APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

SNBP 2023: Ini 3 Trik Menghadapinya

Belum terlambat untuk mempersiapkan diri mengikuti SNBP.

Photo by Ed Us on Unsplash

SNBP 2023 sudah di depan mata nih, Sobat Pintar! Kalian anak kelas XII yang udah mengincar jalur prestasi untuk masuk kuliah sejak kelas X, pasti lumayan terkedjoet ketika turun pengumuman mengenai perubahan ketentuan SNBP. Gimana enggak kaget, kita yang udah memperjuangkan nilai rapor beberapa mata pelajaran saja ternyata tiba-tiba semua nilai mata pelajaran sekarang menjadi penting.

Beruntungnya kamu yang punya nilai rapor baik sejak kelas X – di semua mata pelajaran. Terus, bagaimana dengan kita-kita yang enggak seberuntung itu? Masih bisakah kita mengikuti SNBP 2023 dengan ketentuan yang baru?

 

Tentang SNBT & SNBP 2023

hal yang perlu di siapkan untuk snbp 2023
Photo by sean Kong on Unsplash

Sekadar mengingatkan kembali, Sobat. Seperti yang sudah kamu ketahui juga, ada tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Dua jalur pertama tersebut berganti nama. SNMPTN diganti menjadi SNBP, sedangkan SBMPTN menjadi SNBT.

Terus, apa kepanjangan SNBP? Kepanjangan SNBP adalah Seleksi Nasional Berbasis Prestasi. Perubahan nama ini pada dasarnya tidak mengubah metode seleksi meskipun ada beberapa perubahan ketentuan.

Sama halnya dengan SNBT. Apa itu SNBT? Iya, kamu sudah bisa menebaknya sendiri. SNBT adalah jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui tes. Sama seperti SBMPTN sebelum-sebelumnya, kita juga akan mengikuti UTBK bila memilih jalur tes ini untuk masuk kuliah di perguruan tinggi negeri.

 

Perubahan Ketentuan SNBP

persiapan belajar SNBT dan SNBP 2023
Photo by Rahul Shah on Pexels

Bagi kalian yang berencana mengikuti SNBT, masih ada waktu untuk mengejar perubahan materi ujian di UTBK nanti. Akan tetapi, kembali lagi ke pertanyaan di awal, bagaimana dengan kita-kita yang sudah berencana mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Prestasi?

Misalnya, kamu anak IPA yang sejak kelas X sudah memperjuangkan nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi demi lolos seleksi masuk jurusan impianmu. Boleh jadi kamu kurang memperhatikan nilai mata pelajaran lain di rapormu. Sementara itu, ketentuan SNBP terbaru menetapkan nilai seluruh mata pelajaran di rapor menjadi komponen penilaian yang utama dalam seleksi. Masih bisakah kamu mengikuti SNBP 2023?

 

Hal yang Perlu di Siapkan untuk SNBP 2023

seleksi nasional berbasis prestasi
Photo by Kenny Eliason on Unsplash

Tentu saja, kamu masih bisa mengikuti SNBP 2023, Sobat Pintar. Jangan buru-buru patah arang lantaran ketentuan SNBP yang baru tersebut. Pada akhirnya, keputusan untuk meloloskan calon mahasiswa dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi sepenuhnya menjadi kewenangan universitas yang bersangkutan.

Terlepas dari keadaan rapormu saat ini, masih ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebelum masa pendaftaran SNBP 2023 dibuka. Setidaknya, ada tiga hal yang perlu di siapkan untuk SNBP 2023.

1. Pelajari komponen penilaian SNBP 2023

Selain nilai rata-rata seluruh mata pelajaran, ada komponen lain lagi yang menjadi pertimbangan dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi. Komponen kedua penilaian SNBP 2023 adalah nilai rapor dua mata pelajaran pendukung program studi yang dituju. Nah, apa saja mata pelajaran pendukung yang dibutuhkan oleh jurusan impianmu, Sobat? Kamu masih bisa memperhitungkan peluangmu lolos di SNBP 2023 dengan melihat nilai mata pelajaran pendukung yang dibutuhkan oleh tiap-tiap jurusan impianmu.

Perhatikan pula, apakah jurusan impianmu di SNBP 2023 membutuhkan portofolio. Pertimbangkan apakah ada kemungkinan untuk memperkuat bobot penilaian pada portofoliomu tersebut.

2. Riset jurusan dan universitas impianmu

Sebagai calon mahasiswa, pahami bahwa penting banget kita memilih jurusan atau program studi yang paling sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan kita. Namun mengenal bakat minat dan memahami kemampuan diri sendiri saja tidak cukup, Sobat. Kita juga harus mencari tahu kira-kira seberapa besar peluang kita lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi di jurusan dan universitas impian.

Sekarang saatnya kamu menjadi detektif. Kepoin berapa banyak calon mahasiswa yang berhasil lolos pada seleksi sebelumnya. Seberapa besar kuota jurusan impianmu di SNBP 2023? Hitung berapa peluangmu lolos dengan membandingkan antara jumlah peminat dan daya tampungnya. Jangan lupa, cari tahu pula kakak-kakak kelas yang berhasil lolos seleksi dari tahun-tahun sebelumnya.

3. Pantengin Jadwal SNBP (dan SNBT)

Kita sudah mendekati penghujung 2022 nih, Sobat Pintar. Kapan jadwal SNBP, SNBT, Seleksi Mandiri 2023 dibuka?

Biasanya tahapan Seleksi Nasional Berbasis Prestasi dimulai sejak awal tahun. Nah, kudu buka mata dan telinga lebar-lebar nih, kalau kamu mau mengikuti SNBP 2023!

Enggak banget deh, kalau kita sampai ketinggalan jadwal pendaftaran SNBP 2023. Yang pasti, pelaksanaan dan pengumuman hasil SNBP 2023 berlangsung sebelum SNBT.

Itu artinya, kita masih bisa mengikuti SNBT semisal gagal di SNBP 2023. Makanya, jangan kasih kendor persiapan belajar SNBT dan SNBP 2023 ya, Sobat!

Kemudian, setelah selesai SNBT & SNBP 2023, masih ada Seleksi Mandiri. Berkaca pada seleksi di tahun-tahun sebelumnya, beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta menggunakan nilai UTBK di Seleksi Mandirinya. Itulah sebabnya, kita kudu berjuang sepenuh hati di UTBK, Sobat Pintar. Semisal gagal juga di SNBT, nilai UTBK itu masih bisa kita gunakan untuk mengikuti Seleksi Mandiri di perguruan tinggi negeri dan, bahkan, swasta.

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog