terus menerus sehingga guru dapat menemukan pola yang sering dilakukan anak dan dengan mudah menyimpulkan potensi apa yang harus dikembangkan dalam diri setiap siswa. Guru Pintar dapat menganjurkan siswa untuk mengikuti tes-tes bakat yang telah banyak beredar. Salah satunya tes bakat dan minat siswa yang ada di akupintar.id.

Guru tidak boleh memukul rata kemampuan siswa hanya karena tidak ingin melakukan effort lebih. Seorang guru wajib menanamkan pada dirinya bahwa setiap anak itu unik.  

Memberikan Wawasan

Salah satu usaha guru untuk membantu siswa dalam belajar sesuai dengan potensinya adalah dengan membuka wawasan. Ada kalanya seorang siswa itu belum memiliki wawasan akan suatu hal sehingga potensi yang terpendam dalam dirinya tidak tergali. Misalnya siswa hanya tahu tentang jenis olahraga yang umum seperti sepak bola, bola basket, bola volley, dan cabang olahraga umum lainnya. Guru dapat mengenalkan berbagai jenis cabang olahraga lain yang mungkin belum siswa ketahui seperti polo, lempar lembing, dan lain sebagainya.

Jika wawasan siswa telah terbuka, maka akan memantik rasa untuk mencoba. Dengan demikian lebih mudah bagi siswa mengidentifikasi bakat dan minat yang tersimpan dalam dirinya.

Memberikan Motivasi

Motivasi adalah faktor penting dalam kesuksesan siswa. Setelah Guru Pintar mengidentifikasi bakat dan minat yang dimiliki siswa, Guru Pintar harus memberikan motivasi yang baik pada siswa. Guru Pintar dapat memberitahu bahwa bakat dan minat siswa tersebut memiliki peran yang besar pada proses belajar mengajar. Selain itu bakat dan minat siswa juga dapat menunjang kesuksesan karir mereka di masa depan.

Menstimulasi dan Memfasilitasi dengan sarana pengembangan bakat.

Guru Pintar dapat memberikan stimulasi-stimulasi untuk mengasah bakat dan minat siswa yang telah diidentifikasi. Bagaimana caranya? Dengan cara memberikan latihan-latihan atau memberikan kesempatan pada siswa untuk menunjukkan kebolehannya.

Akan lebih baik lagi jika Guru Pintar dapat menyediakan sarana dan prasarana di kelas supaya siswa dapat menggali potensi yang dimilikinya. Sarana yang harus disediakan tidak harus yang mahal dan canggih. Bahkan Guru Pintar dapat mengajak siswa untuk bersama-sama membuat sarana yang dapat digunakan bersama-sama.

Bekerjasama dengan Orang Tua

Guru Pintar tidak harus bekerja sendiri dalam mengusahakan perkembangan minat dan bakat siswa. Guru Pintar dapat menggandeng orang tua untuk melejitkan bakat dan minat yang dimilikinya. Bentuk kerjasamanya dapat bermacam-macam. Mulai dari bantuan penyediaan sarana dan prasara, perhatian, atau juga motivasi pada saat siswa berada di rumah.  

Mengikutsertakan Siswa pada Perlombaan yang Sesuai dengan Potensinya

Dengan mengikutsertakan siswa pada perlombaan-perlombaan, siswa tidak hanya akan merasa termotivasi untuk berlatih dan mengasah bakatnya. Mereka juga akan tumbuh rasa optimis dan percaya diri. Perlombaan akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Siswa dapat mengamati peserta lain dan tidak jarang memetik pelajaran berharga dari pengalaman yang telah dilaluinya.

Mengingat bakat dan minat sangat penting bagi siswa untuk menyongsong masa depannya, Guru Pintar jangan malas untuk selalu mencoba berbagai cara mengembangkan bakat siswa. Karena sejatinya kebahagiaan seorang guru adalah kesuksesan siswa-siswanya.

 

 

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet