APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Selain UGM, Apa Lagi Universitas di Jogja? Ini 5 Tambahan Referensi

Baik negeri maupun swasta, Jogja memiliki kampus-kampus terbaik tempat kuliah.

Universitas di Jogja, photo by Stephanie Hau on unsplash

Ngebahas tentang universitas di Yogyakarta, nggak afdol kalau Universitas Gadjah Mada tak diikutsertakan. Betul begitu, Sobat? Dalam berbagai versi pembahasan, UGM selalu mewakili universitas negeri yang ada di Yogyakarta. Tapi nggak cuma UGM yang ada di Yogyakarta lho, Sobat!

Sebagai kota (atau provinsi) pelajar, pasti ada banyak kampus di Jogja. Bahkan, tak sulit untuk mencari universitas swasta terbaik di Jogja.

Meskipun begitu, di mana saja sebenarnya tempat kuliah di Jogja? Saking banyaknya, kita bisa pusing "menerawang" lokasinya! Nah, biar nggak mumet mikirin tempat kuliah di Jogja, ayo kita langsung lihat saja lima kampus di Jogja ini – selain UGM.

 

1. Universitas Amikom Yogyakarta

Universitas yang ada di Jogja ini berdiri pada tahun 1992 sebagai Akademi, kemudian menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta. Berada di bawah naungan Yayasan Amikom Yogyakarta, Universitas Amikom Yogyakarta saat ini mengantongi akreditasi B BAN-PT.

Ingin kuliah di Jogja, Sobat? Kampus Amikom berada di kawasan Sleman. Program studi Sarjana pada tiap-tiap fakultas di Universitas Amikom Yogyakarta yaitu:

1. Ilmu Komputer: Teknik Informatika/ Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Komputer

2. Ekonomi dan Sosial: Ekonomi,  Kewirausahaan, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional

3. Sains dan Teknologi: Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Informatika Geografi/ Geografi

 

2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Did you know, Sobat Pintar? UIN Sunan Kalijaga (Suka) adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri pertama di Indonesia. Universitas negeri yang ada di Yogyakarta ini sekarang mengantongi akreditasi A BAN-PT.

Menjadi salah satu universitas terbaik di Jogja, tepatnya di kawasan Sleman, UIN Sunan Kalijaga memiliki berbagai jurusan pada program Sarjana. Di bawah ini jurusan pada fakultasnya masing-masing.

1. Adab dan Ilmu Budaya: Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Ilmu Perpustakaan, Sastra Inggris

2. Dakwan dan Komunikasi: Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Dakwah, Ilmu Kesejahteraan Sosial

3. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Kependidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah, Pendidikan Guru Raudlatul Athfal

4. Syariah dan Hukum: Al-Ahwal al-Syakhsyiyyah, Perbandingan Madzhab, Siyasah/ Hukum Ketatanegaraan Islam, Muamalat/ Hukum Perdata dan Bisnis Islam, Ilmu Hukum

5. Ushuluddin dan Pemikiran Islam: Aqidah dan Filsafat, Perbandingan Agama, Ilmu A-Qur'an dan Tafsir, Ilmu Hadis, Sosiologi Agama

6. Sains dan Teknologi: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika

7. Ilmu Sosial dan Humaniora: Psikologi, Ilmu Komunikasi, Sosiologi

8. Ekonomi dan Bisnis Islam: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Manajemen Keuangan Syariah, Akuntansi Syariah

 

3. Universitas Janabadra

Universitas Janabadra merupakan salah satu "sesepuh" universitas di Yogyakarta, tepatnya didirikan pada tahun 1958. Bahkan, jika dapat menggambarkan usia kampus di Jogja ini, kata Janabadra diambil dari nama seorang pujangga Jawa.

Akreditasi BAN-PT Universitas Janabadra saat ini yaitu B, dengan lokasi kampus di kawasan Kota Yogyakarta. Tempat kuliah di Jogja ini menaungi prodi-prodi S1 pada fakultas berikut ini.

1. Hukum: Ilmu Hukum

2. Ekonomi: Ekonomi Manajemen, Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan

3. Teknik: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Informatika

4. Pertanian: Agribisnis

 

4. Universitas Alma Ata

Didirikan oleh Yayasan Alma Ata pada tahun 2006, universitas di Jogja ini sekarang mengantongi akreditasi B BAN-PT. Universitas yang berlokasi di kawasan Bantul ini pada awal berdirinya merupakan sebuah Stikes dan STIA. Alhasil, fakultas-fakultasnya kental dengan keilmuan kesehatan dan agama. Berikut ini pilihan prodi S1 pada tiap-tiap fakultas di Universitas Alma Ata.

1. Ilmu Kesehatan: Ilmu Keperawatan, Gizi, Administrasi Rumah sakit, Farmasi, Bidan

2. Agama Islam: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru MI, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah

3. Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Pendidikan Guru SD, Pendidikan Matematika

4. Ekonomi dan Bisnis: Akuntansi, Manajemen

5. Komputer: Sistem Informasi, Informatika

 

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Tak hanya di Jakarta, Universitas Mercu Buana juga ada di Yogyakarta, tepatnya di kawasan Bantul. Universitas yang ada di Jogja, yang pada awalnya merupakan Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta, saat ini mengantongi akreditasi B BAN-PT.

Apa saja pilihan jurusan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta? Berikut ini prodi-prodi Sarjana pada fakultasnya masing-masing.

1. Agroindustri: Agroteknologi, Industri Peternakan, Teknologi Pangan/ Teknologi Hasil Pertanian

2. Ekonomi: Manajemen, Akuntansi

3. Psikologi: Psikologi

4. Teknologi Informasi: Teknik Informatika, Sistem Informasi

5. Keguruan: Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Bimbingan Konseling, Ilmu Keolahragaan

6. Ilmu Komunikasi: Ilmu Komunikasi

 

Apakah Sobat Pintar termasuk calon mahasiswa baru yang akan kuliah di Jogja? Again, masih banyak universitas yang ada di Jogja selain list di atas.

So, masih kepo kampus-kampus lain di Jogja? Bila perlu, gunakan Kampus Pintar untuk membantumu menemukan tempat kuliah di Jogja. Rajin-rajin pilah-pilah dan pilih-pilih kampus terbaik di Jogja untuk diri sendiri ya, Sobat!

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog