APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Resmi Diluncurkan: Aku Pintar di Kemendikbud

Aku Pintar diluncurkan secara resmi di Kemendikbud.

Aku Pintar di Kemendikbud, photo credit Aku Pintar

Sobat Pintar, Aku Pintar telah diresmikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 7 Februari 2019. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh para orang tua beserta perwakilan siswa, guru, dan kepala sekolah SMP, SMA, serta SMK.

 

Pentingnya Mengenali Bakat Minat Sedini Mungkin

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Purwadi Sutanto, menyampaikan harapan beliau bahwa Aku Pintar dapat menginspirasi pelajar SMP, SMA, dan SMK untuk lebih mengenali bakat dan minat. Tahukah Sobat Pintar? Tak hanya membantu menentukan pilihan jurusan di SMK maupun di Perguruan Tinggi, bakat dan minat turut menentukan arah masa depanmu.

Lebih lanjut, Purwadi Sutanto juga menyampaikan peran penting orang tua dalam mencermati bakat dan minat anak. Apalagi, data ICCN (Indonesia Career Center Network) pada tahun 2017 menyebutkan bahwa lebih dari 71,7% orang bekerja pada bidang yang tak linier dengan latarbelakang pendidikannya.

 

Pengalaman, Guru yang Terbaik

Begitu pula yang dialami oleh CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko. Menyadari bahwa rekomendasi teman dan orang tua menjadi acuan utama dalam memilih jurusan kuliah oleh banyak pelajar, CEO Aku Pintar ingin Sobat Pintar tak melakukan kesalahan yang sama. Apalagi, data ICCN juga menyebutkan bahwa 87% pelajar dan mahasiswa tidak sekolah dan kuliah pada jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatnya.

 

Keputusan Masa Kini yang Berdampak pada Masa Depan

Peresmian Aku Pintar di Kemendikbud tersebut juga dihadiri oleh pemerhati pendidikan, Yohana Elizabeth Hardjadinata. Beliau turut menyampaikan bahwa kesalahan dalam memilih jurusan kuliah dapat berdampak pada tidak maksimalnya profesi yang digeluti. Tak hanya kemampuan dan keterampilan yang kurang berkembang, seseorang yang kuliah pada jurusan tak sesuai dengan bakat dan minatnya dapat berakibat pada prestasi yang rendah.

 

Belajar dan Berkembang bersama Aku Pintar

Senada dengan Purwadi Sutanto, Yohana Elizabeth Hardjadinata juga menyampaikan pentinya peran dan dukungan orang tua dalam mencermati dan membimbing anak agar mengetahui bakat dan minatnya. Dan, disinilah Aku Pintar turut membantu Sobat Pintar, terutama yang tengah duduk dibangku SMP, SMA, dan SMK, untuk memetakan diri agar kedepannya tak salah jurusan – begitulah yang disampaikan oleh CEO Aku Pintar.

Hasil penelusuran bakat dan minat Aku Pintar dapat digunakan oleh Sobat pelajar SMP untuk memilih satu dari 144 program keahlian yang ada di SMK saat ini, maupun menentukan untuk duduk dikelas IPA, IPS, atau Bahasa di SMA. Dan pastinya, Sobat Pintar juga dapat menggunakan hasil penelusuran bakat minat tersebut untuk memilih jurusan kuliah. Terlebih lagi, tes bakat dan minat ini dapat diikuti tanpa biaya. Sobat Pintar hanya perlu mengunduh aplikasi Aku Pintar pada Play Store smartphone.

Selain tes bakat minat, Sobat Pintar juga dapat belajar dan berlatih soal di Aku Pintar. Materi pelajaran dan latihan soal di Aku Pintar tersedia untuk seluruh pelajar dari kelas 7 hingga 12. Masih ada pula Cari Kampus, Cari Jurusan, dan fitur-fitur lain yang bermanfaat di aplikasi Aku Pintar.

Mengutip Yohana Elizabeth Hardjadinata, bila memperoleh pendidikan dan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat, Sobat Pintar pun akan bersemangat dan lebih bertanggung jawab dalam kuliah dan bekerja. Apakah Sobat Pintar sependapat?

630

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
alhamdulillah.. semoga ke depannya aku pintar menyediakan tes jurusan buat calon anak SMA.. biar gak bingung buat milih antara MIPA, IPS, dan bahasa. soalnya aku salah satu korbannya TT... dan sampai sekarang aku terjebak di jurusan yang aku tidak sukai TT
00
wow
00
mantap
00
min maaf, kok di pilihan universitas ndak ada universitas negeri jakarta, dan juga banyak jurusan² yang belum di perbaharui dari tahun² lalu.. saran dari aku lebih baik ditingkatkan lagi sarana informasinya agar lebih memudahkan pelajar mencari info 😊
00
kok yang Smp gak ada ips nya? sih:(
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog