redesain-navbar Portlet

null

Blog

Rekomendasi Jurusan Kuliah Anak IPA 2020 – Adakah Pilihanmu Disini?

Beberapa jurusan IPA diyakini membawa peluang prospek yang lebih baik.

Jurusan Kuliah Anak IPA, image credit Chokniti Khongchum

Salah satu faktor penentu untuk kita memilih jurusan kuliah adalah bakat dan minat. Tapi ada pula faktor lain yang cukup penting, Sobat. Did you know it? Iya, prospek masa depan yang mungkin bisa kita raih berkat ilmu yang sudah dipelajari.

Such approach may be a more realistic one. Bahkan kalau masih bingung dengan bakat dan minat, kemampuan diri dapat mengarahkan kita pada pilihan jurusan kuliah yang kira-kira membuat masa depan kita cerah cemerlang.

Nah, jurusan-jurusan apa saja yang ilmunya sedang banyak dibutuhkan akhir-akhir ini? Kalau Sobat Pintar dari kelas IPA, khususnya, salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA berikut ini mungkin dapat menginspirasimu.

 

1. Pendidikan Dokter/ Kedokteran

Yup, bahkan sekarang pun kita sedang membutuhkan banyak pahlawan kemanusiaan ini: dokter. Indonesia hanya memiliki 4,27 dokter untuk 10.000 penduduk. Padahal, WHO merekomendasikan angka 1 dokter untuk 1000 penduduk. If you have what it takes to be a medical student, you should be able to contribute for humanity, Sobat.

Then, what does it take to be a medical student? Well, selain biaya, tentunya, calon mahasiswa FK harus menghasilkan skor UTBK yang tinggi. Persaingan masuk pada jurusan kuliah IPA ini sangat ketat, Sobat! Kemudian, mahasiswa FK juga harus menguasai ilmu tentang penyakit, pengobatan dan sistem tubuh manusia.

Selain jagoan Biologi, Sobat juga harus menguasai Kimia dengan baik agar dapat belajar dengan lebih baik sebagai mahasiswa FK. Kelak, Sobat dapat melanjutkan pendidikan untuk menjadi dokter anak, dokter pengobatan olahraga, atau spesialisasi kedokteran yang lain.

 

2. Psikologi

Wait, isn't Psychology supposed to be in social realm? Tak selalu, Sobat! Psikologi juga bisa menjadi pilihan jurusan untuk anak IPA. Psikologi memang ada yang menjadi bagian dari rumpun IPS, tapi ada pula Psikologi yang merupakan jurusan kuliah IPA.

Matakuliah Psikologi IPA lebih mengarah pada ilmu-ilmu Saintek. Pada kampus-kampus dengan Psikologi IPA, jurusan kuliah ini berada pada rumpun Saintek SBMPTN. Kampus-kampus Psikologi IPA tersebut antara lain Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Hasanuddin, dan lain-lain.

 

3. Matematika dan Terapannya

Boleh dibilang, Matematika adalah salah satu bidang keahlian anak IPA – betul apa tidak, Sobat? 'Menu' sehari-hari anak IPA ini bisa lanjut dipelajari dibangku kuliah, lho. Tepatnya, jurusan kuliah untuk anak IPA ini berada di FMIPA.

Tapi belajar Matematika ditingkat perguruan tinggi tak harus menjadi mahasiswa FMIPA – unless you want be a Math student. Selain sebagai ilmu murni, Matematika juga dapat dipelajari sebagai ilmu pengetahuan terapan seperti pada Jurusan Statistika ataupun Aktuaria. And yes, seluruhnya adalah jurusan untuk anak IPA.

Alumni Matematika biasanya dibutuhkan sebagai bagian dari tim lapangan dibidang pertambangan dan perminyakan. Sedangkan alumni Statistika, berbekal ilmunya tentang pengolahan data, biasanya dibutuhkan pada kegiatan survei badan statistika. Sementara itu, aktuaris biasanya banyak yang bekerja dibidang asuransi.

 

4. Teknik

FT dikenal menjadi gudangnya pilihan jurusan kuliah IPA. Iya, apapun pilihan jurusan teknikmu, tetap saja teknik tersebut adalah jurusan yang hanya bisa diambil oleh anak IPA.

Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Informatika adalah beberapa jurusan yang cocok untuk anak IPA. Selain itu, masih ada pula Teknik Nuklir yang sayup terdengar gaungnya namun alumninya semakin dibutuhkan.

Perlu diingat, masing-masing kampus memiliki penggolongan jurusan tekniknya sendiri. Walaupun tak selalu terkumpul di FT, engineering memang sudah dikenal sebagai jurusan kuliah IPA.

 

Bagaimana denganmu, Sobat? Are you now considering one of the studies above? Atau masih mencari jurusan yang cocok? Selain prospek kedepannya, jangan lupa pertimbangkan pula minat dan kemampuanmu, ya!

160

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp