redesain-navbar Portlet

null

Blog

Perencanaan Wilayah dan Kota - Mau Ngapain setelah Belajar Planologi?

Kuliah PWK membuatmu belajar tak hanya ilmu-ilmu sains, tapi juga ilmu-ilmu sosial. 

perencanaan wilayah dan kota, Photo by Clay Banks on Unsplash

Perencanaan Wilayah dan Kota adalah salah satu jurusan kuliah yang wajib banget dikepoin sama anak IPA dan IPS. Why oh why? Jadi begini, Sobat Pintar.

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, atau yang biasa disingkat PWK, sebenarnya ada di rumpun Saintek. Pastinya, anak IPA boleh banget masuk kuliah di jurusan ini. Nah, di sinilah serunya, Sobat. Jurusan PWK juga menerima calon mahasiswa yang lintas jurusan (dari IPS ke IPA). Memang tak semua universitas membuka peluang linjur, tapi Jurusan PWK ini tetap menarik buat dikepoin sama anak IPS yang sedang pikir-pikir mau linjur ke jurusan Saintek.

 

Pentingnya Perencanaan Wilayah dan Kota

jurusan perencanaan wilayah dan kota
Photo by Halacious on Unsplash

Dulunya Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota lebih dikenal sebagai Jurusan Teknik Planologi. Karena memang biasanya berada di Fakultas Teknik, sampai sekarangpun terkadang orang menyebutnya Jurusan Planologi, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, atau Teknik PWK.

Anyway, semua nama itu mengacu pada satu jurusan yang sama kok, Sobat. Apalagi, kalau sudah ngomongin tentang perkuliahannya. Emangnya kuliah Teknik Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota belajar apa, sih?

Pastinya, apa yang dipelajari di Perencanaan Wilayah dan Kota adalah tentang perencanaan wilayah. Jika kita menelaah dari pengertiannya sendiri, planologi adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu wilayah atau kota, termasuk unsur-unsur di dalamnya. Planologi adalah ilmu yang kompleks, melibatkan ilmu geografi, geologi, ekonomi, sosial budaya, politik, dan masih banyak lagi.

Waduh, kok banyak banget yang dipelajari di Teknik PWK? Begini, Sobat. Saat membuat perencanaan suatu wilayah, yang pada umumnya adalah perkotaan, ada banyak aspek yang harus kita pertimbangkan. Misalnya, di suatu wilayah terdapat perumahan yang padat penduduk dengan tingkat kemacetan yang tinggi, sedangkan di wilayah lain terdapat persawahan. Setiap wilayah memiliki aspek berbeda yang dapat memengaruhi perkembangan wilayah tersebut ke depannya maupun masyarakat yang tinggal di dalamnya.

 

Kuliah dan Belajar tentang Teknik Planologi


Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Salah satu faktor yang membuat kuliah di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota itu menarik adalah kompleksnya materi yang kita pelajari, Sobat. Meskipun Fakultas Teknik kental banget dengan bidang Saintek, Teknik Planologi justru memiliki irisan dengan berbagai bidang Soshum. Makanya, anak IPS yang linjur dan kuliah Teknik Planologi dijamin nggak bakal terlalu asing dengan mata kuliah Teknik PWK.

Jadi, apa yang dipelajari di Perencanaan Wilayah dan Kota? Sebagian mata kuliahnya yaitu:

Ekonomika Wilayah dan Kota

Pembiayaan Pembangunan

Pengembangan Komunitas

Prasarana Wilayah dan Kota

Proses Perencanaan

Komputasi Perencanaan

Morfologi Kota

Pola Lokasi dan Struktur Ruang

Aspek Kependudukan dalam Perencanaan

Tata Guna Lahan

Sistem Perumahan

Hukum Perencanaan

Perencanaan Wilayah

Perencanaan Pedesaan

Perancangan Kota

 

Sobat Pintar akan menjumpai mata kuliah di atas jika nantinya menjadi mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan. Selain Unpas, universitas yang ada Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota terakreditasi A yaitu:

Universitas Brawijaya

Universitas Hasanuddin

Universitas Sebelas Maret

Universitas Islam Sultan Agung

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Nasional Malang

Universitas Sam Ratulangi

Universitas Gadjah Mada

Universitas Trisakti

Universitas Diponegoro

Universitas Islam Bandung

Universitas Bosowa Makassar

Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Bandung juga telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT. Tinggal Sobat Pintar nih, maunya belajar tentang teknik planologi di mana. Jangan kelamaan mikirnya, ya. Peminat Jurusan PWK tak bisa dikata sedikit karena prospek kerja PWK terbilang menarik.

 

Prospek Kerja Planologi


Photo by Joshua Rawson-Harris on Unsplash

Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota banyak dibutuhkan di berbagai instansi pemerintah seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Daerah, maupun Dinas Tata Kota.

Adakah prospek kerja PWK selain menjadi ASN? Banyak banget, Sobat. Divisi community development di perusahaan-perusahaan besar, seperti PT. Astra Internasional, pasti membutuhkan Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota. Bahkan, developer properti yang cukup giat berkembang di tahun-tahun belakangan ini pun membutuhkan insinyur planologi di bagian perencanaan.

Psstt... ada saja loh, Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota yang menjalankan bisnis di bidang properti. Sobat Pintar tertarik dengan peluang entrepreneurship di bidang ini?

Pada dasarnya, teknik planologi dibutuhkan baik dalam lingkup wilayah seperti perkotaan maupun konstruksi dan rancang bangun. Selama ada pembangunan, di situ teknik planologi dibutuhkan. Artinya, prospek kerja planologi terbentang luas buatmu, Sobat – entah sebagai pekerja yang meniti karier ataupun entrepreneur.

0
60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet