PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit Harbin Institute of Technology

Perlu Diketahui: 7 Cabang Ilmu Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil

Seberapa banyak yang kamu tahu tentang Teknik Sipil? Jurusan yang banyak banget peminatnya ini sebenarnya terbagi kedalam beberapa cabang ilmu terpisah. Biar kamu nggak pusing ditengah jalan, lihat dulu deh, apa saja yang dipelajari di Jurusan Teknik Sipil.

 

1. Struktur Bangunan

Untuk membangun high-rise building, bandara, rumah, dermaga, pelabuhan, stadion, dan berbagai bangunan lain, mahasiswa Teknik Sipil harus belajar tentang mekanika struktur, struktur beton, struktur kayu, maupun struktur baja lengkap beserta dinamikanya. Disini dipelajari tentang respon material bangunan terhadap beban yang diterimanya, sehingga bangunan tersebut dapat berdiri tegak kokoh dengan kerusakan minimal saat terjadi gempa atau bencana. Pada cabang ilmu sipil ini juga dipelajari tentang perencanaan profil dan pemodelan struktur bangunan, jembatan, jalan, terowongan, dan berbagai infrastruktur publik yang lain, sedari pembangunan pondasi hingga siap digunakan.

 

2. Geoteknik

Geoteknik sendiri merupakan ilmu tentang struktur dan sifat tanah dan batuan dalam fungsinya sebagai penopang bangunan yang berdiri di atasnya. Untuk memahami tentang segala yang berada di bawah permukaan tanah, dalam Geoteknik dipelajari dinding penahan tanah, pondasi, mekanika tanah, dan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan tanah. Bila mendalami cabang ilmu sipil yang satu ini, kamu akan terlibat dalam investigasi lapangan penyelidikan keadaan tanah, meneliti tanah di laboratorium, hingga merencanakan konstruksi galian, terowongan batuan, terowongan tanah lunak, bendungan tanah, bendungan batuan, dan lain-lain. Dengan kata lain, kamu akan menganalisis sifat tanah dan menentukan apakah struktur tanah di suatu tempat sesuai dan baik untuk mendirikan sebuah bangunan.

 

3. Manajemen Konstruksi

Cabang ilmu sipil ini bisa jadi penentu apakah suatu proyek konstruksi dapat selesai tepat waktu. Pasalnya, dalam Manajemen Konstruksi dipelajari tentang penjadwalan pekerjaan, rancangan anggaran biaya proyek, pengembalian modal, perizinan bangunan, pengorganisasian pekerjaan dilapangan, monitoring proyek konstruksi, hingga aspek hukum dalam pembuatan dokumen lelang. Oleh karenanya, dari cabang ilmu sipil inilah terlahir para manajer proyek pembangunan ataupun manajer proyek pada perusahaan konstruksi.

 

4. Hidrologi

Cabang ilmu sipil ini terkadang disebut sebagai Hidrologi, Hidrolika, atau Rekayasa Pengairan. Secara spesifik, ilmu hidrologi air terkait dengan curah hujan, cuaca, banjir, debit air sungai, dan lain-lain. Hidrolika lebih berkenaan dengan tekanan air, sifat material air, daya dorong air, dan lain sebagainya. Breakwater, drainase, kanal, bendungan, waduk, irigasi, atau pelabuhan adalah wujud aplikasi Hidrologi dalam Teknik Sipil. Jadi, bila nantinya menjadi mahasiswa Teknik Sipil dalam cabang ilmu ini, kamu akan belajar tentang air, pengendalian, distribusi, hingga permasalahannya.

 

5. Teknik Lingkungan

Ketebak dari namanya? Pada cabang ilmu ini, kamu belajar tentang isu-isu lingkungan seperti teknik penyehatan, polusi udara, polusi suara, pencemaran sungai, pengelolaan air kotor, pengelolaan limbah, serta sarana dan prasarana air bersih.

 

6. Transportasi

Mahasiswa Teknik Sipil yang mendalami tentang sistem Transportasi akan belajar tentang pemodelan transportasi, sistem transportasi, konstruksi bandara, jalan rel, geometrik jalan raya, konstruksi jalan raya, hingga rekayasa lalu lintas. Berada dalam cabang ilmu sipil ini, kamu akan terlibat dalam perencanaan hingga penerapan ilmu transportasi dalam kehidupan manusia.

 

7. Informatika Teknik Sipil

Masih terbilang baru, dalam cabang ilmu sipil ini dipelajari tentang penerapan komputer untuk pemodelan atau perhitungan suatu sistem dalam proyek pembangunan maupun penelitian. Mahasiswa Teknik Sipil yang mendalami Informatika akan berkawan akrab dengan Pemodelan struktur bangunan (CAD), pemodelan limbah atau pergerakan air tanah, ataupun pemodelan lingkungan (GIS).

 

Dari kesekian cabang ilmu sipil, mana nih yang paling menarik minatmu? Ups, udah mutusin belum sih, kalau kamu mau kuliah di Jurusan Teknik Sipil?

Lebih masukan Blog

15 Akun Instagram Ini Berbagi Info Beasiswa – Iya, Cuma Buat Kamu

Apa sih, manfaat Instagram buat kamu? Nggak ada salahnya kok, asyik-asyikan di Instagram. Tapi...

4 Kebiasaan Pelajar Ini Saatnya Diubah

Emang nggak enak sih, kalau orang ngasih tau kita punya kebiasaan buruk. Tapi terkadang ada...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru