APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Struktur Ginjal dan Fungsinya

Memahami Struktur Ginjal dan Fungsinya

Photo by Robina Weermeijer on Unsplash

Sobat Pintar, Ginjal merupakan salah satu organ penting yang ada pada tubuh kita. Organ ini berperan penting dalam sistem ekskresi manusia.  Sistem ekskresi berfungsi untuk membuang serta mengolah sisa-sisa metabolisme dan racun. Oleh karena itu, kesehatan dari ginjal perlu dijaga dengan baik.

Kali ini, kita akan membahas struktur dan fungsi organ ginjal. Jika sobat sekarang duduk di kelas 11 MIPA, ulasan ini sangat tepat untuk menemani kegiatan belajar sobat pada materi sistem ekskresi.

Tentang Ginjal

Ginjal adalah sepasang organ tubuh yang bentuknya menyerupai kacang dengan ukuran sebesar kepalan tangan. Organ ini memiliki sesuatu yang keras dan berserat pada tiap ginjalnya guna mendukung atau melindungi jaringan lunak yang ada di dalamnya. Di bagian luar, terdapat dua lapisan lemak yang berguna untuk memberikan perlindungan lebih lanjut.

Ginjal pada orang dewasa berukuran dengan panjang sekitar 10-12 cm dengan lebar 5-7 cm yang beratnya sekitar 150 gram. Jika ginjal dipotong menjadi dua, terlihat jika ginjal terbagi menjadi beberapa bagian dengan bagian luar yang gelap (korteks) dan bagian dalamnya lebih terang (medula).

Fungsi Ginjal

Fungsi utama dari ginjal adalah menyaring darah. Selain menyaring darah, ada fungsi lain dari ginjal yang tidak kalah penting. 

Berikut merupakan fungsi lain dari ginjal.

  • Mengatur dan menyaring mineral dari darah.
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  • Menyaring racun dan zat limbah dari makanan, obat, dan zat-zat racun. 
  • Memproduksi hormon yang membantu memproduksi sel darah merah, kesehatan tulang, dan mengatur tekanan darah

Normalnya, ginjal dapat menyaring 120 – 150 liter darah setiap harinya. Penyaringan darah tersebut biasanya menghasilkan 2 liter limbah yang perlu dikeluarkan lewat 1 – 2 liter urine.

Selain membuang zat sisa dalam tubuh, renal juga menyerap kembali zat yang dibutuhkan tubuh, seperti asam amino, natrium, gula, dan nutrisi lainnya. Fungsi ginjal juga dipengaruhi oleh kelenjar adrenal yang berada di bagian atas masing-masing ginjal.

Kelenjar adrenal kemudian memproduksi hormon aldosteron, yaitu hormon yang menyerap kalsium dari urine ke pembuluh darah. Hal ini bertujuan agar dapat dimanfaatkan kembali oleh tubuh.

Selain hormon yang bertugas dalam penyaringan darah, ginjal juga menghasilkan hormon lainnya yang tidak kalah penting bagi tubuh, yaitu:

  • Eritropoetin (EPO), hormon untuk merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah,
  • Renin, hormon yang berfungsi mengontrol tekanan darah, serta
  • Kalsitriol, bentuk aktif vitamin D yang membantu menjaga kesehatan tulang.ke tubuh.

Struktur Ginjal

Gambar Struktur Ginjal (sumber: kompas.com)

Struktur ginjal terbagi dari beberapa bagian. Berikut bagian dari ginjal serta fungsinya.

1. Nefron

Nefron adalah salah satu bagian penting pada ginjal. Bagian ini dapat mengambil darah, memetabolisme nutrisi, dan membantu untuk mengeluarkan produk limbah dari darah yang telah disaring. Pada tiap ginjal memiliki sekitar 1 juta nefron dengan berbagai kumpulan struktur internalnya, seperti:

2. Renal Corpuscle (Sel Darah Ginjal)

Setelah darah masuk ke sel ginjal melalui nefron, yang disebut juga dengan badan Malpighian. Sel ginjal ini memiliki dua struktur tambahan, seperti:

  • Glomerulus: Sekelompok kapiler ini dapat menyerap protein dari darah yang berjalan melalui sel darah ginjal.
  • Kapsul Bowman: Cairan yang tersisa, disebut dengan urin kapsuler, akan dialirkan ke dalam tubulus ginjal.

3. Renal Tubules (Tubulus Ginjal)

Tubulus ginjal adalah serangkaian tabung yang dimulai setelah kapsul Bowman dan berakhir di saluran pengumpul. Setiap tubulus tersebut memiliki beberapa bagian, yaitu:

  • Tubulus kontortus proksimal: Bagian ini berguna menyerap air, natrium, dan glukosa kembali ke dalam darah.
  • Lingkaran Henle: Bagian ini berfungsi untuk menyerap kalium, klorida, dan natrium ke dalam darah.
  • Distal convoluted tubule: Bagian ginjal ini mampu menyerap lebih banyak natrium ke dalam darah dan menyerap kalium serta asam.
  • Pada saat cairan mencapai ujung tubulus, semua zat tersebut diencerkan dan diisi dengan urea. Nah, urea sendiri adalah produk sampingan dari metabolisme protein yang dilepaskan di dalam urin.

3. Renal Cortex

Renal cortex, atau korteks ginjal, adalah bagian terluar dari ginjal yang berisi glomerulus dan convoluted tubules. Bagian ini dikelilingi di tepi luarnya dengan kapsul ginjal, merupakan lapisan jaringan lemak. Bagian tersebut dilindungi dengan korteks ginjal dan kapsul rumah yang mampu melindungi struktur bagian dalam ginjal.

4. Piramida Ginjal

Piramida ginjal adalah struktur kecil yang berisi rangkaian nefron dan tubulus. Tubulus ini berguna untuk mengangkut cairan ke ginjal. Setelah ini, cairan tersebut dapat bergerak menjauh dari nefron menuju struktur dalam yang berguna mengumpulkan dan mengangkut urine keluar dari ginjal.

5. Pelvis Ginjal

Pelvis ginjal adalah salah satu bagian struktur ginjal yang merupakan ruang berbentuk corong di bagian terdalam ginjal. Ini berfungsi sebagai jalur untuk cairan dalam perjalanannya ke kandung kemih.

6. Calyces

Bagian pertama dari pelvis ginjal berisi calyces (kaliks). Salah satu bagian ginjal ini adalah ruang berbentuk cangkir kecil yang mengumpulkan cairan sebelum pindah ke kandung kemih. Selain itu, bagian ini juga tempat cairan dan limbah ekstra menjadi urine.

7. Hilum

Hilum adalah lubang kecil yang terletak di tepi bagian dalam ginjal dengan bentuk melengkung ke dalam yang menyerupai kacang. Beberapa bagian dari hilum, antara lain:

  • Arteri ginjal: bagian ini berguna untuk membawa darah beroksigen dari jantung ke ginjal untuk disaring.
  • Vena ginjal: ini berguna untuk membawa darah yang disaring dari ginjal kembali ke jantung.

8. Ureter

Ureter, atau saluran kencing, adalah tabung otot yang berguna untuk mendorong urin ke dalam kandung kemih, guna mengumpulkan cairan tersebut dan mengeluarkannya dari tubuh..

Nah bagaimana Sobat? Semoga artikel ini menambah pemahaman kalian yaa. Sampai bertemu di pembahasan berikutnya!

Kunci jawaban soal biologi kelas 11
 

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog