APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Public Speaking: Sobat Juga Bisa!

Pelajar perlu memiliki keterampilan public speaking.

Public Speaking, photo via careersblog.warwick.ac.uk

Sobat Pintar tergolong pemalu yang jarang bersuara? Wah, perlu berlatih public speaking, nih. Public speaking bukan hanya tentang berbicara didepan audiens lho, Sobat. Justru agar dapat berdiri tegak didepan audiens, Sobat Pintar harus punya keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi. Dan apa lagi sih, yang perlu kita ketahui tentang public speaking?

 

Percaya Diri

As it's mentioned earlier, it takes confidence to stand before a group of audience. Rasa percaya dirilah yang membuat Sobat tak gemetaran saat berdiri, suara cukup keras dengan artikulasi yang jelas, dan materi yang disampaikan juga tak berlepotan.

Sebaliknya, semakin sering mengambil kesempatan berbicara di depan audiens, semakin tinggi pula rasa percaya diri. Jadi, berlatih public speaking justru bermanfaat bagi Sobat Pintar yang masih suka malu-malu bicara atau mengutarakan pendapat didepan orang lain.

 

Komunikasi yang Lebih Kompleks

Pada dasarnya, mengutarakan apa yang ada dibenak Sobat adalah salah satu definisi komunikasi. Dengan kata lain, public speaking sebenarnya juga salah satu teknik berkomunikasi. Sobat Pintar hanya perlu menyesuaikan caranya dengan jumlah orang yang dihadapi.

Karena pihak penerima pesan komunikasi Sobat lebih banyak (audiens), diperlukan kecakapan yang baik dalam menyampaikan pesan tersebut. Sobat Pintar harus dapat menguasai materi dan panggung, membaca keadaan audiens, mengendalikan emosi diri sendiri, dan pastinya berbicara untuk jangka waktu yang cukup lama seorang diri.

 

Keterampilan yang Perlu Dilatih

It definitely takes more than just confidence to deliver a speech. Jadi, jangan lekas down bila Sobat Pintar merasa tak kunjung terampil dalam public speaking, ya.

Berlatih dari yang sederhana saja dulu, Sobat. Misalnya, dengan lebih aktif dikelas dengan bertanya atau menjawab pertanyaan guru. Saat presentasi kelompok, gunakan kesempatan tersebut untuk berlatih berbicara di depan kelas.

Karena public speaking membutuhkan penguasaan materi yang baik, Sobat Pintar harus banyak membaca. Kemudian, ringkas bacaanmu menjadi poin-poin pendek untuk melatih persiapan public speaking.

Tingkatkan kemampuan Sobat dalam bersosialisasi, misalnya dengan mengikuti organisasi ataupun ekskul. Learn humor from everyone around you and use it when you're on stage. Lingkar pergaulan yang luas takkan membuat Sobat canggung saat berhadapan dengan orang lain – termasuk audiens.

Last but not least, practice makes perfect. Sering-seringlah berlatih di depan kaca sambil mencermati bagaimana bahasa tubuh Sobat saat berbicara. Berlatih mandiri juga membantu Sobat untuk memantau berapa lama waktu yang diperlukan.

 

Public speaking isn't a skill to master in one shot. Tapi sebagai pelajar, public speaking penting karena berguna dalam debat, menyampaikan argumen, bernegosiasi, hingga bicara empat mata sekalipun. So, don't hesitate to take any chance available to practice your public speaking skill, anytime.

600

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
baiklah saya coba melalakukanya
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog