APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ragam Rekomendasi Pekerjaan untuk 4 Tipe Kepribadian DISC

Ketahui apa saja rekomendasi pekerjaan yang dianggap cocok untuk tipe kepribadianmu.

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Profesi pekerjaan ada bermacam-macam. Melakoni suatu pekerjaan dan menyandang profesi tertentu adalah sesuatu yang tak terelakkan saat kita menjadi dewasa. Dengan bekerja, seseorang memiliki sarana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan penting dalam hidupnya. Pekerjaan juga memberi kita kesempatan untuk belajar dan berkembang, bahkan meniti jenjang karier buat yang ambis.

Namun sebenarnya sekadar memiliki profesi pekerjaan saja tidak cukup, Sobat Pintar. Tak sedikit orang yang tak punya pilihan melainkan harus bekerja dalam keadaan yang tak sepenuhnya disukainya – kalau bukan tak sehat, baik secara fisik maupun psikis. Segelintir saja orang yang beruntung dan memiliki kesempatan untuk kerja sesuai kepribadian dan passion. Apakah kamu bakal menjadi sedikit orang yang beruntung itu?

Tergantung bagaimana kamu mendefinisikan "beruntung" itu, Sobat. Asal kamu tau, kerja sesuai dengan kepribadian dan passion itu penting banget. Mengapa tipe kepribadian sangat penting dalam karir?

Kerja sesuai kepribadian dan passion dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dan membuat lebih bahagia. Seseorang yang memiliki passion dalam pekerjaannya cenderung lebih termotivasi dan bersemangat dalam bekerja, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja.

Akan tetapi, pekerjaan yang tidak sesuai dengan kepribadian dan passion dapat menyebabkan stres, kelelahan, dan ketidakpuasan. Seseorang yang enggak happy dengan pekerjaannya membutuhkan usaha yang jauh lebih keras agar merasa percaya diri dan meraih kesuksesan. Itulah sebabnya, profesi pekerjaan dapat membuat hidup kita menjadi lebih bermakna atau justru sebaliknya.

Dalam Tes Kepribadian, kita mengenal empat tipe kepribadian DISC serta profesi pekerjaan yang direkomendasikan untuk tiap-tiap tipe kepribadian tersebut. DISC sendiri merupakan tipe-tipe kepribadian yang disusun oleh Dr. William Moulton Marston, seorang psikolog Universitas Harvard. Psst... spoiler alert-nya, Dr. Marston adalah pencipta karakter Wonder Woman untuk DC Comics

Oke, enough for the spoiler. Justru penasaran nih, apa itu tipe kepribadian DISC? Dalam DISC, ada tipe kepribadian Dominance, Influence, Stadiness, dan Compliance. Berikut rekomendasi pekerjaan untuk tiap-tiap tipe – baca sampai selesai, ya!

 

1. Dominance

pekerjaan yang cocok untuk Steadiness
Photo by Artur Voznenko on Unsplash

Mau tau apakah ciri umum tipe kepribadian Dominance? Tipe Dominance cenderung dominan, bahkan agresif dalam mencapai tujuan. Seorang Dominance suka memimpin atau berada dalam situasi yang memberinya kesempatan untuk menguasai, memiliki kontrol, atau pengaruh. Dengan tipe kepribadian tersebut, lantas tipe Dominance cocok kerja apa? Pekerjaan yang cocok untuk Dominance antara lain:

- Manajemen, seperti manajer proyek atau kepala departemen

- Negosiasi atau penjualan, seperti sales manager atau pengacara

- Pembuatan keputusan, seperti analis keuangan atau akuntan

- Bidang teknologi, seperti chief technology officer (CTO) atau direktur teknologi informasi (CIO)

- Bidang militer atau keamanan, seperti komandan tentara atau polisi.

 

2. Influence

pekerjaan yang cocok untuk Influence
Photo by Alexander Suhorucov on Pexels

Ciri khas tipe kepribadian Influence adalah komunikatif, ekstrovert, senang berinteraksi dengan orang lain, senang diperhatikan, bahkan memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain. Lantas apa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk Influence? Beberapa contoh pekerjaan untuk Influence antara lain:

- Bidang pemasaran atau public relations, seperti account executive atau penasihat komunikasi

- Bidang hiburan, seperti bintang film atau musisi

- Bidang penjualan, seperti sales representative atau konsultan properti

- Bidang politik, seperti politisi atau lobbyist

- Bidang pendidikan, seperti guru atau konselor.

 

3. Steadiness

pekerjaan yang cocok untuk Dominance
Photo by processingly on Unsplash

Tipe kepribadian Steadiness dicirikan oleh kemampuannya untuk menjaga kestabilan emosi. Seseorang dengan tipe kepribadian ini cenderung menghargai kerja keras dan rutinitas. Si Steadiness lebih suka menghindari konflik sehingga amat menghargai komunikasi yang efektif dan kooperatif. Tak heran bila tipe kepribadian ini merupakan tim player yang baik. Kalau begitu, apa rekomendasi karir untuk orang kepribadian Steadiness? Ini dia beberapa pekerjaan yang cocok untuk Steadiness.

- Bidang perawatan kesehatan, seperti perawat atau dokter

- Bidang pendidikan, seperti guru atau konselor

- Bidang administrasi, seperti sekretaris atau administrator kantor

- Bidang pengembangan kepribadian, seperti psikolog atau konselor karir

- Bidang keamanan atau pemeliharaan, seperti pengawas konstruksi atau teknisi pemeliharaan gedung.

 

4. Compliance

pekerjaan yang cocok untuk Compliance
Photo by Quang Anh Ha Nguyen on Pexels

Seseorang dengan tipe kepribadian Compliance cenderung untuk mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku. Rasa tanggung jawabnya tinggi, setia pada atasan dan organisasi, cenderung menghindari konflik sehingga dapat bekerja dalam tim dengan baik. Dengan kepribadian tersebut, pekerjaan yang cocok untuk Compliance antara lain:

- Bidang administrasi, seperti sekretaris atau administrator kantor

- Bidang perawatan kesehatan, seperti perawat atau teknisi laboratorium

- Bidang keselamatan, seperti petugas keamanan atau polisi

- Bidang teknik, seperti teknisi atau mekanik

- Bidang teknologi informasi, seperti teknisi dukungan atau administrator sistem.

Perlu diingat, kategori kepribadian dan rekomendasi profesi pekerjaan di atas tidak bersifat mutlak ya, Sobat Pintar. Tipe kepribadian sendiri digunakan dalam psikologi untuk menjelaskan perbedaan dalam pola perilaku, sikap, dan karakteristik yang diamati pada individu. Pada kenyataannya, kepribadian individu sangat kompleks dan banyak faktor yang memengaruhi seperti pendidikan, pelatihan, pengalaman, lingkungan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, tidak ada tipe kepribadian yang "sempurna" untuk sebuah pekerjaan tertentu.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog