APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Pentingnya Peranan dan Tugas Wali Kelas

Tugas tambahan guru sebagai wali kelas merupakan tanggung jawab yang tak ternilai.

Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash

Tupoksi wali kelas diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018. Bagi guru, wali kelas adalah tugas tambahan lain yang melekat pada tugas pokok dan beban kerja kita. Memang tidak setiap guru mendapatkan tugas tambahan menjadi wali kelas. Namun sepanjang karier sebagai tenaga pendidik, suatu saat kita akan mendapatkan tugas tambahan tersebut. Nah, apa saja yang Guru Pintar perlu ketahui tentang tugas dan fungsi wali kelas?

 

Tugas Tambahan di Luar Jam Mengajar

tugas seorang wali kelas
Photo by nappy on Pexels

Ada beragam tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan tugas pokok dan beban kerja guru. Memangnya apa saja tugas guru selain mengajar? Di samping mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, guru juga mendapatkan berbagai tugas tambahan seperti menjadi ketua program keahlian, kepala perpustakaan, kepala laboratorium/bengkel/unit produksi, pembimbing khusus, dan – sebagaimana telah disebutkan sebelumnya – wali kelas.

Wali kelas adalah guru yang bertanggung jawab atas suatu kelas tertentu. Seorang wali kelas mempunyai tugas yaitu melakukan pengawasan terhadap kegiatan belajar mengajar di kelas, membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, serta bertindak sebagai mediator antara siswa, orang tua, dan sekolah. Adalah termasuk tugas dan tanggung jawab wali kelas untuk melaporkan kemajuan belajar peserta didik kepada orang tua siswa dan pihak sekolah.

 

Rincian Tugas Wali Kelas

seorang wali kelas mempunyai tugas yaitu
Photo by Jason Goodman on Unsplash

Kembali kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018, tugas seorang wali kelas ada sembilan. Rincian tugas wali kelas menurut Permendikbud tersebut adalah sebagai berikut.

1. mengelola kelas yang menjadi tanggung jawabnya

2. berinteraksi dengan orang tua/wali peserta didik

3. menyelenggarakan administrasi kelas

4. menyusun dan melaporkan kemajuan belajar peserta didik

5. membuat catatan khusus tentang peserta didik

6. mencatat mutasi peserta didik

7. mengisi dan membagi buku laporan penilaian hasil belajar

8. melaksanakan tugas lainnya yang berkaitan dengan kewalikelasan

9. menyusun laporan tugas sebagai wali kelas kepada kepala sekolah.

Ekuivalensi beban kerja dan tugas wali kelas dalam satu pekan setara dengan dua jam tatap muka. Sementara itu, bukti fisik uraian tugas wali kelas berupa:

1. surat tugas sebagai wali kelas dari kepala sekolah

2. program dan jadwal kegiatan wali kelas yang ditandatangani oleh kepala sekolah

3. laporan hasil kegiatan wali kelas yang disetujui oleh kepala sekolah.

 

Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Wali Kelas

tugas dan fungsi wali kelas
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Pada kenyataannya, tugas dan tanggung jawab wali kelas tidak selalu sama persis lantaran, salah satunya, perbedaan usia tumbuh kembang peserta didik. Seorang wali kelas SMP, misalnya, cenderung menghadapi persoalan peserta didik dan orang tua siswa yang berbeda dengan yang dihadapi oleh wali kelas SMA/SMK.

Demikian pula dengan wali kelas PAUD maupun SD. Apakah wali kelas harus mengajar di kelas? Bagi wali kelas PAUD dan SD, pada umumnya iya, wali kelas juga mengajar peserta didik di kelasnya masing-masing.

Sementara pada jenjang pendidikan menengah, peran guru dan wali kelas biasanya dijalankan oleh guru yang berbeda – meskipun tak selalu demikian. Memangnya apa bedanya guru dan wali kelas?

Pada jenjang pendidikan menengah, guru mengajar satu atau lebih materi pelajaran, tergantung pada bidang keahliannya. Sementara itu, tupoksi wali kelas meliputi pengawasan, penyelesaian masalah, dan pelaporan kemajuan belajar siswa sebagaimana telah diuraikan di atas. Sekali lagi, wali kelas tidak selalu merupakan guru yang mengajar di kelas yang menjadi tanggung jawabnya. Akan tetapi, bukan tidak mungkin Guru Pintar akan menjadi wali suatu kelas tertentu dan pada saat yang sama juga mendapatkan jam mengajar di kelas tersebut.

Tambahan tugas seorang wali kelas memang tak ringan, apalagi sudah ada tugas-tugas mengajar yang wajib dikerjakan oleh guru. Namun menjalani tugas sebagai wali kelas adalah kesempatan kita untuk mengembangkan kemampuan pedagogik, pengelolaan kelas, hingga berinteraksi dengan siswa.

Di sisi lain, siswa juga membutuhkan peran kita sebagai wali kelas. Terkadang peserta didik berkonsultasi mengenai potensi dan prestasinya kepada wali kelas. Tak jarang, peran wali kelas adalah menjadi mediator yang sangat dibutuhkan siswa ketika mereka berada dalam situasi yang harus berhadapan dengan orang tua atau sekolah. Tanpa kehadiran wali kelas, boleh jadi siswa kehilangan satu kesempatan anak tangga dalam titian kehidupannya.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog