redesain-navbar Portlet

Blog

SNMPTN 2022: Tips dan Ketentuan Memilih Prodi

Memilih program studi di SNMPTN seyogianya tidak dilakukan dengan asal-asalan.

cara memilih prodi di SNMPTN 2022, Photo by Christin Hume on Unsplash

Cara memilih prodi di SNMPTN 2022 itu bagaimana, sih? Apakah diperlukan strategi khusus untuk memilih program studi SNMPTN? Terus, apakah SNMPTN bisa lintas jurusan? Ada banyak pertanyaan seputar pemilihan jurusan SNMPTN 2022 yang bakal dibahas tuntas kali ini. Sini merapat, mungkin pertanyaanmu bakalan menemukan jodohnya, eh bukan, jawabannya.

 

Tips Memilih Jurusan SNMPTN


Photo by Sincerely Media on Unsplash

Apakah diperlukan strategi khusus untuk pilih prodi? Iya, Sobat Pintar. Baik pada SNMPTN maupun SBMPTN, keduanya memerlukan strategi dalam hal pemilihan jurusan atau program studi. Strategi memilih jurusan SNMPTN yang kamu perlu tahu seperti ini, Sobat.

Pertama, pilih prodi yang paling klop sama bakat dan minatmu. Bagaimana kalau kamu masih belum yakin dengan bakat dan minatmu? It's okay. Kamu bisa memilih jurusan dengan tawaran prospek kerja yang paling mendekati impianmu, dan yang sesuai dengan bidang kemampuan terbaikmu.

Perlu dicatat, pilihan jurusan SNMPTN yang pertama sebaiknya merupakan jurusan dengan tingkat keketatan yang lebih tinggi dibandingkan pilihan kedua. Untuk menerapkan strategi memilih jurusan SNMPTN ini, jangan cuma melihat daya tampung jurusan ya, Sobat Pintar.

Tips memilih jurusan SNMPTN yang tak boleh kamu abaikan adalah memeriksa berapa jumlah peminat pada program studi tersebut dari tahun sebelumnya untuk memperkirakan jumlah peminat tahun ini. Jurusan-jurusan dengan jumlah peminat banyak hampir tidak mungkin tiba-tiba kehabisan peminat di tahun berikutnya. Asal kamu tahu, Sobat Pintar. Persainganmu untuk masuk suatu jurusan dengan jumlah peminat banyak dan daya tampung sedikit tentu lebih ketat dibandingkan sebaliknya.

Kedua, pilih prodi yang mampu mewadahi dan mengembangkan kemampuanmu. Cara memilih jurusan SNMPTN yang tepat di pilihan kedua adalah dengan bertanya pada diri sendiri: kemampuan, keterampilan, pengetahuan apa yang ingin kamu kembangkan, Sobat?

Selaras dengan tips memilih jurusan SNMPTN di atas, pilihan kedua sebaiknya merupakan jurusan dengan keketatan persaingan masuk yang lebih longgar. Penerapan strategi memilih jurusan SNMPTN seperti ini harapannya mampu memperbesar peluangmu untuk lolos di SNMPTN, Sobat Pintar.

 

Ketentuan Pemilihan Jurusan SNMPTN 2022

pilihan jurusan snmptn
Photo by Jan Kahánek on Unsplash

Ada beberapa ketentuan cara memilih prodi di SNMPTN 2022 yang harus Sobat Pintar ikuti. Menurut LTMPT, ketentuan pemilihan jurusan SNMPTN 2022 ialah seperti berikut ini.

1. Satu atau Dua Program Studi

Program studi SNMPTN yang dapat kamu pilih memang ada dua. Akan tetapi, Sobat Pintar bebas menentukan apakah akan menggunakan dua pilihan tersebut seluruhnya atau tidak. Kalau kamu merasa yakin dengan memilih satu saja program studi SNMPTN, it's okay, Sobat. Lokasi kampus pilihanmu pun bebas, boleh di provinsi mana saja.

2. Lokasi Kampus yang Dipilih

Sebaliknya, kalau kamu ingin memilih dua program studi SNMPTN, ada ketentuan pemilihan jurusan SNMPTN 2022 yang harus kamu perhatikan, Sobat Pintar. Pertama, dua jurusan yang kamu pilih itu boleh berada di dua kampus yang berbeda. Salah satu kampus tersebut harus berlokasi di satu provinsi yang sama dengan sekolahmu. Cara pilih prodi SNMPTN 2022 berikutnya, dua jurusan pilihanmu itu berada di satu kampus dengan lokasi provinsi yang sama dengan sekolahmu saat ini.

3. Lintas Jurusan

Apakah SNMPTN bisa lintas jurusan? Sebenarnya LTMPT tidak melarangmu lintas jurusan, Sobat. Pasalnya, setiap kampus memiliki ketentuan lintas jurusan yang berbeda. Ada kampus yang tegas-tegas melarang, ada yang membolehkan, ada pula kampus yang tak memberikan pernyataan jelas.

Di UGM, misalnya, belum ada anak IPS yang sukses lolos di SNMPTN dengan memilih jurusan Saintek/IPA. Sementara itu, anak IPA yang pilih prodi Soshum/IPS seperti Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Manajemen, atau Akuntansi banyak yang berhasil. Kamu bisa berkonsultasi dengan guru BK dan mempelajari rekam jejak kakak-kakak kelasmu yang telah sukses di SNMPTN.

Terlepas dari kontroversi lintas jurusan (fair atau tidak, bisa atau tidak, boleh atau tidak), it's your call, Sobat Pintar. Pertimbangkan lagi dari segala kemungkinan, terutama peluangmu untuk lolos SNMPTN, sebelum memutuskan untuk lintas jurusan. Pasalnya, tips memilih jurusan SNMPTN yang telah diuraikan di atas harus kamu modifikasi sendiri agar dapat mengakomodasi kebutuhanmu untuk lintas jurusan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu seluk beluk cara memilih jurusan SNMPTN yang tepat. Masih ada waktu buat memikirkan dan merenungkan kembali pilihan jurusan SNMPTN yang sudah kamu tentukan saat ini. Memang tak banyak waktu yang tersisa karena masa pendaftaran SNMPTN dijadwalkan akan berlangsung mulai 14 sampai 28 Februari 2022.

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet