APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Pilih E-Learning-mu pada 9 Kampus Ini

Perkuliahan secara daring telah menjadi keniscayaan pada masa ini.

Kuliah Online, photo via i0.wp.com

E-learning atau program kuliah online/ daring menjadi bagian dari perkembangan dunia pendidikan pada masa Revolusi Industri 4.0 ini. Although it's relatively unfamiliar for most people in the country, e-learning isn't something too sophisticated in universities around the globe.

Dan kampus mana saja yang sudah menerapkan e-learning di Indonesia? Aku Pintar berbagi informasinya denganmu.

 

1. Universitas Gadjah Mada

UGM punya program eLISA (eLearning System for Academic Community) untuk mendukung kuliah online-nya. Program yang dikembangkan oleh Tim Inherent UGM ini dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa. eLISA memungkinkan dosen dan mahasiswa meng-upload dan men-download bahan kuliah dan tugas, serta berdiskusi.

 

2. Institut Teknologi Bandung

Mahasiswa yang mengikuti kuliah online di ITB dapat menggunakan sebuah portal kuliah online, Blended Learning ITB. Portal berbasis ICT ini menyediakan bahan pembelajaran dari dosen yang bisa diakses oleh mahasiswa. ITB juga punya Studio E-learning di mana mahasiswa dapat membuat storyboard dan konten multimedia.

 

3. Universitas Indonesia

Perkuliahan online di UI, Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), telah bermula sejak 2002. Di kampus ini, kuliah online merupakan salah satu program perolehan kredit (credit earning). Selain PJJ, UI juga punya Computer Mediated Learning dan Student Centered E-Learning Environment yang seluruhnya dikembangkan oleh Computer Learning Resources (CLR) UI.

 

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Sharable & Reusable eLearning ITS (Share ITS) adalah sistem pembelajaran online yang digunakan di ITS. Virtual class di Share ITS memungkinkan semua mahasiswa ITS di manapun berada untuk mengikuti kuliah. Share ITS sendiri merupakan program Hibah TIK Inherent tahun 2006.

 

5. Universitas Bina Nusantara

Binus Online Learning adalah salah satu yang mengantarkan universitas ini menjadi PTS terbaik pertama di Indonesia menurut UniRank. Baiknya tata kelola kuliah online memang menjadi salah satu daya tarik kampus swasta ini.

 

6. Universitas Gunadarma

Sistem e-learning di universitas ini dikelola oleh Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI). Fasilitas kuliah online, seperti e-book, V-class, maupun SAP online, dapat diakses oleh mahasiswa dengan mudah meskipun terpisah gedung kuliah di berbagai lokasi.

 

7. Universitas Diponegoro

Sistem kuliah online di Undip dikenal dengan Kul-on. Selain menjadi media penyedia materi pembelajaran, Kul-on juga memberikan fleksibilitas waktu bagi dosen dan mahasiswa diluar jadwal kuliah tatap muka.

 

8. Universitas Padjadjaran

Unpad punya E-Learning Center yang menawarkan fasilitas Virtual Based Learning (Vabel). Disini mahasiswa dapat mengakses modul kuliah, berbagai referensi perkuliahan, bahkan materi kuliah lintas disiplin.

 

9. Universitas Airlangga

Proses belajar mengajar di Unair dapat dilakukan secara online melalui Airlangga University e-Learning Application (AULA). Selain menjadi pengalaman belajar tersendiri, kuliah online di Unair juga bertujuan meningkatkan penguasaan materi perkuliahan oleh mahasiswa.

 

Dibanding perkuliahan konvensional, e-learning membawa manfaat tersendiri. Misalnya, mahasiswa tak harus datang untuk kuliah di kampus, tak perlu kos, dan mereka yang bekerja sambil kuliah dapat tetap bekerja seperti biasa tanpa tertinggal perkuliahan.

Kemenristekdikti sendiri tengah melakukan uji coba sistem e-learning di beberapa kota, seperti Banda Aceh, Banjarmasin, Pontianak, Gorontalo, Manado, dan Yogyakarta. We all hope e-learning enhances the pursuit of knowledge at the university level.

410

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog