APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Setelah Gagal UTBK, Harus Bagaimana? Ini 5 Alternatifnya

Dibalik kegagalan, masih ada impian yang harus diperjuangkan.

Photo by - - on Unsplash

SNBT 2023 selesai sudah. Hasil tes masuk kuliah yang sebelumnya dikenal dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ini sudah diumumkan beberapa hari ke belakang, tepatnya pada 20 Juni 2023. Nah, bagaimana hasilnya, Sobat Pintar?

Kalau kamu, entah bagaimana, memutuskan untuk membaca tulisan ini, ada kemungkinan perjuanganmu di SNBT 2023 tak membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Betul begitu, Sobat?

Asal kamu tau, UTBK 2023 diikuti oleh 803.852 peserta. Dari jumlah tersebut, 223.217 dinyatakan lolos SNBT 2023. Kamu bisa hitung sendiri tuh, berapa banyak peserta yang gagal UTBK. Bukan buat banyak-banyakan atau banding-bandingin, nih. Namun kita mesti bisa memandang bahwa enggak masuk PTN melalui jalur SNBT itu sesuatu yang normal. Dikasih label gagal sekalipun, tak apa. Toh hidup adalah serangkaian kegagalan sebelum akhirnya kita mencapai satu kesuksesan yang diimpi-impikan.

Pertinyiinnyi, eh, pertanyaannya, apa yang kamu lakukan bila sedang mengalami kegagalan? Sedih, kecewa, menangis, bete, maraton drakor, atau mukbang – apapun itu, setiap kita punya caranya masing-masing untuk "meresapi" kegagalan itu. Begitu juga dengan gagal UTBK. Apapun yang kamu lakukan, selama masih dalam koridor yang wajar dan diterima, itu sah dan valid.

Ya, tapi jangan kelamaan dong, Sobat. Kita juga mesti mikir nih, ke depannya gimana. Pendidikanmu juga butuh masa depan – bukan cuma hubunganmu sama doi yang butuh masa depan (eh). Gagal UTBK bukan akhir dunia. Kalau begitu, setelah melakukan tes UTBK apa yang harus dilakukan?

 

1. Pertimbangkan Peluangmu di Seleksi Mandiri PTN

jika tidak lulus utbk
Photo by Jon Tyson on Unsplash

Kamu mau kuliah di ITB, tetapi gagal di SNBT 2023? Tenang, kamu masih bisa masuk ITB dengan mengikuti SM (Seleksi Mandiri) ITB. Bahkan, nilai UTBK-mu punya bobot dalam penilaian seleksinya loh, Sobat. Enggak sia-sia kan, perjuanganmu selama ini?

Begitu pula di kampus-kampus lain. Peluang masuk PTN impianmu itu masih terbuka. Cek dengan teliti persyaratan Seleksi Mandirinya. Ada kampus-kampus yang mensyaratkan nilai UTBK, seperti ITB, ada pula kampus-kampus yang tidak mensyaratkan nilai UTBK. Udah gitu, satu kampus bisa membuka lebih dari satu jalur untuk Seleksi Mandiri. Kamu bisa mendaftar Mandiri di UNY, misalnya, melalui jalur Prestasi Akademik atau tes. Cek lagi persyaratan tiap-tiap jalur yang tersedia di kampus impianmu. Bila memang ada lebih dari satu jalur masuk di Mandiri, pertimbangkan dengan baik kira-kira jalur manakah yang dapat memberimu peluang paling besar untuk lolos.

 

2. Ikutan Seleksi Mandiri PTS Boleh Juga Tuh

seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Seleksi Mandiri enggak cuma di PTN loh, kamu juga bisa mengikuti Seleksi Mandiri di PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Konsepnya sama, Seleksi Mandiri PTS adalah juga seleksi masuk kuliah yang diselenggarakan secara mandiri oleh kampus masing-masing. Nah, jalur masuk Perguruan Tinggi Swasta ini juga bisa menjadi salah satu alternatif jika tidak lulus UTBK, Sobat.

Pilihan jurusan atau program studi di Perguruan Tinggi Swasta sama banyaknya dengan yang ada di PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Konsepnya juga sama, pilih jurusan atau prodi yang sesuai dengan minat dan tujuan akademikmu di PTS yang kamu inginkan. Jangan lupa, riset dahulu segalanya tentang PTS tersebut, baik mengenai reputasinya, fasilitasnya, biaya kuliahnya, maupun alumninya.

Jika pada akhirnya sudah mantap memilih satu Perguruan Tinggi Swasta tertentu, kamu bisa menggunakan fitur pendaftaran kampus secara online di Aku Pintar. Cara daftar kuliah online seperti ini terbilang praktis dan efisien karena kamu enggak perlu repot-repot datang langsung ke kampus. Harga formulir pendaftaran yang disediakan di Aku Pintar juga cenderung lebih terjangkau, jadi kamu bisa menghemat buat nge-boost endorfinmu dengan segelas boba.

 

3. Kalau Bisa Kuliah ke Luar Negeri

Setelah melakukan tes UTBK apa yang harus dilakukan
Photo by Alexis Brown on Unsplash

Oke, kuliah ke luar negeri sepertinya menjadi privilese bagi orang-orang tertentu saja. Kalau kamu termasuk yang punya privilese itu, enggak ada salahnya untuk memanfaatkannya loh, Sobat. Selama ada kemampuan dan dukungan dari orang tua, kamu juga punya semangat dan keinginan yang kuat untuk belajar, fase gagal UTBK itu justru bisa menjadi pelecut untuk meloncat lebih jauh dan lebih tinggi. Kuliah sebagai mahasiswa internasional akan menjadi pengalaman berharga yang dapat memberimu lebih dari sekadar prestasi akademik.

 

4. Tunggu Buat Ikutan SNBT Tahun Berikutnya

apa yang kamu lakukan bila sedang mengalami kegagalan
Photo by Lizandro Flores on Pexels

Kalau kamu pejuang SNBT garis keras, boleh-boleh aja menunggu UTBK tahun berikutnya. Biasanya jalur tes masuk PTN terbuka untuk alumni sampai dua angkatan sebelumnya. Seperti pada SNBT 2023, alumni lulusan 2022 dan 2021 juga masih bisa mendaftar untuk mengikuti UTBK 2023.

Jika tidak lulus UTBK tahun ini, jangan sampai tidak lulus lagi di tahun berikutnya ya, Sobat. Oleh sebab itu, gunakan waktu yang ada untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya. Identifikasi apa saja kelemahanmu di UTBK sebelumnya dan cari cara untuk memperbaikinya. Kamu bisa belajar dengan menggunakan buku, mengikuti kursus persiapan, atau bimbingan UTBK.

 

5. Gap Year Bukan Aib

jalur masuk perguruan tinggi swasta
Photo by Julia M Cameron on Pexels

Menunggu ikutan SNBT di tahun berikutnya dan mengisi setahun penuh buat persiapan UTBK juga bisa disebut sebagai gap year. Selain untuk persiapan UTBK dan memperbesar peluang masuk PTN tahun berikutnya, kamu bisa manfaatin gap year buat apa aja?

Banyak banget yang bisa kamu lakukan, Sobat. Kamu bisa belajar hal-hal baru yang selama ini enggak sempat kamu kerjakan karena kesibukan sekolah. Kursus Pintar, misalnya, menyediakan beragam kelas kursus, mulai dari kelas bahasa, entrepreneurship, seni vokal, make up, animasi, dan masih banyak lagi. Mau coba bekerja sebagai freelancer atau join komunitas baru? Boleh juga loh, sambil menunggu seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri di tahun berikutnya.

Dari semua alternatif di atas, sayangnya, masuk Sekolah Kedinasan enggak bisa dijadikan pilihan. Pendaftaran Akmil 2023, misalnya, ditutup tanggal 2 Juni 2023, sebelum pengumuman SNBT 2023 berlangsung.

Sekarang, dengan segala keadaan yang ada, yang bisa kita lakukan jika tidak lulus UTBK hanyalah berusaha sebisa mungkin untuk menerima rasa kecewa itu dan move on. Memang enggak gampang dan butuh waktu, tetapi pada akhirnya nanti kita akan melalui masa-masa yang tak mudah ini. Sebaliknya, dari pengalaman gagal UTBK dan SNBT 2023 ini, kita punya kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan menemukan jalan baru. Setiap perjalanan kita itu unik, Sobat Pintar, dan oleh karenanya terdapat banyak pintu kesuksesan di depan sana.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog