CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

PPDB Zonasi 2022 di Jakarta dan Provinsi Lain

Sebagian provinsi sudah menuntaskan PPDB 2022, sedangkan DKI Jakarta akan membuka PPDB tahap ke-2.

lolos ppdb zonasi, Photo by Barney Yau on Unsplash

Pendaftaran Jalur Zonasi SMA 2022 di kebanyakan provinsi berlangsung di akhir bulan Juni. Di Jawa Tengah, misalnya, PPDB online 2022 berlangsung mulai tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2022. Sementara itu, PPDB online 2022 di Kalimantan Tengah berlangsung mulai tanggal 27 sampai 30 Juni 2022.

Namun ada yang beda dengan PPDB DKI Jakarta, Sobat Pintar. Di provinsi ini, PPDB online 2022 tahap ke-2 dibuka mulai tanggal 4 sampai 6 Juli untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK.

 

Zonasi dalam PPDB 2022

cara daftar jalur zonasi sma
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Apakah PPDB 2022 masih zonasi? Kamu tentu sudah tahu jawabannya, Sobat. Betul, PPDB online 2022 masih menerapkan Sistem Zonasi. Di Jawa Timur, misalnya, kuota Jalur Zonasi SMA dan SMK masing-masing adalah sebesar 50% dan 10% dari pagu sekolah.

Pada dasarnya, Jalur Zonasi adalah jalur masuk calon siswa dalam PPDB online 2022 berdasarkan kedekatan domisilinya dengan sekolah tujuan. Zona sendiri merupakan pengelompokan sekolah berdasarkan lokasi dengan mengacu pada kriteria yang ditetapkan Dinas Pendidikan.

Kita, sebagai calon peserta didik baru, dapat memilih paling banyak tiga sekolah dalam PPDB Jalur Zonasi. Kalau kamu mau masuk SMA, ketiga sekolah pilihanmu bisa berada dalam satu zona yang sama. Atau, dua sekolah pilihanmu berada di dalam satu zona, sedangkan satu sekolah lagi berada di zona lain yang berbatasan.

Itu ketentuan atau cara daftar Jalur Zonasi SMA, Sobat Pintar. Beda lagi kalau kamu mau masuk SMK. Kamu bisa memilih paling banyak tiga Kompetensi Keahlian. Jika ketiganya berbeda, kamu bisa memilih satu sekolah. Kamu juga boleh memilih sekolah yang berbeda dengan pilihan Kompetensi Keahlian yang sama atau berbeda. Pada akhirnya, tiga pilihan yang kamu ajukan saat mengikuti PPDB Jalur Zonasi nanti tidak ada yang sama.

 

PPDB Tahap ke-2 DKI Jakarta

pendaftaran jalur zonasi sma 2022
Photo by Sicong Li on Unsplash

Pendaftaran Jalur Zonasi SMA 2022 di Jawa Timur di atas dijadwalkan berlangsung tanggal 1 dan 2 Juli 2022. Sementara itu, calon siswa SMK di Jawa Timur sudah memilih sekolah di PPDB online melalui Jalur Zonasi pada tanggal 28 dan 29 Juni 2022.

Bagaimana dengan PPDB DKI Jakarta tahap ke-2 yang masih akan berlangsung? Provinsi ini menerapkan prioritas zonasi PPDB 2022. Kalian yang mengikuti PPDB online 2022 DKI Jakarta tahap ke-1 pasti sudah familier dengan zona prioritas di bawah ini.

1. Zona Prioritas 1

Zona ini ditujukan bagi calon siswa yang berdomisili di RT yang sama dengan RT sekolah tujuan. Prioritas zonasi PPDB 2022 ini juga berlaku bagi calon siswa dengan berdomisili RT yang berbatasan atau bersinggungan langsung dengan RT sekolah.

2. Zona Prioritas 2

Zona ini ditujukan bagi calon siswa yang berdomisili di RT sekitar sekolah berdasarkan pemetaan.

3. Zona Prioritas 3

Zona ini ditujukan bagi calon siswa yang berdomisili sama dan atau berdekatan dengan kelurahan sekolah.

Oke, itu cara mendaftar Jalur Zonasi pada tahap ke-1. Kemudian, Provinsi DKI Jakarta mengadakan PPDB tahap ke-2 guna meminimalisir bangku kosong lantaran kurangnya pendaftar atau calon siswa yang tidak melakukan daftar ulang dari tahap sebelumnya. Menariknya, pada tahap ke-2 ini kamu dapat memilih sekolah tanpa terikat oleh aturan zonasi PPDB 2022. Akan tetapi, ada sederet ketentuan di bawah ini yang harus diperhatikan.

- PPDB tahap ke-2 jenjang SMP, SMA, dan SMK dilaksanakan di sekolah yang masih memiliki sisa kuota atau daya tampung setelah PPDB tahap sebelumnya berakhir.

- PPDB tahap ke-2 ditujukan bagi calon siswa dengan domisili DKI Jakarta yang tidak diterima di seluruh jalur PPDB tahap ke-1 dan belum pernah mendaftar di seluruh jalur PPDB.

- Ketentuan PPDB Jalur Zonasi SMP maupun PPDB Jalur Zonasi SMA dan SMK tidak berlaku pada tahap ke-2.

- Calon siswa dapat memilih paling banyak tiga sekolah.

- Calon siswa yang belum diterima di sekolah tujuan dapat mendaftar di sekolah lain selama jadwal pendaftaran PPDB tahap ke-2 berlangsung.

- Jika jumlah calon siswa yang mendaftar melebihi daya tampung, maka dilakukan seleksi berdasarkan total pembobotan indeks prestasi akademik, lalu berdasarkan urutan pilihan sekolah, lalu waktu mendaftar.

- Calon siswa yang sudah diterima sementara di sekolah tujuan tidak dapat mengganti pilihan sekolah lain.

- Calon siswa yang sudah diterima wajib daftar ulang sesuai jadwal.

Jika mengikuti PPDB tahap ke-2 ini, kamu enggak perlu pusing cari cara pindah Jalur Prestasi ke Zonasi maupun sebaliknya, Sobat Pintar. Masa pendaftaran PPDB tahap ke-2 DKI Jakarta ini dijadwalkan akan berlangsung mulai tanggal 4 sampai 6 Juli 2022. Pengumuman dijadwalkan tanggal 6 Juli 2022 pukul 17.00 WIB dan kalian yang lolos wajib melakukan daftar ulang atau lapor diri dalam dua hari, yakni tanggal 7 dan 8 Juli 2022.

Selamat berjuang di PPDB tahap ke-2 ya, buat Sobat Pintar yang ada di Jakarta. Nah, kalian yang baru saja lolos PPDB zonasi, punya tips lulus PPDB zonasi 2022 apa, nih?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog