APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

President University: Semua tentang Perkuliahan dan Biaya Kuliah

Menjadi mahasiswa baru di President University, ketahui semua hingga biaya kuliah dan jalur masuk.

President University, photo by ID 12019 on Pixabay

President University, Cikarang, adalah sebuah universitas swasta di Jawa Barat. Sobat Pintar sudah tahu apa saja jurusan di President University? Apakah jurusan incaranmu ada di sini? Bagaimana pula dengan biaya kuliahnya? Apakah ada peluangmu untuk mendapatkan beasiswa jika kelak kuliah di President University? Baca terus sampai tuntas, ya!

 

Tentang President University, Kampus Internasional di Cikarang

President University pada mulanya adalah Sekolah Tinggi Teknik Cikarang. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada 2004, institusi sekolah tinggi ini secara resmi menjadi universitas, yaitu President University Cikarang seperti yang kita kenal sekarang.

Bertanya tentang apa itu President University, tak lengkap bila tak menyebutkan Bapak Setyono Djuandi Darmono, Presiden Direktur PT Jababeka Tbk ketika universitas swasta ini berdiri. Jika Sobat Pintar tahu, Jababeka sendiri merupakan sebuah kawasan industri yang menaungi 1700 perusahaan multinasioal.

Meskipun terbilang muda, President University Cikarang memiliki visi menjadi institusi pendidikan yang terkemuka secara global. Guna menwujudkan visi tersebut, segala tentang President University adalah tentang sistem pendidikan yang sejalan dengan perkembangan global.  Oleh karena itu, universitas swasta ini memiliki jalinan kerja sama dengan puluhan perusahaan dan perguruan tinggi di berbagai negara di dunia.

Wah, menarik bukan, bahwa ada sebuah kampus swasta yang dikelilingi oleh begitu banyak perusahaan multinasional? Bahkan, Jababeka sendiri, sebagai lokasi President University, merupakan salah satu kawasan industri yang terbesar di Asia Tenggara loh, Sobat! Jadi, jangan heran ya, kalau kegiatan perkuliahan di President University Cikarang seluruhnya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Untuk perkuliahan 2021/2022, President University Cikarang mengembangkan kurikulum yang sejalan dengan Kampus Merdeka. Artinya jika menjadi mahasiswa President University, Sobat Pintar dapat mengambil mata kuliah di luar jurusan yang dipilih, mengikuti kegiatan atau mengambil mata kuliah di luar President University (scholarship, mentorship, atau internship) selama satu tahun, dan berpeluang lulus kuliah S1 dalam waktu tiga tahun.

 

President University: Fakultas, Jurusan, dan Akreditasi

Pada data Badan Akreditasi Nasional Perguruuan Tinggi (BAN-PT), tercatat bahwa akreditasi President University saat ini ialah A. Bagaimana dengan fakultas dan jurusannya? Dan apa sajakah fakultas serta jurusan di President University? Berikut ini selengkapnya tentang fakultas di President University, beserta jurusan dan akreditasinya masing-masing.

Faculty of Business

Accounting (A), konsentrasi: Auditing, Managerial Accounting, Taxation, Capital Market

Business Administration (A), konsentrasi: Digital Business, Global Business, Retail Business, Wealth Management and Financial Planning, Family Business, Hospitality and Tourism Business

Management (A), konsentrasi: Banking and Finance, Digital and Contemporary Marketing, Human capital Management, International Business

Actuarial Science (C)

Faculty of Engineering

Civil Engineering (B), konsentrasi: Construction Management, Transportation Infrastructure

Industrial Engineering (B), konsentrasi: Manufacturing System, Technopreneurship, Logistics and Supply Chain

Mechanical Engineering (B), konsentrasi: Automotive Manufacture, Energy Conversion, Materials, Mechatronics

Electrical Engineering (A), konsentrasi: Control Systems, Power Systems, Communication Systems, Electronic and Embedded Systems

Environmental Engineering (B), konsentrasi: Environmental Management, Industrial Waste Management

Faculty of Computer Science

Visual Communication Design (B), konsentrasi: Graphic Design, Visual Communication Multimedia

Information Technology (A), konsentrasi: Database Design, Networking, Programming, Web Design, Mobile Computing

Information System (A), konsentrasi: e-Business and e-Commerce, Management Information System, Business Intelligence, Decision Support System, Multimedia System, Information System Audit and Control, Information System Security, Computer Animation and Game

Faculty of Humanities

International Relations (B), konsentrasi: Diplomacy, Defence Studies

Communication (B), konsentrasi: Public Relations, Film, TV/Broadcast Journalism

Law (A), konsentrasi: Corporate Law, International Law

Primary School Teacher Education (B)

 

Biaya Kuliah dan Peluang Beasiswa di President University

Menurut ketentuan beasiswa President University untuk mahasiswa angkatan 2017 dan seterusnya, biaya pendidikan mahasiswa reguler tanpa subsidi sebesar Rp30 juta per semester. Sementara itu, skema beasiswa President University sendiri terbagi ke dalam beasiswa jalur tes dan jalur rapor.

Beasiswa President University, baik jalur tes maupun rapor, terdiri dari beberapa pemeringkatan yang proporsional dengan minimum IPK dan persentase subsidi yang diberikan. Misalnya, untuk mendapatkan subsidi atau beasiswa pendidikan 100%, maka IPK minimum yang disyaratkan adalah 3,50. Potongan biaya kuliah juga diberikan bagi mahasiswa yang memiliki saudara kandung sedang kuliah atau alumni President University Cikarang.

Ada satu ketentuan menarik bagi mahasiswa baru President University Cikarang, yaitu wajib tinggal di asrama mahasiswa selama satu tahun pertama kuliah. Nah, biaya pendidikan yang disebutkan di atas tidak mencakup biaya asrama ya, Sobat.

Biaya kuliah President University mencakup uang semester, praktikum, dan biaya ujian semester. Sedangkan, mengacu pada ketentuan yang sama, biaya asrama sendiri sebesar Rp1,450 juta per bulan. Biaya-biaya lain yang perlu diperhatikan yaitu program matrikulasi sebesar Rp5 juta, biaya pembangunan sebesar Rp10 juta, dan TOEIC Rp2,5 juta.

Kalau begitu, jalur manakah yang dipilih saat mengikuti student admission di President University Cikarang? Pilihanmu cukup beragam, Sobat Pintar. Selain jalur tes dan jalur rapor, Sobat dapat mengikuti pendaftaran President University dengan menggunakan nilai UTBK, prestasi, ataupun tes online.

Selain itu, President University Cikarang telah mengembangkan President University Information System dalam pengelolaan data mahasiswa. Jika menjadi mahasiwa President University, Sobat Pintar wajib mengisi data registrasi dengan lengkap dan benar di laman PUIS President.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog