redesain-navbar Portlet

Blog

Sekolah Sampai Tinggi: Pasti Bisa!

Yok, semangat belajar dan kuliah setinggi-tingginya!

jenjang pendidikan, Photo by Pang Yuhao on Unsplash

Siapa nih, Sobat Pintar yang sedari dulu punya cita-cita mau sekolah sampai tinggi? Sekolah, dalam artian bukan hanya pendidikan dasar dan menengah, ya. Selama masih punya keinginan untuk belajar dan menuntut ilmu, selama itulah kita masih punya semangat untuk sekolah. Nah, di jenjang yang lebih tinggi, kita biasa mengenalnya dengan kuliah.

Masih ada beberapa tingkatan pendidikan yang bisa diraih setelah lulus SMA/SMK/MA. Kuliah, entah di Program Diploma atau Sarjana, hanyalah tahapan awal di jenjang pendidikan tinggi. Kalau Sobat Pintar bisa meniti lebih tinggi lagi, kenapa tidak?

 

Menjadi Mahasiswa pada Jenjang Pendidikan Diploma atau Sarjana

tingkatan pendidikan
Photo by Kyle Gregory Devaras on Unsplash

Meskipun tak memberimu gelar Sarjana, Program Diploma membekalimu dengan ilmu-ilmu praktik yang cukup penting di dunia kerja. Waktu kuliahnya pun cukup singkat, Sobat Pintar bisa memilih durasi dua tahun, tiga tahun, atau empat tahun. Meskipun Program D4 dan S1 sama-sama membutuhkan waktu belajar empat tahun, cakupan ilmu yang dipelajari tak sama. Ulasan selengkapnya tentang jenjang pendidikan D1 sampai S1 dapat dibaca di sini.

Salah satu perbedaan yang terbilang cukup unik antara jenjang pendidikan sekolah dan kuliah adalah pengulangan. Kalau Sobat Pintar kurang puas dengan nilai rapor matpel Kimia, misalnya, ya udah enggak bisa ngapa-ngapain lagi. Sebagai mahasiswa, sebaliknya, Sobat Pintar bisa mengulang mata kuliah dengan nilai C di semester-semester depan saat mata kuliah tersebut ditawarkan kembali. Sayangnya, cara ini bisa memperpanjang waktu kuliahmu, Sobat.

Batas toleransi untuk menyelesaikan jenjang pendidikan S1 adalah tujuh tahun (14 semester). Bila sampai masa perpanjangan ini beban SKS atau skripsimu belum kelar juga, siap-siap menerima surat cinta (baca: DO) dari kampus, deh. Jadi, sebaiknya sih, enggak ada mata kuliah yang harus diulang biar kuliahmu enggak lama-lama, ya.

 

Menuntut Ilmu di Tingkatan Pendidikan yang Lebih Tinggi

sekolah sampai tinggi
Photo by Mohammad Shahhosseini on Unsplash

Perpanjangan masa kuliah pada jenjang pendidikan S1 perlu diperhitungkan kalau Sobat Pintar punya rencana untuk kuliah S2, bahkan kuliah S3. Ingat kan, tadi di awal bilangnya mau sekolah sampai tinggi?

Coba hitung, deh. Sobat Pintar lulus sekolah usia berapa? Kemudian, seandainya tepat waktu, lulus S1 dalam empat tahun dan lulus S2 dalam dua tahun. Kuliah S3 berapa tahun? Ehmm... Kuliah S3 butuh waktu minimal tiga tahun. Di banyak negara, batas maksimal kuliah S3 adalah tujuh tahun.

Akan tetapi, lantaran rumitnya kuliah S3 dan berbagai hal tak terduga selama melakukan penelitian, ada saja yang menyelesaikan Program Doktoralnya sampai 10 tahun. Bayangin, sudah usia berapa kira-kira Sobat Pintar saat meraih gelar Doktor S3 nanti?

 

Merencanakan Sukses Kuliah dengan Cerdas

sukses kuliah
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Bukan hanya usia, biaya juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan agar sukses kuliah dengan cepat. Kalau kuliah S1-mu sampai molor maksimal, bukankah orang tua juga harus mengeluarkan biaya lebih banyak? Jangan hitung UKT-nya saja, Sobat. Bagaimana dengan biaya bolak balik kampus – rumah/kos-kosan? Bagaimana dengan biaya fotokopi ini itu? Bagaimana dengan pengeluaran-pengeluaran lain yang tak direncanakan, dan seterusnya, dan masih banyak lagi. Makanya, kalau bisa lulus kuliah dengan lebih cepat, kenapa mesti berlama-lama?

Untungnya, saat ini sudah ada kampus yang menawarkan program fast track. Dengan fast track, kuliah S1 yang empat tahun dan S2 yang dua tahun (total enam tahun) bisa dituntaskan dalam lima tahun. Setelah itu, Sobat Pintar bisa segera melanjutkan kuliah S3.

Tapi kan, rumitnya kuliah S3 dan penelitiannya bakal membuatmu kuliah bertahun-tahun juga? Eits, tunggu dulu, Sobat. Sekarang ini sebagian kampus sudah ada yang mengintegrasikan jenjang pendidikan Doktoral pada program fast track yang ditawarkannya sebagai salah satu cara cepat lulus S3. Artinya, sukses kuliah dan meraih gelar Doktor S3 sekarang bisa dilakukan sebelum usiamu genap 30 tahun!

Kak Diva, misalnya, sukses meraih S3 di usianya saat ini yang masih 24 tahun. Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom., seorang lulusan S-3 termuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember, berbagi tips dan trik bagaimana Sukses Meraih S3 di Usia 20-an buat Sobat Pintar. Yuk, catet semua tips dan trik cara mendapatkan gelar Doktor di usia 20-an!

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet