redesain-navbar Portlet

null

Blog

Prospek Kerja 6 Jurusan Teknik Ini Dianggap Paling Cocok untuk Perempuan

Beberapa jurusan teknik tertentu lebih diminati oleh calon mahasiswi.

Jurusan Teknik, photo by ThisisEngineering RAEng on unsplash

Ada nggak sih, jurusan teknik yang cocok untuk perempuan? Barangkali Sobat Pintar pernah punya pertanyaan yang sama. Fakultas Teknik memang terkenal sebagai "gudang" mahasiswa. Bagaimana dengan mahasiswinya? Apakah ada jurusan tertentu di fakultas ini yang lebih "ramah" perempuan?

First thing first, menganggap bahwa tak semua jurusan teknik untuk wanita itu sebenarnya anggapan atau keyakinan yang usang. "So yesterday" lah! Sekarang ini bukan waktunya lagi untuk kita membuat dikotomi mana jurusan kuliah untuk lelaki, mana jurusan kuliah untuk perempuan.

Still, ada beberapa jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita di Fakultas Teknik. Ingin tahu apa saja jurusan yang diyakini lebih lady-friendly ini, Sobat? Nah, inilah enam jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita di Fakultas Teknik.

 

1. Teknik Biomedik

Tak banyak Jurusan Teknik Biomedik di Indonesia, tapi yang sedikit itu pun biasanya merupakan sempalan dari Jurusan Teknik Elektro. Uniknya, Teknik Biomedik banyak mahasiswinya – bahkan cenderung jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan Teknik Elektro. Bukan tanpa alasan bila Teknik Biomedik direkomendasikan sebagai jurusan teknik untuk wanita.

Selain sains, kita pun belajar tentang kesehatan dan teknologi kedokteran di Jurusan Teknik Biomedik. Boleh jadi cakupan keilmuan inilah yang membuat Teknik Biomedik menarik bagi calon mahasiswi. Dengan prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi, tak berlebihan bila Teknik Biomedik menjadi salah satu jurusan kuliah yang bagus untuk wanita.

 

2. Teknik Kimia

Kenapa Teknik Kimia disebut-sebut sebagai jurusan teknik untuk wanita? Rasio mahasiswa:mahasiswi di jurusan ini mampu mencapai 50:50, Sobat! Angka ini terhitung tinggi di Fakultas Teknik, lho.

Tingginya minat kaum Hawa untuk kuliah di Teknik Kimia tak lepas dari prospek kerjanya di bidang industri pangan, barang konsumsi, hingga kosmetik. Memang, prospek kerja Teknik Kimia untuk perempuan tak terbatas pada ketiga bidang tersebut. Sobat Pintar juga bisa bekerja di bidang industri petrokimia maupun minyak dan gas.

 

3. Teknik Industri

Ada ilmu-ilmu sosial di Teknik Industri. Apakah ini yang menyebabkan Teknik Industri menjadi jurusan teknik yang cocok untuk perempuan? Boleh jadi, Sobat.

Teknik Industri terbagi ke dalam tiga bidang keahlian, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, serta Sistem Industri dan Tekno Ekonomi. Somehow, Manajemen Industri menarik minat banyak mahasiswi ketimbang dua bidang yang lain. Dengan prospek kerja yang baik, sepertinya Teknik Industri memang jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita.

 

4. Teknik Sipil

Siapa bilang urusan bangunan di Teknik Sipil adalah pekerjaan pria? Peluang kerja lulusan Teknik Sipil wanita tak kalah dengan peluang lulusan pria, Sobat!

Surveyor, misalnya, adalah profesi yang bisa dilakoni oleh Sarjana Teknik Sipil, baik lelaki maupun perempuan. Bahkan, surveyor wanita pada umumnya lebih teliti dan cermat dalam memeriksa dokumen. Butuh apa lagi untuk menunjukkan bahwa Teknik Sipil adalah jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita, Sobat?

 

5. Teknik Elektro

Tak lengkap menyebutkan berbagai jurusan teknik tanpa turut menyertakan Teknik Elektro. Tahukah Sobat, apa sebabnya? Bidang ilmu teknik yang satu ini diyakini sebagai yang tertua. Dengan begitu, apakah Teknik Elektro adalah jurusan teknik yang cocok untuk perempuan?

Meskipun pada umumnya Teknik Elektro sering tak dihitung sebagai jurusan teknik untuk wanita, tetap saja ada wanita yang memiliki minat pada bidang kelistrikan. For you who want to study of electricity, your one best field of study is Electrical Engineering. Lagipula, prospek kerja Teknik Elektro untuk wanita pun terbuka lebar.

 

6. Teknik Pertanian

Teknik Pertanian juga menjadi salah satu rekomendasi jurusan teknik untuk wanita. Kok bisa? Di jurusan ini ada peminatan Mikrobiologi yang biasanya disenangi oleh para mahasiswi.

But there's more to Agricultural Engineering, Sobat. Prospek kerjanya terhitung sangat lady-friendly. Misalnya pada bidang industri pangan, alumni Teknik Pertanian biasanya bekerja di bagian R&D, QC, hingga pemasaran produk. Bukankah ini adalah jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita, Sobat?

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Itulah enam jurusan teknik yang cocok untuk perempuan di Fakultas Teknik. Tentunya, setiap kita memiliki pertimbangan yang berbeda dalam memilih suatu jurusan. Berbeda pilihan itu wajar karena minat dan kemampuan kita juga berbeda.

Bagaimana dengan pilihan jurusan kuliahmu, Sobat? Jika masih ragu menentukan jurusan kuliah terbaik untuk wanita, misalnya, gunakan saja Tes Penjurusan untuk membantumu.

0
60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet