APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Sudah Tahu 3 Hal Ini tentang Teknik Industri?

Teknik Industri termasuk kedalam rumpun saintek, tapi masih terkait erat dengan ilmu-ilmu soshum.

Sudah Tahu Hal Ini tentang Teknik Industri, image via crowelec.com

Adakah diantara Sobat Pintar yang sudah berniat ingin menjadi mahasiswa teknik? Tahukah Sobat bahwa tak semua jurusan teknik sepenuhnya berada dalam rumpun IPA atau Saintek? Ya, ada juga lho, jurusan teknik yang masih bersinggungan dengan ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. Apa itu? Iya, betul sekali, Teknik Industri.

 

1. Dikenal Juga sebagai Jurusan Teknik Interdisipliner


Photo by sol on Unsplash

Sudah disebutkan di atas bahwa Teknik Industri tak sepenuhnya berada dalam rumpun Saintek. Meskipun demikian, Teknik Industri tak dapat lepas dari Teknik Mesin karena menurut sejarahnya seorang insinyur mekaniklah yang mula-mula merintis pengembangan ilmu Teknik Industri.

Maka jangan heran bila Sobat mendapati Teknik Industri berada dalam satu departemen dengan Teknik Mesin. Namun saat ini biasanya keduanya telah berdiri sebagai jurusan terpisah pada Fakultas Teknik, bersama dengan jurusan-jurusan teknik lain seperti Teknik Sipil, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro.

Ketiga jurusan teknik di atas, ditambah pula dengan Teknik Mesin, merupakan bidang keilmuan teknik dasar. Matematika dan Fisika menjadi menu wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswanya.

Namun tidak demikian halnya dengan Teknik Industri. Selain Matematika dan Fisika, mahasiswa Teknik Industri harus pula belajar Fisiologi yang lebih dekat dengan Biologi. Ilmu-ilmu sosial, seperti Psikologi dan Manajemen, juga harus dipelajari.

Asal kamu tahu, Sobat Pintar. Mahasiswa Teknik Industri bukan satu-satunya yang belajar ilmu teknik interdisipliner. Mahasiswa Teknik Pertanian, Teknik Perminyakan, Teknik Nuklir, dan Teknik Biologi juga menghadapi situasi yang sama.

 

2. Masih Terbagi Lagi Menjadi Tiga Bidang Keahlian


Photo by Umit Yıldırım on Unsplash

Industri manufaktur memiliki sistem yang paling mudah dilihat, sehingga biasanya menjadi permodelan Teknik Industri. Namun sebenarnya Teknik Industri tidak terbatas pada industri manufaktur saja, Sobat. Ilmu yang diperoleh selama kuliah nanti dapat diterapkan pula pada industri minyak dan gas, pertambangan, jasa, transportasi, dan lain-lain.

Ilmu Teknik Industri sendiri terbagi kedalam tiga bidang keahlian. Apa saja ketiganya?

Pertama, Sistem Manufaktur yang bertujuan meningkatkan produktivitas, kualitas, serta efisiensi mesin, manusia, material, informasi, dan energi. Bidang keilmuan yang dipelajari tentang ergonomi, perancangan tata letak pabrik, pemodelan sistem, perencanaan dan pengendalian produksi, serta sistem produksi.

Kedua, Manajemen Industri yang bertujuan menciptakan dan meningkatkan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen. Bidang keilmuan yang dipelajari tentang manajemen keputusan dan ekonomi teknik, manajemen pemasaran, manajemen sumberdaya manusia, manajemen inovasi, manajemen kualitas, dan manajemen keuangan.

Ketiga, Sistem Industri dan Tekno Ekonomi yang bertujuan meningkatkan daya saing bahan baku, tenaga kerja, teknologi, informasi, energi, dan infrastruktur. Bidang keilmuan yang dipelajari tentang sistem basis data, operational research, logika pemrograman, sistem logistik, dan statistika industri.

Ilmu Teknik Industri sebenarnya cukup luwes untuk diterapkan pada berbagai sistem, tak hanya industri. Itulah sebabnya, Teknik Industri disebut juga sebagai rekayasa sistemik.

 

3. Hanya untuk Sobat yang Spesial

Jadi, apakah jurusan ini sesuai untukmu, Sobat? Setidaknya, kalau kamu menyukai mata pelajaran Fisika dan Kimia, kuliah Teknik Industri mungkin akan menarik buatmu. Minatmu pada barang-barang penunjang kehidupan, baik berupa human-ware, hardware, info-ware, maupun techno-ware, juga dapat turut menentukan eksistensimu dibidang Teknik Industri.

tes jurusan kuliah
Kalau masih ragu dengan pilihan jurusan kuliahmu, dan supaya tak sampai salah pilih, kamu dapat mengikuti rangkaian tes Minat Pintar.

Ada baiknya mempersiapkan jalan yang akan ditempuh dengan baik sedari sekarang. Bukankah dengan persiapan yang baik, perjalanan kita juga akan jadi lebih nyaman, Sobat Pintar?

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog