redesain-navbar Portlet

Blog

Sudah Tahu Hal Ini tentang Teknik Industri, image via crowelec.com

Sudah Tahu 3 Hal Ini tentang Teknik Industri?

Teknik Industri termasuk kedalam rumpun saintek, tapi masih terkait erat dengan ilmu-ilmu soshum.

Adakah diantara Sobat Pintar yang sudah berniat ingin menjadi mahasiswa teknik? Tahukah Sobat bahwa tak semua jurusan teknik sepenuhnya berada dalam rumpun IPA atau saintek? Ya, ada juga lho, jurusan teknik yang masih bersinggungan dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Apa itu? Yes, you're right, Teknik Industri.

 

1. Dikenal Juga sebagai Jurusan Teknik Interdisipliner

Sudah disebutkan diatas bahwa Teknik Industri tak sepenuhnya berada dalam rumpun saintek. Meskipun demikian, Teknik Industri tak dapat lepas dari Teknik Mesin karena menurut sejarahnya seorang insinyur mekaniklah yang mula-mula merintis pengembangan ilmu Teknik Industri.

Maka jangan heran bila Sobat mendapati Teknik Industri berada dalam satu departemen dengan Teknik Mesin. Tapi saat ini biasanya keduanya telah berdiri sebagai jurusan terpisah pada Fakultas Teknik, bersama dengan jurusan-jurusan teknik lain seperti Teknik Sipil, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro.

Ketiga jurusan teknik diatas, ditambah pula dengan Teknik Mesin, merupakan bidang keilmuan teknik dasar. Matematika dan Fisika menjadi menu wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswanya.

Namun tidak demikian halnya dengan Teknik Industri. Selain Matematika dan Fisika, mahasiswa Teknik Industri harus pula belajar Fisiologi yang lebih dekat dengan Biologi. Ilmu-ilmu sosial, seperti Psikologi dan Manajemen, juga harus dipelajari.

For your information, mahasiswa Teknik Industri bukan satu-satunya yang belajar ilmu teknik interdisipliner. Mahasiswa Teknik Pertanian, Teknik Perminyakan, Teknik Nuklir, dan Teknik Biologi juga menghadapi situasi yang sama.

 

2. Masih Terbagi Lagi Menjadi Tiga Bidang Keahlian

Industri manufaktur memiliki sistem yang paling mudah dilihat, sehingga biasanya menjadi permodelan Teknik Industri. Tapi sebenarnya Teknik Industri tidak terbatas pada industri manufaktur saja, Sobat. Ilmu yang diperoleh selama kuliah nanti dapat diterapkan pula pada industri minyak dan gas, pertambangan, jasa, transportasi, dan lain-lain.

Ilmu Teknik Industri sendiri terbagi kedalam tiga bidang keahlian. Apa saja ketiganya?

Pertama, Sistem Manufaktur yang bertujuan meningkatkan produktivitas, kualitas, serta efisiensi mesin, manusia, material, informasi, dan energi. Bidang keilmuan yang dipelajari tentang ergonomi, perancangan tata letak pabrik, pemodelan sistem, perencanaan dan pengendalian produksi, serta sistem produksi.

Kedua, Manajemen Industri yang bertujuan menciptakan dan meningkatkan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen. Bidang keilmuan yang dipelajari tentang manajemen keputusan dan  ekonomi teknik, manajemen pemasaran, manajemen sumberdaya manusia, manajemen inovasi, manajemen kualitas, dan manajemen keuangan.

Ketiga, Sistem Industri dan Tekno Ekonomi yang bertujuan meningkatkan daya saing bahan baku, tenaga kerja, teknologi, informasi, energi, dan infrastruktur. Bidang keilmuan yang dipelajari tentang sistem basis data, operational research, logika pemrograman, sistem logistik, dan statistika industri.

Ilmu Teknik Industri sebenarnya cukup luwes untuk diterapkan pada berbagai sistem, tak hanya industri. Itulah sebabnya, Teknik Industri disebut juga sebagai rekayasa sistemik.

 

3. Hanya untuk Sobat yang Spesial

Jadi, apakah jurusan ini sesuai untukmu, Sobat? Setidaknya, kalau Sobat menyukai matapelajaran Fisika dan Kimia, it's a good start. Minatmu pada barang-barang penunjang kehidupan, baik berupa human-ware, hardware, info-ware, maupun techno-ware, juga dapat turut menentukan eksistensimu dibidang Teknik Industri.

Agar tak salah memilih jurusan, Sobat dapat mengikuti tes pada Minat Pintar. Ada baiknya mempersiapkan jalan yang akan ditempuh dengan baik sedari sekarang. Bukankah dengan persiapan yang baik, perjalanan kita juga akan jadi lebih nyaman?

Lebih masukan Blog

Akuntansi UI dan UGM – Apa Bedanya?

Beberapa tahun terlewat, media Kompas pernah menuliskan bahwa Jurusan atau Program Studi...

Belajar Anti Ngantuk? Terapkan 5 Trik Ini

Siapa yang paling ogah belajar sendiri, nih? Belajar tanpa teman memang bisa menjadi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka