APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Surga bagi Penyukanya: Jurusan Matematika

Kuliah di Jurusan Matematika bakal menarik dan menyenangkan bagi penyuka matematika.

photo via www.pexels.com

Kalau kamu suka mata pelajaran Matematika, tak ada salahnya melirik Jurusan Matematika saat kuliah nanti, Sobat Pintar. Bukan apa-apa, sih. Pasalnya, jurusan ini membuka pintu yang lebar untukmu, hingga kamu nyaris bisa menjadi apapun yang kamu mau. Iya, nyaris!

 

Jurusan buat Sobat Pintar yang Berlogika Kuat


Photo by Dan Cristian Paduret on Unsplash

Tak semua siswa menyukai matapelajaran Matematika. Itulah sebabnya, bila kamu suka hitung menghitung dan memiliki kemampuan analisis yang kuat, kamu beruntung.

Matematika adalah subjek dasar bagi banyak ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga ada banyak pekerjaan yang dapat kamu ambil dengan berbekal pendidikan ini. Mulai dari mengajar Matematika, hingga kamupun bisa bekerja di dunia korporat sebagai ahli statistika, analis, ahli keuangan, aktuaris, atau bahkan menjadi seorang astronom. Memang, gemblengan logika dan nalar selama kuliah akan membuatmu menjadi problem solver handal pada berbagai bidang.

 

Melimpahnya Lapangan Kerja Bagi Sarjana Matematika


Photo by Scott Graham on Unsplash

Seorang Sarjana Matematika dapat mengejar karir dalam bidang Teknologi Informasi, pada industri nuklir dan minyak, atau di departemen pemerintahan. Tak hanya perusahaan asuransi atau akuntansi, tapi pemerintah daerah, lembaga pendidikan, bank, riset, bahkan industri farmasi sekalipun membutuhkan tenaga Ahli Matematika. Beberapa profesi bagi para alumni Jurusan Matematika antara lain:

Guru atau Dosen

Guru atau dosen merupakan profesi paling mainstream bagi lulusan Matematika murni. Tapi meskipun tanpa latarbelakang Pendidikan Matematika, sebagai Sarjana Matematika kamupun bisa mengajarkan konsep-konsep Matematika, ilmu pasti, statistik, hingga implementasi standar teknik Matematika.

Penasihat Keuangan

Berkat kemampuan hitung-hitutanganmu yang sangat baik, kamu bisa menjadi seorang penasihat keuangan, analis anggaran, ataupun ahli estimasi biaya. Profesi ini memungkinkanmu untuk membantu klien merencanakan keuangan jangka panjang maupun jangka pendek.

Peneliti Survey

Sarjana Matematika memiliki kemampuan statistik yang tak main-main, sehingga sangat dibutuhkan saat hasil survey harus dianalisis. Walaupun tak selalu berkecimpung dibidang penelitian atau riset, seorang Sarjana Matematika masih tetap bisa menjadi seorang ahli statistik.

Analis Riset Pasar

Tak hanya menghitung, seorang analis riset pasar juga menganalisa penjualan, kegiatan marketing, hingga biaya produksi. Hasil kerja analis riset pasar akan sangat mempengaruhi keputusan dan langkah bisnis perusahaan.

Aktuaris

Bekerja pada perusahaan asuransi, seorang aktuaris menganalisa dan memprediksi bisnis guna meminimalisir risiko. Pada bidang asuransi, lulusan Jurusan Matematika juga bisa menjadi penerbit asuransi, pemeriksa atau penilai klaim asuransi properti , pemeriksa, dan penyelidik klaim asuransi.

Selain menjadi seorang ahli atau speasilis matematika, kamu juga bisa mengejar karir dibidang lain, sebagaimana telah disebutkan sebelumnya. Asalkan mau terus belajar untuk mengembangkan diri dan kemampuan, kamu bisa menjadi seorang ahli fisika, astronomer, ekonom, arsitek kelautan, insinyur sipil, insinyur mekanik, insinyur antariksa, ahli kimia, atau bahkan seorang akuntan.

 

Kelompok Keahlian Jurusan Matematika


Photo by Anoushka P on Unsplash

Kesempatan yang seakan tanpa batas bagi orang-orang Matematika tersebut tak lepas dari kelompok keahlian Matematika yang diajarkan di perguruan tinggi. Setidaknya, ada 5 kelompok keahlian, yaitu:

Matematika Terapan

Matematika Terapan memperlihatkan manfaat langsung Matematika bagi kehidupan kita. Persebaran penyakit, pertumbuhan bakteri, ekonomi, penjadwalan, aliran pipa minyak, dan berbagai fenomena yang ada dimasyarakat dijabarkan dalam Matematika Terapan. Keahlian ini melibatkan analisis geometri, kombinatorik, serta aljabar.

Geometri dan Matematika Analisis

Disini kamu belajar tentang bentuk permukaan, bentuk kurva, dan fenomena-fenomena geometri yang lain. Dan dalam keahlian ini pula kamu belajar tentang asal mula integral, limit, serta turunan.

Kombinatorika

Keahlian Matematika yang satu ini masih terbilang baru. Pada intinya, Kombinatorika adalah inti dari Ilmu Informatika, jadi keahlian ini menjabarkan tentang teori bilangan, teori graf, teori koding, kriptografi, dan semacamnya.

Statistik

Statistik adalah bidang keahlian yang paling menjanjikan karena dunia bisnis selalu memerlukan Ahli Statistik untuk menganalisa peluang dan risiko. Untuk menjadi seorang Ahli Statistik, kamu belajar bagaimana mengolah, menginterpretasikan, dan mengambil keputusan berdasarkan data yang ada.

Aljabar

Aljabar adalah bidang keahlian dengan banyak pembuktian matematis. Coba saja jajaki bidang ini bila kamu memang suka Matematika.

 

Kuliah di Jurusan Matematika


Photo by Dhru J on Unsplash

Selain aljabar, Jurusan Matematika murni terkait juga dengan analisis matematika, geometri, dan lain-lain, tak sekedar hitung-menghitung dengan rumus. Nah, bila panggilan logikamu memang berada disini, kamu bisa kuliah di kampus-kampus dengan Jurusan Matematika berikut ini:

Universitas Brawijaya

Universitas Indonesia

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Insititut Pertanian Bogor

Universitas Gadjah Mada

Institut Teknologi Bandung

Universitas Diponegoro

Universitas Hasanuddin

Universitas Padjadjaran

Universitas Airlangga

Universitas Sumatera Utara

Universitas Sebelas Maret

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Syiah Kuala

Universitas Negeri Malang

Universitas Sriwijaya

Universitas Andalas

Universitas Udayana

Universitas Lambung Mangkurat

Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Makassar

Universitas Lampung

Universitas Riau

Universitas Jember

Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim

Universitas Tadulako

Universitas Halu Oleo

Universitas Sam Ratulangi

Universitas Pattimura

Universitas Cenderawasih

Universitas Bina Nusantara

Universitas Sanata Dharma

Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Pamulang

Universitas Pelita Harapan

Universitas Islam Bandung

Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Pakuan

Ragam pilihan kampus, keahlian, hingga profesi tersedia bagi kamu penyuka Matematika. Namun ada satu pertanyaan paling mendasar dibandingkan semua itu, Sobat: apakah kuliah di Jurusan Matematika adalah pilihan yang tepat buatmu?

Jangan memutuskan kuliah di suatu jurusan tertentu tanpa kamu tahu kelebihan dan kemampuanmu, Sobat Pintar. Penting banget mengetahui minat dan kemampuan diri sendiri agar kita enggak sampai kulih di jurusan yang salah. Namun jangan khawatir karena sudah ada Minat Pintar yang dapat membantumu membuat keputusan itu. 

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog