redesain-navbar Portlet

null

Blog

SNMPTN 2021: Info Terbaru LTMPT, Jadwal, dan Pendaftaran

Pendaftaran SNMPTN 2021 dapat dilakukan mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh LTMPT.

SNMPTN 2021, photo by Nikhita S on Unsplash

Jadwal SNMPTN 2021 sudah released, Sobat! Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah mengumumkan jadwal, persyaratan, dan pendaftaran SNMPTN 2021. Sobat Pintar yang berencana menggunakan jalur SNMPTN untuk masuk kuliah, wajib kepoin semua tentang jadwal sampai pendaftaran SNMPTN 2021 berikut ini.

 

Tentang SNMPTN 2021

Photo by Matese Fields on Unsplash

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dikenal juga sebagai jalur masuk PTN tanpa tes. Tapi apa itu SNMPTN?

SNMPTN adalah seleksi masuk PTN dengan menelusuri prestasi akademik calon mahasiswa. Data prestasi akademik yang berupa nilai bisa didukung dengan prestasi lainnya yang disusun di dalam sebuah portofolio. Ketentuan kriteria seleksi ditetapkan oleh tiap-tiap PTN.

 

Tentang LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi)

Photo by Poodar Chu on Unsplash

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga yang melayani seleksi masuk PTN sejak tahun 2019. Seleksi masuk PTN yang dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tak hanya SNMPTN, tapi juga SBMPTN.

Pada jalur SBMPTN, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengelola tes seleksi masuk PTN, yaitu UTBK (Ujian Tulis Berbasis Kompetensi). Sedangkan pada jalur SNMPTN, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengelola proses pendaftarannya.

 

Jadwal SNMPTN 2021

Photo by Bich Tran on Pexels

Lantas, kapankah jadwal SNMPTN 2021? Menurut LTMPT SNMPTN 2021 terjadwal sebagai berikut.

Jadwal SNMPTN 2021

Kegiatan

4 Januari 2021

Peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

4 Januari 2021 – 1 Februari 2021

Registrasi akun LTMPT

4 Januari 2021 – 8 Februari 2021

Penetapan siswa yang memenuhi syarat (eligible) oleh sekolah

11 Januari – 8 Februari 2021

Pengisian PDSS oleh sekolah

15 – 24 Februari 2021

Pendaftaran SNMPTN 2021

22 Maret 2021

Pengumuman hasil SNMPTN

 

Jika lolos mengikuti SNMPTN 2021 nanti, Sobat Pintar wajib mengikuti pendaftaran ulang. Pada tahap ini, jadwal daftar ulang harus diperiksa di laman PTN pilihan masing-masing – udah nggak masuk di jadwal SNMPTN 2021 dari LTMPT, ya!

Trus, berapa banyak siswa dari sekolahmu yang dapat mengikuti SNMPTN 2021? Kuota SNMPTN turut ditentukan oleh akreditasi sekolah serta jumlah siswa. LTMPT akan mengumumkan kuota sekolah pada 28 Desember 2020.

 

Cara Daftar SNMPTN 2021 Online

Photo by Van Tay Media on Unsplash

Okay, kita sudah tahu jadwal SNMPTN 2021. Tapi bagaimana dengan pendaftaran SNMPTN 2021? Bagaimana caranya? Here are the steps, Sobat Pintar.

Sebelum memulai pendaftaran SNMPTN 2021, pastikan dulu sekolahmu sudah punya akun LTMPT. Sobat Pintar bisa bertanya kepada wali kelas atau guru BK untuk memastikannya.

Pendaftaran SNMPTN 2021 dapat dimulai dengan membuat akun LTMPT. Registrasi akun ini sebenarnya berlaku wajib bagi seluruh siswa kelas XII.

Tahap pendaftaran SNMPTN 2021 berikutnya dilakukan oleh sekolah. Sekolahmu akan menentukan berapa banyak siswa yang dapat mengikuti SNMPTN 2021. Kuota ini ditentukan oleh akreditasi sekolah yang dapat dilihat di Dapodik-Pusdatin Kemdikbud atau EMIS-Pendis Kemenag. Sekolahmu juga akan melakukan pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Langkah terakhir pendaftaran SNMPTN 2021 menjadi giliranmu sebagai siswa, Sobat. Akses kembali akun LTMPT-mu dan mendaftarlah jika Sobat Pintar terpilih masuk dalam kuota sekolah untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2021. Pastikan untuk mengikuti jadwal SNMPTN 2021 di atas dan mengakhiri semua kegiatan sebelum pukul 15.00 WIB, ya!

 

Syarat Peserta SNMPTN 2021

Photo by Zainul Yasni on Unsplash

But, wait! Masih ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui sebelum Sobat Pintar mengakses laman pendaftaran SNMPTN 2021. Apa saja persyaratan peserta SNMPTN 2021?

1. Siswa kelas XII SMA/ MA/ SMK pada tahun 2021 dan berprestasi unggul.

2. Siswa yang memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PTN pilihan masing-masing.

3. Siswa yang memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

4. Siswa yang memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 dan telah diisikan di PDSS.

5. Siswa yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Perlu Sobat ketahui, peserta yang mengikuti pendaftaran SNMPTN 2021 dapat memilih dua program studi pada satu PTN yang sama atau dua PTN yang berbeda. Ingin memilih satu program studi saja? Boleh! Pilihan PTN-mu pun bebas di mana saja yang Sobat mau.

Tapi jika memilih dua program studi, ada ketentuannya, Sobat. Salah satu program studi pilihanmu harus berada pada PTN yang berlokasi satu provinsi dengan asal sekolahmu.

 

Persyaratan Sekolah

Photo by Trnava University on Unsplash

As you can see yourself, pendaftaran SNMPTN 2021 tak hanya melibatkan siswa, tapi juga sekolah. Untuk itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan persyaratan-persyaratan mengikuti SNMPTN 2021 di bawah ini yang harus dipenuhi oleh sekolah.

1. SMA/ MA/ SMK yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).

2. Sekolah mengisi PDSS. Data siswa yang diisikan hanya mereka yang memenuhi syarat (eligible) untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2021.

Berapa banyak siswa yang dapat mengikuti pendaftaran SNMPTN 2021? Akreditasi berikut ini turut menentukan berapa banyak peserta SNMPTN suatu sekolah.

- Akreditasi A: 40% siswa terbaik

- Akreditasi B: 25% siswa terbaik

- Akreditasi C dan lainnya: 5% siswa terbaik.

Siapakah siswa-siswa terbaik yang berhak mengikuti pendaftaran SNMPTN 2021? Ada beberapa mata pelajaran yang turut menentukan pemeringkatan siswa tergantung pada kelasnya masing-masing.

1. IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi

2. IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi Ekonomii, Geografi

3. Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, satu Bahasa Asing

4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kompetensi Keahlian.

Jika ada siswa dengan nilai yang sama, sekolah dapat menambahkan kriteria prestasi akademik yang lain untuk menentukan peringkat. Tahapan pemeringkatan dapat diunduh di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Nah, siap menggunakan jalur non-tes untuk masuk PTN, Sobat Pintar? Segera persiapkan segala sesuatunya sebelum tiba masa pendaftaran SNMPTN 2021, ya!

0
260

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet