APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rekayasa Pertanian: Daya Tarik Pertanian Masa Depan

Rekayasa Pertanian adalah salah satu jurusan kuliah di bidang pertanian.

photo via banten.co

Hayo ngaku, kamu suka main game bercocok tanam atau enggak, Sobat Pintar? Emang asyik main tanam-tanam sayuran, mengelola lahan pertanian yang terus bertambah luas dan fiturnya seiring peningkatan level, apalagi ada hewan-hewan ternaknya juga.

Akan tetapi, kalau udah pernah sekali saja langsung turun ke ladang atau sawah, mungkin kamu akan kehilangan minat main game tersebut. Bertani bukan pekerjaan yang ringan, namun kegiatan pertanian dan setiap orang yang terlibat di dalamnya memegang peran penting bagi kelangsungan hidup kita semua.

 

Ilmu tentang Pertanian


Photo by Erwan Hesry on Unsplash

Bayangin kamu bangun jauh sebelum matahari terbit, menuju kebun atau sawah, mengerjakan semua pekerjaan fisik di sana seharian sampai sore hari. Bayangin merawat setiap pokok yang kamu tanam, menghitung hari menunggu saat panen. Kemudian, hasil panen itu masih harus dijemur dan diangkat setiap hari, diproses, baru bisa dijual.

Bayangin kamu melakukannya saban hari, setiap tahun. Dibayangin aja, karena kalau kuliah di Jurusan Rekayasa Pertanian, kamu mungkin bisa memperbaiki keadaan tersebut.

Lho, bukan di Jurusan Pertanian? Beda dikit, Sobat. Kalau di Pertanian, bidang ilmunya diklasifikasikan dengan lebih spesifik, misalnya tentang hama atau tanah saja. Kalau di Rekayasa Pertanian, kamu akan mempelajari semuanya, mulai dari cara menanam, pengetahuan tentang tanah dan hama, nutrisi, dan sebagainya. Banyak banget yang harus dikuasai? Iya, karena tujuannya supaya kamu bisa membuat sistem pertanian yang modern.

 

Petani Anti Mainstream


Photo by Sandie Clarke on Unsplash

Jadi kuliah di perguruan tinggi hingga bergelar sarjana, tapi cuma untuk jadi petani? Eiits, jadi petani enggak pake kata cuma, ya. Kan udah dijelasin tadi, kalau bertani itu pekerjaan yang terbilang berat – jelas lebih berat dari rindu.

Namun seiring waktu, tantangan menjadi petani di era millennial ini tentu berbeda dari para petani pada generasi sebelumnya. Salah satu yang pasti, lahan pertanian sudah berkurang drastis. Kalau pak tani dulu bisa mencangkul berpetak-petak sawah, puluhan tahun ke depan mungkin kamu sudah tak bisa menemukan lahan untuk dicangkul.

Nah, di sinilah ilmu rekayasa yang kamu pelajari di perguruan tinggi akan berguna. Perubahan keadaan yang semakin tidak mendukung, sedangkan kebutuhan pangan semakin meningkat karena populasi manusia akan terus bertambah. Bagaimana kamu menyiasati keadaan tersebut?

 

Rekayasa Pertanian ITB


Photo by Markus Spiske on Unsplash

Di Jurusan Rekayasa Pertanian, seperti yang ada di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung, kamu akan belajar tentang Fisiologi dan Perkembangan Tumbuhan, Rekayasa Sumberdaya Air dan Lahan, Pengantar Rekayasa, Agroklimatologi, Genetika Pertanian, Teknologi Benih, Agroekologi, Peraturan dan Kebijakan Pertanian, Mikrobiologi, hingga Wirausaha, dan sebagainya. Bukan tak mungkin kegiatan pertanianmu juga akan melibatkan penggunaan robot ataupun drone.

Gimana? Keren gak tuh Jurusan Rekayasa Pertanian ini, Sobat Pintar? 

aplikasi tes jurusan kuliah
 

Eitts, memilih jurusan kuliah itu enggak sekadar keren-kerenan, loh. Penting banget buat kita kuliah di bidang ilmu yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Nah, biar kamu enggak sampai salah pilih jurusan, gunakan Minat Pintar ya, Sobat!

Minat Pintar juga dapat membantumu menentukan apakah Jurusan Rekayasa Pertanian memang cocok buat kamu. Siapa tau, barangkali kamu bakal mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Kamu juga bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pertanian Daerah atau Kementerian Pertanian. Melanjutkan kuliah dan menjadi dosen di almamatermu atau Jurusan Pertanian juga bisa menjadi alternatif yang menjanjikan.

Meskipun tak seindah kehidupanmu sebagai petani di dunia virtual, menggeluti bidang pertanian masih tetap menyenangkan dengan berbagai pilihan yang terbuka dimasa depan. Lagipula, konon katanya, sering melihat dan bergumul dengan tumbuhan dan hijau-hijauan akan membuatmu lebih bahagia – eh, kata siapa ya?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog