APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Strategi Milih Jurusan di SNBP

Pemilihan jurusan atau program studi di SNBP memerlukan pertimbangan yang matang.

Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Pemilihan jurusan di SNBP lebih dari sekadar memilih jurusan kuliah. Program studi SNBP yang kamu pilih bakal memengaruhi masa depanmu, termasuk kariermu kelak. Bahkan, pilihan prodi itu dapat menentukan apakah kamu bakal lolos di SNBP atau tidak. Lah, kok bisa gitu?

Iya, Sobat Pintar.  Jujurly, pemilihan jurusan di SNBP itu boleh dikata sedikit lebih complicated ketimbang di SNBT. Nah, gimana tuh comlicated-nya? Terus, gimana cara memilih jurusan yang tepat? Ini dia beberapa tahapan cara memilih jurusan SNBP 2023 yang kamu perlu tau.

 

1. Pahami Minat dan Kemampuan Diri Sendiri

memilih jurusan SNBP 2023
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Mungkin selama ini kamu sudah mendengarkan nasihat dari orang tua, Guru BK, kakak kelas, atau bahkan dari artikel-artikel Aku Pintar sebelumnya bahwa anak IPA dianjurkan memilih jurusan-jurusan Saintek dan anak IPS/Bahasa sebaiknya memilih jurusan-jurusan Soshum. Namun ternyata ketentuan SNBP 2023 berubah, Sobat Pintar.

Di SNBP 2023, tidak diberlakukan batasan bahwa anak kelas tertentu harus memilih jurusan kuliah atau prodi tertentu. Setiap siswa bebas memilih prodi di SNBP. "Setiap siswa dari jurusan IPA, IPS atau Bahasa diijinkan memilih prodi di PTN," udah gitu aja ketentuan SNBP 2023.

Berarti kamu benar-benar bebas memilih jurusan apapun yang kamu inginkan? Iya, betul kamu bebas memilih jurusan SNBP 2023 yang kamu inginkan, tetapi justru di sinilah kematangan berpikir kita diuji, Sobat. Misalnya, akankah kamu memilih prodi di SNBP yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu alih-alih mengikuti pilihan bestie atau doi?

Eitts, sebelum mempertaruhkan persahabatan atau hubunganmu dengan doi, sebaiknya kamu mengikuti Tes Kemampuan dahulu. Hasil tes gratis ini nanti bisa kamu gunakan buat diskusi lebih lanjut dengan Papah Mamah mengenai jurusan kuliah yang kamu pilih. Baru deh, habis itu obrolin program studi SNBP pilihanmu dengan bestie atau doi.

 

2. Pertimbangkan Peluang Lolos di Prodi yang Diincar

memilih prodi di SNBP
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Salah satu strategi memilih jurusan kuliah yang cukup penting adalah mengetahui peluang lolos di jurusan yang diincar. Meskipun tidak menjadi ketentuan SNBP 2023, ada baiknya jika kamu memilih jurusan SNBP 2023 yang telah meloloskan kakak-kakak tingkatmu di sekolah. Guru BK, Wali Kelas, atau staf Tata Usaha sekolah mungkin bisa membantumu mengetahui rekam jejak alumni yang lolos seleksi prestasi di universitas mana dan jurusan apa.

Tentunya, kamu bisa menerapkan tips SNBP 2023 ini hanya bila kakak-kakak alumni itu ternyata juga telah memilih jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu. Jangan sampai kebalik, Sobat. Enggak lucu dong, kalau minat dan kemampuanmu di bidang matematika, tetapi kamu memilih jurusan bahasa hanya karena kakak-kakak alumni banyak yang lolos seleksi di situ.

Jika ternyata minat dan kemampuanmu istimewa, beda dari kakak-kakak pendahulumu, ada strategi milih jurusan di SNBP yang bisa kamu lakukan, Sobat. Sebelum memilih prodi di SNBP 2023, kepoin dahulu daya tampung jurusan yang kamu incar di berbagai kampus yang berbeda. Kepoin juga jumlah peminat pada tahun 2022. Dari kedua variabel ini, kamu bisa menentukan tingkat keketatan prodi.

Jika kamu memilih dua prodi di SNBP, cari tau keketatan pada tiap-tiap prodi tersebut. Tips SNBP 2023 yang satu ini dapat memberikan gambaran kira-kira jurusan di kampus manakah yang dapat memberi peluang lolos seleksi lebih besar.

 

3. Ikuti Ketentuan SNBP 2023 yang Berlaku

pemilihan jurusan di SNBP
Photo by cottonbro studio on Pexels

Pastinya, salah satu persyaratan mengikuti jalur SNBP 2023 adalah mengikuti ketentuan yang berlaku. Dalam pemilihan jurusan di SNBP, sebenarnya tidak banyak perubahan ketentuan dari tahun-tahun sebelumnya.

Ada dua ketentuan SNBP 2023 yang wajib kamu perhatikan saat memilih jurusan, Sobat Pintar. Pertama, "Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN." Artinya, batas maksimal prodi yang bisa dipilih adalah dua.

Ketentuan SNBP 2023 berikutnya, "Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal." Misalnya, sekolahmu berada di Provinsi Kalimantan Timur. Jika kamu memilih Prodi X dan Y, maka Prodi X harus berada di PTN di Kalimantan Timur. Untuk Prodi Y, kamu bebas memilih PTN di provinsi lain.

Ketentuan SNBP 2023 yang terakhir, "Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun." Buat kalian yang percaya diri dengan satu saja program studi SNBP 2023, maka bebas memilih prodi tersebut berada di PTN di provinsi mana pun. Tak ada ketentuan asal sekolah yang mengikat dengan pemilihan jurusan di SNBP.

Nah, sudah siap dengan pilihan prodimu buat SNBP 2023, Sobat Pintar? Masih ada waktu untuk memantapkan pilihan sampai jadwal pemilihan jurusan SNBP 2023 tiba. Sekarang ini, sampai tanggal 8 Februari 2023, kamu tinggal menunggu apakah namamu termasuk ke dalam bagian siswa yang eligible untuk mengikuti SNBP 2023.

Jika kamu eligible, pastikan untuk mengikuti pendaftaran SNBP mulai tanggal 14 sampai 28 Februari 2023 mendatang. Saat itu kamu harus sudah mantap dengan program studi SNBP 2023 yang kamu pilih, ya!

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog