redesain-navbar Portlet

null

Blog

Setelah Sekolah: Pertimbangkan 5 Institusi Pendidikan Ini

Ada berbagai institusi pendidikan tinggi yang perlu diketahui.

Institusi Pendidikan, image via communityschooling.gseis.ucla.edu

Apa yang Sobat Pintar kerjakan selama belajar dari rumah? Sempatkah memikirkan tentang pendidikan yang akan ditempuh berikutnya? Tapi sudahkah Sobat tahu apa bedanya antara sekolah tinggi, universitas, institut, politeknik, dan lain-lain? Nah, jangan sampai salah pilih, Sobat. Yuk cari tahu apa bedanya institusi-insitutsi pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

 

1. Universitas

Selain menyelenggarakan pendidikan tinggi, universitas juga mewadahi penelitian dan memberi gelar akademik diberbagai bidang. Universitas di Indonesia menaungi beberapa fakultas, yang selanjutnya terdiri dari beberapa jurusan atau program studi dan departemen. Sekarang ini, universitas juga menaungi program akademik maupun vokasi.

Jenjang pendidikan diploma, sarjana, magister, hingga doktorat seluruhnya ada pada institusi universitas. Misalnya, Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan pendidikan untuk Teknologi Jaringan dan Bidan Pendidik pada jenjang D4 di Sekolah Vokasi. UGM juga menaungi prodi-prodi pada jenjang S1, S2, S3, bahkan spesialis.

 

2. Institut

Sobat Pintar dapat menyebutkan institut yang ada di Indonesia? Tentu mudah, bukan? Kita mengenal Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, atau Institut Kesenian Jakarta. Nah, dari namanya saja kita bisa menebak konsentrasi bidang keilmuan masing-masing institut tersebut.

Dan memang benar, institut cenderung fokus pada satu rumpun bidang keilmuan saja – berbeda dari universitas yang mencakup beragam bidang keilmuan. Sebuah institut dapat menyelenggarakan pendidikan akademik saja, atau menyertakan vokasi.

 

3. Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi hanya menaungi satu fakultas dengan beberapa jurusan atau program studi dibawahnya. Beberapa contoh sekolah tinggi di Indonesia misalnya Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional (STPN), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), maupun Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

Mahasiswa STSN, misalnya, dihadapkan pada pilihan Program Studi Manajemen Persandian, Keamanan Siber, dan Teknik Persandian. Tak ada pilihan prodi tentang ekonomi, misalnya, di STSN.

 

4. Politeknik

Satu hal yang paling menonjol pada politeknik adalah fokusnya pada penyelenggaraan pendidikan vokasi. Mahasiswa politeknik dididik untuk menjadi alumnus-alumnus yang siap menerapkan ilmunya pada keahlian tertentu. Maka selain pengalaman belajar, politeknik juga memberikan latihan keterampilan yang memadai bagi mahasiswanya.

Ingin tahu politeknik yang ada di Indonesia? Dua diantaranya yaitu Politeknik Negeri Bandung dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Jika kuliah di politeknik, Sobat Pintar nantinya akan lulus dengan gelar dari jenjang diploma.

 

5. Akademi

Sebuah akademi di Indonesia menyelenggarakan pendidikan vokasi pada jenjang diploma. Alumni akademi adalah mereka yang siap kerja sesuai dengan bidang ilmu yang telah dipelajari.

Apa saja akademi yang ada di Indonesia? Dua diantaranya yaitu Akademi Militer dan Akademi Kepolisian. Apakah salah satunya menjadi school goal-mu, Sobat?

 

Nah, ternyata ada berbagai institusi pendidikan tinggi ya, Sobat. Semakin banyak tahu, semakin banyak pilihan yang tersedia didepan mata. Jadi, Sobat Pintar ingin lanjut kuliah kemana? Take your time, pertimbangkan sambil menghabiskan waktu di rumah.

80

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp