APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Step by Step: 5 Langkah Mudah Menabung untuk Anak Sekolah/ Pelajar

Mengawali kebiasaan menabung itu mudah.

Menabung untuk Anak Sekolah, photo by Pixabay on pexels

Gimana sih, cara menabung yang efektif bagi pelajar? Uang saku segitu-segitu aja, apa masih bisa menabung? Bakal butuh berapa lama kalau musti ngumpulin seribu dua ribu rupiah sehari?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering hinggap di kepala, Sobat? Apalagi kalau kita belum terbiasa menyisihkan uang saku, ngga tau lagi deh gimana cara menabung uang jajan 5000 rupiah!

But did you know, Sobat? Mungkin kita bisa mulai menabung dengan mengubah cara pandang kita tentang kegiatan menyisihkan uang saku ini. In what way is it exactly?

 

1. Little Steps to Begin

Mengutip Lao Tzu, a journey of a thousand miles must begin with a single step. You'll never start doing anything when you have an overly big picture in your head. Jangan dulu memikirkan jumlah nominal yang besar untuk mulai menabung, Sobat. Menabung itu ngga kudu banyak, kok!

Bahkan, salah satu tips agar bisa menabung setiap hari adalah dengan menyisihkan sedikit saja dari uang sakumu. Tak jadi soal bila kita baru bisa memulai dengan seribu atau dua ribu rupiah sehari. It's totally okay. Just do it and don't think too much.

 

2. Yang Kecil Itu Berharga

Siapa yang suka dikasih uang receh? Bagaimana kalau Sobat menerima selembar rupiah bernominal besar? Apakah rasa senangnya akan berbeda? Biasanya rasa senang kita berbanding lurus dengan jumlah nominal yang kita terima. Bukankah begitu, Sobat?

Unfortunately, secara tak langsung kita terbiasa untuk mengabaikan hal-hal kecil seperti uang receh. Padahal, bukankah sedikit-sedikit yang kita kumpulkan lama-lama akan membukit?

Nah, dengan menabung kita belajar untuk menghargai dan bersyukur atas setiap hal yang kita terima. Kita juga belajar untuk menjalani proses – mengumpulkan setiap keping uang receh hingga jumlah nominalnya cukup besar.

 

3. Keinginan atau Kebutuhan?

Sobat Pintar pernah merasa lapar di jam makan siang, bukan? Misalnya hanya ada satu menu yang tersedia, sedangkan Sobat ingin makan dengan menu lain yang lebih disukai. What are you going to do, Sobat?

Ada banyak moment ketika kita dihadapkan pada pilihan antara keinginan dan kebutuhkan. Dengan menabung, kita berlatih memilah apa yang sebenarnya kita butuhkan dan apa yang hanya menjadi keinginan. Tak ada tips menabung cepat yang lebih baik selain ketika kita sudah menguasai skill ini dan berhasil mendisiplinkan diri.

Psstt... yes, take whatever available for your lunch. It's the food that you need.

 

4. Celenganmu? Itu Cakep!

Ada banyak cara menabung anak sekolah. Tapi jika kita baru memulai, bukan ide buruk kok kalau menggunakan celengan!

"Celengan kan buat anak-anak!" No, don't think a piggy bank is for children only. Hari gini sudah banyak celengan atau piggy bank yang bentuknya lucu-lucu!

Pilih celengan yang paling cakep menurutmu agar tak segan menghampirinya setiap waktu dan memasukkan sebagian uang sakumu ke dalamnya. Do you want to know a little secret, Sobat? Celengan yang menarik adalah salah satu tips agar bisa menabung setiap hari. Selain itu, celengan cakep juga bisa menjadi dekorasi kamarmu, lho!

 

5. 1001 Cara Menabung Pelajar

Okay, kita bisa menyisihkan sebagian uang saku dengan rutin di celengan. Kita juga sudah bisa membedakan apa-apa yang menjadi kebutuhan dan disiplin untuk tidak mengutamakan keinginan yang kurang penting. What's next?

Again, cara menabung anak sekolah itu bermacam-macam, Sobat. Kita bisa menitipkan uang saku yang sudah kita kumpulkan selama beberapa waktu kepada orang yang kita percaya – bisa orang tua atau guru. Buat catatanmu sendiri agar jelas berapa rupiah yang disimpan dan berapa banyak yang diambil ketika ada kebutuhkan mendesak.

Jika memungkinkan, kita juga bisa menabung di bank atau koperasi sekolah yang menyediakan tabungan siswa. Dan yang terakhir, biasakan untuk menabung dulu sebelum uang sakumu digunakan untuk keperluan lain, ya!

Yes, save first, Sobat. Here's another little secret: menabung itu bukan menyisihkan uang sisa, tapi menyisihkan uang yang belum terpakai.

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog