APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Sarjana Terapan, Ini Kelebihannya Dibanding Sarjana Biasa

Menjadi Sarjana merupakan impian setiap anak sekolah dan orang tua. Katanya, dengan menjadi Sarjana, kamu bisa diterima kerja di berbagai perusahaan mentereng. Namun apakah gelar Sarjana merupakan satu-satunya karpet merah buat jadi profesional? Kenalin nih, Sobat Pintar, gelar pendidikan tinggi: Sarjana Terapan!

Sarjana Terapan merupakan jenjang pendidikan Diploma Empat (D4) yang setara dengan jenjang Sarjana Strata Satu (S1). Keduanya dapat dikatakan setara karena bobot keilmuan Sarjana Terapan setara dengan bobot keilmuan pada jenjang S1. Akan tetapi, Sarjana Terapan punya beberapa kelebihan nih, Sobat. Yuk, simak apa saja kelebihan yang dimiliki oleh program dan lulusan Sarjana Terapan.

 

Lebih Banyak Praktik


 

Materi yang ada di mata kuliah S1 menitikberatkan pada 60% teori dan 40% praktek. Sementara pada Program Sarjana Terapan, lebih dari 60% proses perkuliahannya merupakan praktik dan sisanya teori. Komposisi perkuliahan Sarjana Terapan ini dirancang karena mengedepankan proyek yang dapat menghasilkan portfolio bagi mahasiswa. Kalau kamu lebih senang mempelajari sesuatu dengan langsung mempraktikkannya daripada menghafal dan menganalisis, tentunya program Sarjana Terapan menjadi pilihan yang tepat.

Sesuai dengan kurikulum selama perkuliahan, kedua jenjang studi ini memiliki aturan yang berbeda dalam syarat kelulusannya, terutama pada bentuk tugas akhir mahasiswa. Lulusan S1 umumnya harus menyelesaikan pembuatan Skripsi, sementara Sarjana Terapan wajib membuat Tugas Akhir.

Bedanya, Skripsi mewajibkan mahasiswa untuk melakukan studi dengan cara menggali, menganalisis, dan memecahkan fenomena atau kasus yang ada di masyarakat berdasarkan teori yang telah dipelajari. Penyusunan Skripsi membutuhkan penalaran secara ilmiah. Sedangkan pada Tugas Akhir, mahasiswa diharuskan untuk membuat karya atau memecahkan masalah yang ada di industri sesuai dengan kemampuan yang telah dilatih selama kuliah. Bahkan, mahasiswa program Sarjana Terapan juga bisa mengerjakan Tugas Akhir dengan membuat usaha/bisnis sendiri, loh!

 

Tidak Perlu Tambah Semester untuk Jadi Sarjana


 

Pada dasarnya lulusan Sarjana Terapan atau D4 setara dengan Sarjana atau S1, sehingga tidak perlu lagi melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar S1. Tidak seperti lulusan D1, D2, atau D3, mereka memerlukan waktu kuliah beberapa tahun lagi agar bisa lulus dengan gelar S1.

Sebagai contoh, lulusan D3 yang ingin mendapatkan gelar Sarjana harus berkuliah setidaknya 3-4 semester lagi agar bisa memenuhi bobot SKS minimum S1. Pemenuhan bobot SKS ini diwajibkan karena ada beberapa mata kuliah yang mungkin berbeda pada Program D3 dan S1. Alhasil, kamu harus kuliah lima hingga enam tahun untuk menjadi seorang Sarjana. 

Namun ketentuan di atas tidak berlaku untuk lulusan D4, Sobat Pintar. Setelah lulus Program D4, kamu tidak usah lagi kuliah karena, seperti telah disebutkan sebelumnya, jenjang pendidikan Sarjana Terapan itu setara dengan S1.

Program Sarjana Terapan juga memiliki rumpun program studi atau jurusan kuliah menarik yang bisa dipelajari layaknya Program S1. Bahkan jurusan kuliah di Program Sarjana Terapan lebih spesifik dan lebih dibutuhkan oleh industri dibandingkan Program Sarjana yang terlalu umum. Contoh jurusan kuliah pada program Sarjana Terapan antara lain Digital Animation, E-Commerce Logistics, dan Event Management.

 

Bisa Kuliah S2 dan Jadi Profesional Sekaligus Akademisi


 

Lulusan S1 memperoleh gelar Sarjana sesuai dengan program studi yang diambil, misalnya Sarjana Pendidikan (S.Pd), Sarjana Ilmu Komunikasi (S.IKom), atau Sarjana Ekonomi (S.E). Lulusan D4 juga meraih gelar Sarjana dengan kata Terapan di tengah gelar, misalnya S.Tr.Anim yang berarti Sarjana Terapan Animasi atau S.Tr.E-log untuk Sarjana Terapan E-Commerce Logistics.

Jika lulusan S1 bisa melanjutkan ke jenjang Magister atau yang lebih dikenal dengan sebutan S2, begitupun mahasiswa D4 yang telah lulus dan mendapatkan gelar Sarjana Terapan. Seorang Sarjana Terapan dapat melanjutkan studi ke jenjang Spesialis 1 (SP 1) atau Magister biasa dengan ketentuan yang ada di tiap-tiap universitas. Pilihan lainnya, seorang Sarjana Terapan juga bisa menjadi Magister Terapan karena di Indonesia telah tersedia jenjang S2 Terapan jika memang ingin menjadi praktisi di bidang yang spesifik.

Bagaimana dengan peluang kerjanya? Sarjana dan Sarjana Terapan memiliki peluang kerja yang sama dengan keunggulan masing masing. Akan tetapi, Sarjana Terapan lebih diutamakan untuk pekerjaan yang memerlukan portofolio atau hasil karya dari proyek-proyek yang dikerjakan selama masa kuliah.

Ingin menjadi CPNS atau bekerja di BUMN, Sobat Pintar? Sarjana Terapan juga boleh melamar kerja pada formasi dengan persyaratan S1 meskipun dengan gelar S.Tr, begitupun sebaliknya. Saat ini, seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan pegawai BUMN sudah menerima lulusan D4/Sarjana Terapan yang menyandang gelar S.Tr. Semuanya bergantung kepada kebijakan institusi masing-masing. Jadi, tidak perlu mengkhawatirkan masa depan pekerjaanmu setelah lulus kuliah D4, Sobat.

 

Sarjana Terapan Bisa Diraih di Politeknik


 

Politeknik merupakan program yang menjadi prioritas untuk diakselerasi sebagai bagian dari ekosistem vokasi di Indonesia. Dengan hadirnya politeknik, diharapkan siswa yang sebelumnya mengenyam pendidikan tingkat menengah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat melanjutkan studi tingkat tingginya di politeknik. Selain lulusan SMK, politeknik juga bisa menjadi alternatif pendidikan tinggi bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) yang ingin lebih meningkatkan kemampuan teknisnya dibandingkan kemampuan ilmiahnya.

Salah satu politeknik yang bisa menjadi pilihan bagi siswa sekolah tingkat menengah atau calon mahasiswa adalah Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP). MNP saat ini sedang meluncurkan program Penerimaan Mahasiswa Baru untuk tahun akademik 2023 dengan beragam penawaran beasiswa yang menarik. Politeknik yang menjadi bagian dari Kelompok Kompas Gramedia ini merupakan pendidikan tinggi yang menawarkan Program Sarjana Terapan yang setara dengan Program Sarjana di universitas. Program studi atau jurusan kuliah yang dapat menjadi pilihan di MNP adalah Jurusan Digital Animation, Jurusan E-Commerce Logistics, dan Jurusan Event Management.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog