APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Pertanian, Basi? Lihat Dulu 4 Jurusan Ini

Jurusan Pertanian

photo via www.scientificeuropean.co.uk

Kalau dibanding Teknik Informatika atau Desain Komunikasi Visual, rasa-rasanya Pertanian jauh dari menarik sekarang ini. Padahal, seiring waktu, bidang pertanian juga tak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi. Misalnya saja, pada jurusan-jurusan dibidang pertanian berikut ini, kamu tak hanya belajar tentang cara mencangkul dan menanam padi.

 

1. Teknologi Industri Pertanian

Jurusan ini dikenal juga sebagai Agroindustri. Disini, mahasiswanya belajar tentang bagaimana mengolah hasil-hasil pertanian agar menghasilkan produk yang berkualitas. Jika kamu tertarik pada pengolahan pasca panen, disinilah kamu bisa mengenal lebih jauh tentang teknologi dibidang pertanian – bahkan, menciptakan penemuan-penemuan baru yang inovatif.

 

2. Agroekoteknologi

Terbilang unik, jurusan ini seolah merupakan gabungan dari Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Ilmu Tanah, serta Agronomi. Kemampuan mahasiswanya dalam berpikir analitis, keatif, dan eksploratif tak perlu diragukan lagi. Kamu punya minat pada tumbuhan, pertumbuhan, pengolahannya, dan segala sesuatu tentang dunia botanikal? Inilah jurusan yang tepat untukmu karena Agroekoteknologi adalah pertanian dimasa depan. Selain mempelajari tentang pertaniannya, kamu juga akan belajar tentang bagaimana melestarikan lingkungan dan berinovasi dengan teknologi.

 

3. Ilmu Tanah

Sempat disinggung diatas, Ilmu Tanah juga berdiri sendiri sebagai satu jurusan. Apa pentingnya sih, belajar tentang tanah? Eitts, bukankah semua industri berada di atas tanah? Tak hanya pertanian, tapi perkebunan, tata guna lahan, kehutanan, konservasi tanah, perencanaan dan pengembangan wilayah, rehabilitasi lahan perikanan, hingga pertambangan memerlukan alumni jurusan ini. Dengan kata lain, disini kamu nggak cuma belajar tentang tanah pertanian, melainkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan. Karena cakupannya yang luas, Jurusan Ilmu Tanah dikenal juga sebagai Jurusan Manajemen Sumberdaya Lahan.

 

4. Rekayasa Pertanian

Nah, kalau jurusan yang satu ini lebih dekat dengan dunia pertanian, Sobat Pintar – pertanian modern, ya! So, mahasiswa Rekayasa Pertanian belajar tentang ilmu pertanian konvensional sekaligus rekayasa biosistem sehingga dapat membangun dan mengelola suatu sistem pertanian yang kekinian. Tujuan akhirnya sama dengan pertanian pada umumnya, yaitu meningkatkan kualitas hidup dengan swasembada kebutuhan pokok.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Itulah empat jurusan atau program studi yang akan mengubah wajah pertanian dimasa depan. Emang udah nggak jamannya lagi kalau nyangkul, Sobat Pintar. Justru, bagaimana kita dapat menggunakan ilmu yang diperoleh selama kuliah untuk memperoleh dan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi diri sendiri dan orang lain.

170

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
makasih infonya kk .
00
banyakin info tentang pertanian
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog