APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Resolusi Tahun Baru untuk Pelajar

Tahun baru menjadi tonggak semangat baru bagi pelajar.

Resolusi Tahun Baru, photo by Isaac Smith on Unsplash

Bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun depan adalah sebuah keinginan yang baik. Mungkin goal yang Sobat bikin tahun kemarin belum sepenuhnya tercapai? Tak apa, kita masih bisa mengejar, mewujudkan, dan menambahnya lagi untuk tahun depan. Beberapa ide di bawah ini bisa menginspirasi resolusimu untuk tahun 2021.

 

Berusaha untuk Hidup (Lebih) Sehat

Photo by Emma Simpson on Unsplash

Iya, kita masih muda, masih sehat. Mumpung masih sehat, jagalah kesehatan itu, jangan disia-siakan. Nggak perlu nunggu sampai masuk rumah sakit dulu baru sadar kalau berkegiatan fisik yang aktif, olah raga, atau sekedar berangkat pagi masuk sekolah dengan hati riang adalah sebagian dari kenikmatan hidup yang patut disyukuri dan dijaga, bukan?

Tak harus muluk ikut tim basket sekolah, mulai dari yang sederhana saja. Misalnya, nggak telat-telat makan lagi, kurangi jajan fast food, bawa bekal makanan ke sekolah, atau hal sederhana lain yang bisa mulai dikerjakan. Old habits die hard, so take your time.

 

Kerjakan Sekarang, Jangan Nanti

Photo by Holly Mandarich on Unsplash

Buatlah agenda yang bisa digantung di dinding kamar – atau di spot manapun yang pasti nggak akan kelewat padanganmu. Tuliskan to do listmu, baik tugas, PR, janji, mau bikin sesuatu, atau apapun, di situ. Melihat visualisasi list itu, kita akan terus diingatkan bahwa ada sesuatu yang harus dikerjakan. Begitu ada waktu luang, kerjakan satu demi satu isi daftar yang sudah dibuat tadi.

Supaya list yang dibikin itu berkurang dan semakin pendek, coba kurangi durasi main game atau kegiatan-kegiatan lain yang dirasa kurang penting. Dengan memilih untuk mengerjakan apapun yang lebih penting itu sekarang dan mengabaikan hal lain yang kurang penting, maka kita akan terlatih untuk membuat prioritas, menentukan pilihan, dan membuat keputusan.

 

Berlatih Berhemat dan Menabung

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Masih tinggal sama orang tua? Inilah saatnya berlatih hemat dan menabung karena mungkin nanti saat kuliah kita harus tinggal di kota lain. Bila tak terbiasa mengatur keuangan dan pengeluaran pribadi, bahkan menabung, saat tinggal terpisah dari keluarga nanti budgetingmu bisa minus terus!

Lebih bagus lagi jika kita bisa nambah uang saku sendiri, misalnya dengan bikin online shop, endorsement, blogging, vlogging, atau mengerjakan part time jobs yang lain. Tapi kalaupun belum, yang penting kita bisa memilah pengeluaran: mana yang memang dibutuhkan dan mana yang sekedar keingininan.

 

Menjadi Pribadi yang Berprestasi

Photo by Giorgio Trovato on Unsplash

Punya goal jadi juara umum boleh-boleh saja. Tapi kalau prestasi akademik selama ini tergolong biasa-biasa saja, bukan berarti kita nggak bisa berprestasi. Berlatih untuk lebih percaya diri, belajar skill baru, join ekskul (atau UKM) baru, atau belajar bahasa asing baru juga termasuk cara berprestasi, lho!

Tentunya, sebagai pelajar, usahakan tahun depan ini kita nggak kena remedial (lagi?), dapet nilai-nilai (atau IP) bagus, atau bahkan mungkin bisa lolos beasiswa. Dan kalau Sobat sekarang sedang duduk dikelas XII SMA, pastinya salah satu goal tahun 2021 adalah lolos seleksi dan jadi mahasiswa di perguruan tinggi impian, bukan?

 

Jadi, bagaimana dengan resolusi tahun barumu, Sobat Pintar? Sudah fixed? Atau ada perubahan lagi setelah membaca ini?

1
820

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog