redesain-navbar Portlet

null

Blog

Sistem Informasi: Tahu Jawaban dari 5 Pertanyaan Ini?

Sistem Informasi patut dipertimbangkan untuk menjadi prodi pilihan kuliah.

Sistem Informasi, image via rserve.mildred-elley.edu

Ingin kuliah apa? Sistem Informasi atau Manajemen Informatika?

Do you know something is wrong? Iya, Sobat. Kedua jurusan diatas sebenarnya sama saja – jadi bukan dua jurusan, tapi kedua nama tersebut merujuk pada satu jurusan yang sama.

Dan bukan hanya dua nama itu saja, Sobat. Jurusan atau program studi ini juga disebut juga sebagai Manajemen Informasi, Manajemen Sistem Informasi, atau Sistem Informasi Manajemen. Apa lagi yang perlu diketahui tentang jurusan yang punya banyak nama ini?

 

1. Apa Saja yang Dipelajari di Sistem Informasi?

Dijurusan ini kita belajar tentang tentang bagaimana caranya membangun dan menerapkan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis sehingga tujuannya tercapai. Ilmu yang dipelajari dijurusan ini dimanfaatkan untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi – baik pada institusi, perusahaan, atau korporasi.

Disini kita belajar mengintegrasikan proses bisnis dengan Teknologi Informasi. Peran Teknologi Informasi dalam dunia bisnis adalah sebagai solusi untuk menunjang produktivitas organisasi. Untuk itu, mahasiswa Sistem Informasi belajar tentang bagaimana informasi diciptakan, diproses, dan kemudian didistribusikan pada seluruh pemangku kepentingan.

 

2. Sistem Informasi, Bagaimana dan Kenapa Penting?

Suatu organisasi membangun sebuah sistem informasi dengan tujuan untuk menghasilkan informasi. Para personel dibidang ini bertanggung jawab mengolah data menjadi informasi yang dapat dipahami dan berguna bagi yang membutuhkannya (pemangku kepentingan).

Keputusan-keputusan penting yang kemudian diambil oleh para pemangku kepentingan didasari dari informasi yang diterima. Maka, agar data dapat diolah menjadi informasi yang dipahami, ada tiga pilar penting yang perlu dijaga dalam Sistem Informasi, yaitu (1) relevance, tepat kepada orangnya; (2) timeless, tepat waktu; dan (3) accurate, tepat nilainya.

 

3. Bagaimana Kurikulum Perkuliahannya?

Now you have a clearer picture of Information System, don't you? Jadi, kira-kira apa yang akan dihadapi dibangku kuliah nanti? Perlu diingat, setiap kampus memiliki kurikulumnya masing-masing sehingga Sistem Informasi pada satu kampus takkan sama persis dengan Sistem Informasi dikampus lain.

Beberapa matakuliah yang dipelajari oleh mahasiswa Sistem Informasi antara lain Manajemen dan Organisasi, Sistem dan Teknologi Informasi, Bahasa Pemrograman, Algoritma dan Struktur Data, Arsitektur Sistem Informasi Perusahaan, Desain dan Manajemen Jaringan Komputer, Dasar-Dasar Pengembangan Software, hingga Keamanan Aset Informasi.

 

4. Kampus Mana Saja dengan Sistem Informasi?

The next question is where you study Information System. Saat ini sudah ada banyak kampus negeri dan swasta dengan Sistem Informasi yang telah terakreditasi A BAN-PT.

Kampus-kampus negeri yang memiliki Jurusan Sistem Informasi yaitu Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Airlangga, dan Universitas Indonesia.

Sedangkan kampus-kampus swasta dengan jurusan ini adalah Universitas Bina Darma, Universitas Gunadarma, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Internasional Batam, Universitas Tarumanagara, Universitas Presiden, dan Universitas Dian Nuswantoro.

 

5. Apakah Sobat Calon Mahasiswa Sistem Informasi?

Pada seleksi masuk PTN dijalur SBMPTN, Sistem Informasi termasuk kedalam rumpun Saintek. Dijurusan ini, mahasiswa Sistem Informasi dapat mengembangkan kemampuannya dalam manajerial data, berpikir kritis, melakukan analisis, meneliti, memecahkan masalah, hingga melakukan rekayasa dengan menggunakan komputer.

Nah, apakah Sobat Pintar ingin belajar kemampuan-kemampuan tersebut? Atau sudah memilikinya dan ingin meningkatkannya lagi?

Jangan lupa pertimbangkan pula prospek kerjanya. Alumni jurusan ini banyak yang kemudian mengisi pekerjaan network administrator, software developer, information system developer, database administrator, database specialist, system analyst, information security analyst, dan masih banyak lagi. Think again, apakah bidang-bidang pekerjaan ini menarik minatmu?

2
40

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp