APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Prospek Cerah bagi Lulusan dari Jurusan-Jurusan Ini

Forbes merekomendasikan beberapa jurusan tertentu yang lulusannya berpenghasilan baik.

Prospek Cerah bagi Lulusan dari Jurusan-Jurusan Ini, photo credit AFP/Getty Images

Bisa dikatakan, memilih jurusan kuliah adalah hal yang personal. Salah satu sebabnya, masing-masing kita memiliki minat, bakat, dan kemampuan yang berbeda pada berbagai bidang. Sementara bagi sebagian orang, prospek penghasilan yang baik setelah lulus kuliah merupakan poin penting – atau bahkan yang terpenting.

Do you think the same way as well? When earnings is of the essence, why don't we take a global scale of stance. Who knows, perhaps your chance is somewhere beyond the border of our nation. Then, let's refer to Forbes, the global scale business magazine, and see what it says about college majors with the highest salary.

 

Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika

There are specifically nine majors whose graduates are happy with their earnings: Petroleum Engineering, Actuarial Mathematics, Building Science, System Engineering, Chemical Engineering, Computer Science, Statistics, Software Engineering, and Biotechnology. In the western education system, they're all called STEM subjects.

STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam sistem pendidikan kita berada pada rumpun Saintek, Beberapa jurusan, seperti Teknik Perminyakan, Ilmu Aktuaria, Matematika, Teknik Kimia, Ilmu Komputer, Statistika, maupun Software Engineering dapat kita jumpai pada beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Bagaimana dengan Building Science dan System Engineering? Sobat Pintar bisa mempertimbangkan Teknik Sipil atau Arsitektur yang berada pada bidang serupa. Memang lulusan kedua jurusan tersebut pada umumnya terkenal memiliki penghasilan yang baik.

Yang menarik, Bioteknologi merupakan bidang yang berkembang pesat saat ini. Namun sayangnya, Bioteknologi belum berdiri sebagai satu jurusan di PTN kita. Beberapa PTS, seperti Universitas Esa Unggul, Universitas Pelita Harapan, ataupun Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, bisa menjadi rujukan pertimbangan bila Sobat tertarik pada bidang ini.

 

Bisnis

According to Forbes, Business Analytics, Actuarial Science, Government, Construction Project Management, International Economics, International Relations, Sales and Marketing, Advertising, as well as Public Relations and Communications are promising college majors in business field. Apakah Sobat memang berminat pada salah satu jurusan tersebut?

Dalam sistem pendidikan tinggi kita, jurusan-jurusan yang masuk dalam kategori bisnis menurut Forbes antara lain Aktuaria, Administrasi Pemerintahan, Hubungan Internasional, Periklanan, Manajemen, Hubungan Masyarakat, Ilmu Komunikasi, dan Pemasaran. Jurusan-jurusan lain yang serupa pun bisa menjadi alternatif, Sobat.

Sementara itu, Business Analytics, Construction Project Management, dan International Economics belum dibuka sebagai satu jurusan mandiri dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Namun pengetahuan tentang ketiganya bisa Sobat peroleh dari matakuliah-matakuliah yang diajarkan pada jurusan yang relevan.

 

Humaniora

Humanities graduates may be satisfied with well-paid salary, even though it's relatively the lowest compared to Business and STEM graduates, according to Forbes. Alumni humaniora termasuk dari Jurusan Bahasa Jepang, Ilmu Politik, Filsafat, Sastra Inggris, Sejarah, dan Musik.

Other humanities majors include European History, Advertising Design, and Industrial Design. Bila tak menjumpainya pada pilihan jurusan kuliah, Sobat Pintar masih dapat mempelajari ketiganya pada Jurusan Hubungan Internasional maupun Desain Komunikasi Visual.

Tak mendapati jurusan pilihan Sobat pada rekomendasi Forbes? Jangan berkecil hati, Sobat Pintar masih bisa mempelajari bidang-bidang diatas pada jurusan yang paling dekat persinggungannya. Misalnya, Sobat Pintar bisa belajar tentang Bioteknologi pada Jurusan Biologi.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

The same way may be applied to other studies. Yang terpenting, jangan berhenti dan berpuas diri dengan sedikit pengetahuan yang telah dipelajari. Hopefully, the higher your quality, the higher the earnings that follows.

270

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog