redesain-navbar Portlet

null

Blog

Sulit Ditembus di SNMPTN: 5 Jurusan Saintek dan Soshum di UI

Beberapa jurusan di UI memiliki ketetatan penerimaan SNMPTN yang cukup tinggi.

Jurusan Saintek dan Soshum, image via web.facebook.com

Esok adalah hari terakhir registrasi akun LTMPT bagi Sobat Pintar yang mengikuti SNMPTN 2020. Universitas Indonesia adalah salah satu PTN yang difavoritkan pada jalur SNMPTN.

Dikenal juga sebagai jalur rapor, SNMPTN menggunakan nilai rapor sebagai acuan. Tapi seberapapun bagusnya nilai rapor, beberapa jurusan di UI tetap sulit ditembus melalui SNMPTN. Berikut kelima jurusan tersebut, masing-masing pada rumpun Saintek dan Soshum.

 

1. Aktuaria

Daya tampung Aktuaria UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 15 kursi dengan keketatan persaingan sebesar 2,9%. Ilmu Aktuaria merupakan perpaduan antara pemrograman komputer, keuangan, statistika, matematika, dan peluang. Dijurusan ini, kita belajar tentang bagaimana mengelola risiko keuangan dimasa mendatang.

 

2. Teknik Biomedis

Daya tampung Teknik Biomedis UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 12 kursi dengan ketetatan persaingan sebesar 3,9%.  Teknik Biomedis pada prinsipnya menerapkan prinsip-prinsip teknik dalam ranah kedokteran. Dijurusan ini dipelajari ilmu fisika medis, ilmu faal, anatomi tubuh, ilmu dasar elektronika, dan lain sebagainya.

 

3. Gizi

Daya tampung Gizi UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 18 kursi dengan ketetatan persaingan sebesar 4,0%. Dijurusan ini kita belajar tentang antara makanan dan minuman, serta bagaimana dampaknya pada kesehatan. Beberapa matakuliahnya antara lain Epidemiologi Gizi, Metabolisme Gizi Ibu Hamil, Dietetika Penyakit Degeneratif, dan lain-lain.

 

4. Pendidikan Dokter

Daya tampung Pendidikan Dokter UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 54 kursi dengan ketetatan persaingan sebesar 4,3%. Inilah jurusan yang harus dipilih bila Sobat Pintar ingin menjadi seorang dokter. Perlu dicatat, sedari awal kuliah sampai praktek dibutuhkan waktu sekitar 6,5 tahun – terhitung lebih lama daripada jurusan-jurusan lain. Siap menjalaninya, Sobat?

 

5. Arsitektur

Daya tampung Arsitektur UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 18 kursi dengan ketetatan persaingan sebesar 4,7%. Ilmu Arsitektur adalah tentang perencanaan, desain, serta konstruksi bangunan tanpa mengabaikan estetika, lingkungan, dan fungsi struktur bangunan tersebut.

 

6. Ilmu Hubungan Internasional

Daya tampung Arsitektur UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 17 kursi dengan ketetatan persaingan sebesar 2,2%. Sobat Pintar selalu tertarik untuk mengikuti isu-isu internasional? Memiliki minat pada sejarah dunia, bahasa, bahkan politik? Tapi apakah jurusan ini memang sesuai untukmu? Pastikan saja dulu dengan mengikuti Tes Penjurusan di Minat Pintar.

 

7. Bahasa dan Kebudayaan Korea

Daya tampung Bahasa dan Kebudayaan Korea UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 11 kursi dengan ketetatan persaingan sebesar 3,1%. Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea bukan hanya tentang bahasa dan budaya – khususnya budaya modern Korea. Lebih luas lagi cakupannya, mahasiswa jurusan ini juga belajar tentang sejarah, ekonomi, hingga bisnis Korea.

 

8. Kriminologi

Daya tampung Kriminologi UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 18 kursi dengan ketetatan persaingan sebesar 3,3%. Disiplin ilmu ini mempelajari tak hanya bentuk-bentuk kejahatan, tapi juga penyebab kejahatannya. Bahkan, perilaku yang menyimpang dan pengelolaannya juga menjadi fokus pembelajaran.

 

9. Sastra Inggris

Daya tampung Sastra Inggris UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 15 kursi dengan ketetatan persaingan sebesar 3,5%. Menjadi mahasiswa Sastra Inggris artinya Sobat nanti belajar tentang kesusastraan, kebahasaan, dan kebudayaan Inggris. Salah satu kebiasaan yang wajib Sobat miliki bila ingin kuliah dijurusan ini adalah suka membaca.

 

10. Ilmu Komunikasi

Daya tampung Ilmu Komunikasi UI pada SNMPTN 2019 sebanyak 30 kursi dengan ketetatan persaingan sebesar 3,8%. Ilmu Komunikasi mempelajari tentang cara-cara interaksi verbal dan non-verbal. Bagi mahasiswanya, Ilmu Komunikasi bukan hanya tentang bagaimana melakukan komunikasi yang artikulatif, tapi juga persuasif.

 

Itulah lima jurusan Saintek dan lima jurusan Soshum di UI yang memiliki tingkat ketetatan persaingan masuk cukup tinggi pada SNMPTN 2019. Memang tak ada jaminan kelimanya tetap menjadi jurusan-jurusan sulit ditembus pada SNMPTN 2020, tapi kita masih bisa menggunakan data ini sebagai salah satu faktor pertimbangan memilih jurusan kuliah pada jalur SNMPTN.

Lantas, bagaimana dengan SNMPTN-mu, Sobat? Apakah salah satu jurusan diatas merupakan jurusan pilihanmu pada SNMPTN kali ini?

280

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
Wah gitu yah, thanks min
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp