redesain-navbar Portlet

null

Blog

Persiapan Kuliah: 5 Perlengkapan dan Peralatan untuk Calon Mahasiswa Baru

Persiapan untuk kuliah sangat dipengaruhi oleh keadaan dan kebutuhan Sobat Pintar masing-masing.

Sudahkah Sobat Pintar tahu apa saja persiapan untuk kuliah? Dunia kuliah bakalan cukup berbeda dari masa-masa sekolah. Tanpa persiapan masuk kuliah yang tepat, semester pertama-kedua di universitas bisa jadi akan membuatmu merasa koprol depan-belakang bergantian.

It surely won't happen to every body. Tapi nggak ada salahnya kepoin persiapan masuk kuliah sedari sekarang, kan? Yuk, catet deh, apa saja perlengkapan kuliah mahasiswa baru yang perlu kita siapkan.

 

1. Alat Tulis

Photo by Mike Petrucci on Unsplash

Alat tulis kuliah sebenarnya nggak jauh-jauh amat dari alat tulis sekolah. Selain kebiasaan pribadi, kita hanya perlu menyesuaikan kebutuhan alat tulis kuliah dengan jurusan masing-masing.

Misalnya, jika selama sekolah Sobat Pintar terbiasa menggunakan buku tulis alih-alih kertas lembar dan binder, sah-sah aja kok kalau mau tetep pakai buku tulis biasa sebagai alat tulis kuliah. Tapi kalau kuliah di jurusan Seni Lukis atau Arsitektur, misalnya, Sobat bakalan lebih sering menggunakan buku gambar ketimbang buku tulis.

Kebutuhan alat tulis kuliah mahasiswa di tiap jurusan juga berbeda. Mahasiswa Arsitektur membutuhkan pensil gambar yang nggak bakal dibutuhkan mahasiswa Akuntansi, misalnya.

Jadi, tak ada keharusan untuk menggunakan alat tulis kuliah tertentu ya, Sobat. Namun biasanya alat tulis kuliah itu mencakup buku catatan, pensil, bolpoin, spidol, highlighter, post-it notes, dan lain-lain. Sesuaikan saja alat tulis kuliah yang disiapkan dengan kebutuhan pribadi masing-masing ya, Sobat!

 

2. Laptop

Photo by StartupStockPhotos on Pixabay

Sebagai salah satu items persiapan masuk kuliah, laptop udah sama wajibnya kayak buku tulis dan bolpoin nggak, sih? Mulai dari belajar sampai ngerjain tugas, kita pasti bakalan butuh laptop. Boleh dibilang, IP kita tergantung pada benda yang satu ini – baik di masa kuliah dari rumah saat pandemi maupun di masa-masa normal.

Kalau Sobat Pintar akan kuliah di jurusan seperti Teknik Informatika atau Sistem Informasi, laptop pasti menjadi salah satu perlengkapan kuliah mahasiswa baru yang terbilang wajib. Laptop yang dibutuhkan oleh mahasiswa Seni Tari pasti berbeda dari kebutuhan laptop mahasiswa Ilmu Komputer. Jadi, sesuaikan laptop dengan kebutuhan dan budget masing masing, ya!

 

3. Text Books

Photo by Free-Photos on Pixabay

Whichever you call it: text books, buku teks, buku pegangan, atau yang lain – yang pasti, kita bakal butuh buku-buku referensi kuliah. Persiapan untuk kuliah yang satu ini agak sulit diprediksi. Apalagi, tiap-tiap dosen bisa merekomendasikan buku teks yang berbeda.

How should we deal with it, then? Sobat Pintar bisa pinjam buku teks dari kakak tingkat – kalau ada yang dikenal. Atau kalau tidak, kita nabung dulu sebagai persiapan masuk kuliah. Nanti ketika saatnya tiba harus membeli buku teks, budget kita sudah siap. Sobat Pintar tahu trik terakhir? Buruan ke perpustakaan kampus! Pinjam bukunya sebelum keduluan mahasiswa lain.

 

4. Pakaian Kuliah

Photo by Lum3n on Pexels

Pakaian kuliah juga harus disiapkan sebelum masuk kuliah? Iya, Sobat! Bahkan, persiapan untuk kuliah yang satu ini sering terabaikan oleh calon mahasiswa baru. Padahal setelah masuk sekolah dengan berseragam selama ini, pakaian bisa menjadi perlengkapan kuliah mahasiswa baru yang cukup penting.

Pakaian persiapan masuk kuliah bisa berupa kemeja, celana atau rok berbahan kain, jaket (bukan almamater), dan lain-lain. Beberapa fakultas, misalnya Kedokteran atau Keperawatan, mengharuskan mahasiswi mengenakan rok di semester-semester awal – tapi beda kampus, beda ketentuan ya, Sobat.

Saking berbedanya, bahkan ada kampus yang membolehkan mahasiswanya memakai kaos, celana berbahan denim, atau mengenakan sepatu dengan model terbuka (sepatu sandal). Tiap dosen pun biasanya punya ketentuan berpakaian yang berbeda bagi mahasiswanya. Jadi, jangan lupakan outfit-mu dalam persiapan masuk kuliah, ya!

 

5. Peralatan Pribadi

Photo by Zen Chung on Pexels

Karena jadwal kuliah berbeda dari jadwal sekolah, peralatan pribadi menjadi item penting kalau harus ngampus. Kita bisa mulai dari kebiasaanmu selama ini, misalnya botol minum, lunch box, perlengkapan ibadah, dan lain-lain. Again, persiapan untuk kuliah yang satu ini pun sangat tergantung pada kebutuhan pribadi masing-masing.

Sebagai contoh, mahasiswi mungkin memerlukan pembalut, peniti, ikat rambut, kosmetik, tissue, atau items lain untuk persiapan masuk kuliah. Barangkali ada juga mahasiswa yang harus bawa berbagai macam gadget saat ke kampus. Yes, we can be very different in terms of personal items.

 

Sudah siap dengan persiapan untuk kuliah versimu sendiri, Sobat Pintar? Berbagai perlengkapan dan peralatan di atas masih bisa kita siapkan sembari kuliah. Namun ada yang lebih penting untuk kita siapkan sebagai calon mahasiswa baru, yaitu kondisi psikis.

Menjalani perubahan dari sekolah ke kuliah memang terasa exciting, tapi bisa juga menjadi stressful bagi sebagian orang. Sobat Pintar yang sedang melakukan persiapan kuliah di luar negeri mungkin merasakan mixed feelings seperti itu. But don't give in yet, Sobat Pintar.

Who knows, barangkali kelak Sobat harus melakukan persiapan kuliah S2 – akan ada fase mixed feelings lagi di masa depan. Just do your best to enjoy each preparation process. If it should happen more than once, it highly likely means good, then.

150

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet